Assalamualaikum...

Kita sering mendengar istilah bahwa buku adalah jendela dunia, layaknya jendela yang terdapat di setiap rumah, kita bisa melihat keluar tetapi tidak bisa merasakan udara diluar jika jendela itu terkunci. Begitu juga dengan buku, memiliki segudang manfaat namun tidak bisa kita rasakan manfaatnya jika kita tidak membacanya. Nah jadi buku adalah jendela dunia dan kegiatan membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia tersebut.

Sayang rasanya jika kita tidak memulai kebiasaan membaca dari sekarang, akan ada banyak pengetahuan yang terlewatkan oleh kita. Untuk menumbuhkan kembali semangat kita dalam hal membaca, berikut akan saya jabarkan beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika kita membaca.



1. Menambah Wawasan

Biasanya orang melakukan kegiatan membaca karena ingin mengetahui suatu hal atau sebuah informasi. Dengan begitu membaca akan menambah wawasan kita terhadap informasi yang kita baca tersebut. Contohnya kita ingin mengetahui sejarah kota Jakarta, maka kita akan mencari artikel atau sebuah buku yang membahas sejarah Jakarta di dalamnya, setelah membacanya kita akan paham dan mengerti tentang asal usul kota Jakarta. Ini merupakan manfaat utama yang akan kita dapat jika kita membaca.

2. Menambah Inspirasi

Bagi seorang penulis novel, cerpen, karya ilmiah ataupun seorang penulis blog, bisa dibilang kegiatan membaca adalah bagian dari hidup mereka. Seorang penulis yang baik lahir dari pembaca yang baik pula. Karena dengan kita sering membaca entah itu karya fiksi ataupun non fiksi, kita akan mendapatkan sebuah inspirasi terutama bagi seorang penulis. 

3. Meningkatkan Imajinasi

Beda halnya dengan menonton sebuah film yang kita di suguhi dalam bentuk gambar dan suara, dalam membaca kita hanya di suguhi sebuah tulisan. Kenapa bisa meningkatkan imajinasi? karena dengan hanya membaca tulisan otak kita akan berusaha berfikir dan memproyeksikan setiap yang kita baca di dalamnya. Kita akan dibawa untuk menerka-nerka, dengan begitu imajinasi kita akan meningkat secara sendirinya.

4. Mengurangi Stres

Kebanyakan orang beranggapan bahwa membaca buku membuat otak kita berfikir secara terus menerus dan itu akan menyebabkan stres. Faktanya adalah membaca buku justru dapat mengurangi stres loh sob. 

Karena melakukan rutinitas yang melelahkan di setiap harinya, tak jarang orang dapat mengalami stres. Untuk menguranginya bisa kita lakukan dengan membaca, carilah bacaan yang ringan seperti cerita fiksi, berita terkini atau semacamnya, itu akan membuat tubuh kita menjadi rileks kembali. Hanya dengan beberapa menit kita membaca buku atau artikel lainnya, dapat membuat detak jantung lebih terkendali dan juga melemaskan otot yang tegang.

5. Menambah Kosakata

Seperti yang sudah saya bilang, bahwa dengan membaca kita hanya di suguhkan oleh beragamnya tulisan. Pasti diantaranya terdapat kata yang masih terasa asing bagi kita dan pada akhirnya kita mengetahui arti dari kata tersebut. Dengan begitu, membaca dapat menambah kosakata kita yang kita bisa pergunakan untuk berbicara kepada orang lain nantinya.

6. Bentuk Apresiasi Kita Terhadap Penulis

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak sekali penulis-penulis yang karyanya sangat bagus dan sangat kreatif. Meski begitu, para pembaca buku di negeri ini masih sangat sedikit jumlahnya. Untuk itu, dengan kita membaca buku di setiap hari kita, itu sama saja kita telah mengapresiasi karya para penulis kita, menjadi bentuk penghargaan terhadap para penulis di negeri ini.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Layaknya menonton film, membaca buku juga harus dengan fokus yang tinggi. Terlebih lagi juga buku yang kita baca adalah buku yang penuh akan teka-teki dan misteri, tidak hanya untuk dibaca melainkan juga mengajak para pembacanya untuk ikut berfikir dan menganalisa. Dengan begitu, manfaat lainnya dari membaca buku adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Ini sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari, terlebih disaat kita nantinya dihadapkan suatu masalah yang mengharuskan kita memutuskan sebuah pilihan.

Nah, jadi itu adalah sedikit dari banyaknya manfaat yang kita dapat jika kita mau membaca sob. Gimana? masih males buat membaca? waduhhh sayang deh, kalo bisa jauh-jauhin deh rasa males itu. Semoga dengan artikel ini dapat menimbulkan semangat sobat untuk terus membaca lagi dan lagi.

Mungkin segitu aja dari saya, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih buat kalian yang udah baca. Jangan lupa buat kasih komentar kalian dibawah ya :).

Wassalamualaikum...

0 Comments