Assalamualaikum...

Setiap bloger memiliki cara tersendiri dan teknik-teknik tersendiri dalam hal mengurus blognya masing-masing. Hal tersebutlah yang membuat sebuah blog yang satu dengan yang lainnya nampak saling berbeda, mulai dari segi tampilan, konten, dan bahkan gaya penulisannya pun akan terlihat berbeda. Perbedaan tersebut juga nampak dari jadwal posting artikel setiap blog. Ada yang posting artikel sebulan sekali, seminggu sekali, seminggu tiga kali, sehari sekali, bahkan ada yang posting lebih dari satu artikel dalam sehari.



Jadwal posting yang berbeda-beda itu tergantung kepada kesibukan kegiatan setiap bloger di dunia nyata. Mereka yang menjadi full time bloger cenderung akan lebih rutin melakukan update artikel blognya. Terlepas dari itu semua, perbedaan jadwal posting blog bukanlah sebuah masalah, bloger yang baik adalah bloger yang bisa tetap konsisten ngeblog dan memiliki jadwal rutin untuk memposting artikelnya.

Tentu dari masing-masing jadwal posting ada manfaatnya masing-masing. Saya termasuk bloger yang sedang mencoba untuk update satu artikel setiap harinya, maka dari itu saya akan menjabarkan apa saja manfaat yang akan kita dapat jika kita melakukan update artikel setiap hari.

Manfaat Update Artikel Setiap Hari


Adapun manfaat yang akan kita dapat jika kita melakukan update artikel setiap hari adalah sebagai berikut :

1. Blog memiliki banyak konten


Manfaat yang pertama jika kita melakukan update artikel setiap hari adalah blog kita akan memiliki banyak konten. Ini sudah pasti terjadi, jika kita selalu membuat artikel setiap hari maka blog kita akan memiliki banyak konten. Bayangkan saja, jika kita konsisten melakukannya dalam satu bulan, kita sudah memiliki 30 buah konten yang menarik dan jika kita konsisten melakukannya dalam satu tahun, sudah 365 buah konten tersedia di blog kita, sangat fantastis.

Blog dengan konten yang banyak dan menarik akan memanjakan setiap pembaca yang berkunjung ke blog tersebut. Banyaknya hal yang bisa dibaca membuat pembaca akan bingung di awal untuk membaca mulai darimana, itu merupakan hal yang bagus karena akan meningkatkan rasa penasaran dari pembaca. 

Konten yang banyak di blog kita juga merupakan sebuah bentuk konsisten kita terhadap blog yang kita buat. Itu merupakan nilai plus buat blog kita dan akan meningkatkan reputasi blog kita menjadi lebih baik lagi.

Baca juga : Cara Melakukan Blogwalking yang Baik dan Benar

2. Meningkatkan minat baca


Sebelum membuat sebuah artikel, seorang bloger sudah pasti mencari dan membaca beragam informasi yang ada yang berkaitan dengan topik yang ingin ia bahas. Terkadang kita harus membaca beberapa artikel dalam jumlah banyak atau juga membaca hampir satu buah buku untuk menulis satu buah artikel diblog kita. Itu semua dilakukan untuk menjaga kualitas konten yang akan dibuat.

Dengan meng-update artikel setiap hari sudah pasti lebih banyak bahan bacaan yang harus kita baca. Perlahan namun pasti, hal tersebut akan meningkatkan minat baca kita sebagai bloger yang meng-update artikel setiap hari. Meningkatnya minat baca itu merupakan hal yang sangat baik terhadap diri kita, karena kegiatan membaca memiliki segudang manfaat. Untuk lebih jelas mengenai manfaat membaca sobat bisa baca disini, Inilah Manfaat yang Kita Dapat Ketika Membaca.

Baca juga : 4 Ciri Konten Blog yang Baik Untuk Pembaca

3. Pengunjung blog bertambah


Apakah sobat memiliki teman seorang bloger yang selalu update artikel di setiap harinya? jika ia, coba tanyakan kepada teman sobat itu, mengapa ia melakukan update artikel setiap hari? sobat tanyakan alasannya. Menurut saya sih, kebanyakan bloger melakukan update artikel setiap hari agar pengunjung blog mereka dapat bertambah. Memang masih ada alasan lain mengapa mereka update setiap hari, tapi alasan pengunjung dapat bertambah itu merupakan hal yang paling utama.

Memang pengunjung dapat bertambah? tentu saja. Dengan banyaknya konten di blog, terlebih jika konten tersebut sangatlah menarik, bukan tidak mungkin blog kita akan mendapat penambahan pengunjung di tiap harinya. Lebih lagi jika kita update artikel setiap hari, pengunjung pasti akan makin betah berlama-lama di blog kita. Jika konten kita bagus, bisa saja artikel kita di rekomendasikan oleh bloger lain dengan cara mereka memberikan link yang mengarah ke artikel kita. Dengan begitu, pengunjung blog kita akan semakin bertambah.

4. Meningkatkan percaya diri


Jika kita berada di posisi sebagai seorang bloger yang baru saja membuat blog atau baru mulai melakukan kegiatan ngeblog, biasanya kita akan merasa minder. Kita merasa minder saat kita melihat bloger profesional yang selalu konsisten dalam mengurus blog mereka. Kita merasa kurang percaya diri dalam melakukan kegiatan ngeblog ini, hal itu membuat kita lupa bahwa mereka yang telah sukses, mereka bloger profesional pun pernah mengalami masa-masa seperti kita ini.

Untuk menjadi seorang bloger profesional tidak melulu di ukur dari gaji yang besar, popularitas yang tinggi, dan sebagai macamnya. Melakukan kegiatan ngeblog itu yang terpenting adalah konsisten, mereka yang sukses adalah mereka yang mampu konsisten terhadap blognya selama bertahun-tahun. Jika kita bisa konsisten terhadap blog kita, tentu kita bisa dikatakan sebagai bloger yang profesional.

Dengan membuat atau meng-update artikel setiap hari di blog kita akan menumbuhkan rasa percaya diri kita. Kita harus selalu percaya dan berusaha untuk menjadi bloger profesional, untuk itu kita perlu update artikel setiap hari. Seiring berjalannya waktu, kita tidak akan minder lagi dan kita akan lebih percaya diri bahwa kita bisa konsisten membangun blog.

5. Meningkatkan kemampuan otak berfikir


Setiap bloger yang melakukan update artikelnya setiap hari, mereka hanya memiliki waktu sedikit untuk mencari informasi dan membuat artikel tersebut, dan itu merupakan deadline yang harus mereka jalani. Karena hal tersebut, kita khususnya otak kita dituntut untuk lebih berfikir secara kreatif untuk membuat artikel yang menarik bagi pembaca di setiap harinya.

Seiring berjalannya waktu dan kebiasaan menulis artikel setiap hari masih berlanjut, itu akan membiasakan otak kita untuk berfikir. Pada akhirnya kegiatan meng-update artikel setiap hari di blog kita dapat meningkatkan kemampuan berfikir otak kita, itu merupakan hal yang baik, terlebih jika sobat adalah seorang pelajar.

6. Dapat memiliki pembaca setia


Karena artikel yang terbit di setiap harinya, sehingga blog menjadi banyak konten. Seperti yang telah saya bilang sebelumnya bahwa konten yang banyak dan menarik akan memanjakan pembaca dan pengunjung blog kita. Seiring berjalannya waktu, blog kita akan semakin di kenal dan bahkan diantara mereka ada yang menunggu artikel terbaru dari blog kita, itulah pembaca setia. Jadi, dengan melakukan update artikel di setiap harinya, blog kita akan memiliki pembaca setia yang selalu mengikuti perkembangan dan berita terbaru dari blog kita.

Baca juga : Tentang Blog Niche dan Blog Gado-gado, Kelebihan dan Kekurangannya

Penutup


Terlepas dari banyaknya manfaat yang akan kita dapat jika kita melakukan update artikel setiap hari di blog kita, melakukannya tidaklah semudah itu. Menulis artikel itu membutuhkan fokus dan kreativitas kita terhadap penyusunan sebuah kata menjadi kalimat yang enak di baca. Kita pun harus memiliki semangat dan motivasi yang tinggi agar tercapainya hal tersebut. Tetapi, semua itu bukanlah tidak mungkin, buktinya saja ada orang yang bisa melakukannya, jadi kita juga pasti bisa asal kita mau berusah dan berjuang dengan sungguh-sungguh. Gimana? sobat tertarik update artikel setiap hari?.

Wassalamualaikum...

3 Comments

  1. Replies
    1. Kalo males cepet-cepet inget tujuan ngeblog aja gan hehehe biar semangat lagi.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)