Assalamualaikum...


Sejujurnya saya bukanlah orang yang suka memelihara kucing dirumah. Dulu sih beberapa kali suka ada kucing yang tinggal dirumah saya, itu semua karena si kucing sering dikasih makan oleh adik saya dan akhirnya ia pun jadi tinggal dirumah. Selama itu saya bersikap bodo amat, bahkan sampai si kucing lahiran dan memiliki beberapa anak pun saya masih biasa-biasa saja.


Sampai pada akhirnya, entah apa penyebabnya, pandangan saya terhadap kucing pun jadi berubah. Setiap melihat kucing, terutama yang kecil, saya selalu merasa prihatin terlebih ketika ia sedang bersuara meminta diberikan makan. Tak jarang ketika saya makan diwarung, saya membagi sedikit makanan saya untuk kucing yang ada disana.


Sampai pada suatu malam di bulan Maret. Sebenarnya dari beberapa hari yang lalu saya sudah mengincar seekor kucing kecil yang ada di warung dagangan saya untuk saya bawa pulang kerumah, namun saya masih ragu untuk melakukan itu. Hal yang membuat saya ingin membawanya adalah karena dia sangat menggemaskan, berlarian kesana kemari dan terlihat selalu merasa penasaran akan sesuatu. 


Akhirnya saya pun memutuskan untuk membawa kucing kecil tersebut kerumah.


Meski tergolong kucing liar yang tinggal di jalanan, kucing kecil itu terlihat bersih dengan warna bulu dominan putih dan ada warna abu-abu di beberapa bagian wajah dan tubuhnya. Mengetahui saya yang membawa pulang kucing kecil, adik-adik saya merasa senang, terbukti dengan mereka yang langsung bermain dengan kucing tersebut keesokan harinya.





Saya pun memberikannya nama dan namanya adalah Miko. Jangan tanyakan artinya apa, saya pun tidak tahu kenapa memberikan nama itu, saya hanya merasa nama tersebut cocok saja dengan kucing itu yang imut dan lucu. Adik saya si Nabil pun sempat protes akan nama tersebut dan ia ingin memberikan nama sendiri untuk si kucing, tapi ya karena saya yang menemukan dan membawanya pulang jadi Nabil harus terima dengan nama itu hehehe.


Saya tidak membuatkan kandang untuk Miko, dirinya bebas berlarian dirumah saya, toh saya rajin dalam hal memandikan dia. Satu hal lagi yang saya suka dari Miko adalah ia selalu buang air kecil dan besar di kamar mandi dan itu membuat saya dan orang rumah heran "kok bisa ya dia paham?". Entahlah, tapi saya jadi berpikir bahwa mungkin saja Miko ini sempat dirawat oleh seseorang atau jangan-jangan dia memang ada pemiliknya? Entah.


Kalau untuk tidur malam, terkadang saya mengeluarkan Miko dan membiarkan dia untuk tidur di teras rumah saja. Akan tetapi, kadang pula saya tidak tega membiarkan ia sendirian diluar dan pada akhirnya Miko pun tidur di dalam rumah. 


Miko itu suka sekali nimbrung tidur di kasur bersama saya dan adik-adik saya, dia juga tidak permisi dulu jika ingin begitu. Pernah suatu hari ketika saya baru bangun tidur, saya merasa diatas kepala saya ada sesuatu dan ketika saya lihat itu ternyata ada Miko yang sedang tertidur pulas. Ya, dia tidur diatas kepala saya. Pernah juga Miko tidur disamping adik saya Nabil dan kalau sudah begitu pasti beberapa kali si Miko ketindih Nabil, karena Nabil kalau tidur suka gonta-ganti posisi.


Kasian memang, tapi untungnya kalau sudah begitu Miko pasti menjerit dan Nabil langsung terbangun. Kalau dilihat-lihat lucu memang, rasanya seperti memiliki adik baru namun berbeda spesies hehehe.


Sayangnya untuk sekarang ini dirumah saya sudah tidak ada Miko. Entah dia kemana, tiba-tiba menghilang begitu saja setelah kami sekeluarga tinggal pergi untuk ke Jakarta. Padahal saat itu dirumah sedang ada paman saya dan terahir saya tuh melihat Miko sedang bersantai di teras, saya pun berpamitan kepadanya namun dia sudah tidak ada ketika kami semua pulang.


Saat itu saya merasa kehilangan banget, bagaimana tidak? Biasanya sebelum berangkat kerja saya selalu bermain terlebih dulu sama Miko, mengelus kepalanya, menggelitik perutnya, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi itu kali pertamanya saya memiliki kucing dirumah dan saya begitu perhatian dalam hal mengurusnya. Ya saya berharap sih dimanapun Miko sekarang, semoga dia sedang baik-baik saja.


Kalau sobat, pernah tidak kehilangan hewan peliharaan yang sobat sayang?.


Wassalamualaikum...

12 Comments

  1. Semoga Miko cepat kembali ya Mas.. hihi..

    Btw Kucing memang menggemaskan ya.. saya suka kucing. Tapi bulu kucing selalu berhasil bkin asma saya kambuh. Makanya nggk bisa melihara mereka.. padahal pengen banget.. jadi, cuma bisa ngelihat kucing di sekitar rumah aja. Kadang sering saya kasih makan juga.. tinggal bilang Pus pus pus. Ntar mereka pada berdatengan.. haha 😁😁

    Dirumah peliharaan saya Burung LoveBird sama beberapa burung merpati. Itu pun peninggalan orang tua. Jadi saya yg rawat..

    Kalau peliharaan asli. Saya ada Ikan Koi hasil pemberian teman.. pernah dlu. Sewaktu kolam masih baru.. ikan koi pemberian teman dari 3 mati 1 karena sakit.. dan itu sedih banget sih..

    Bersyukur skrang yg 2 masih hidup dan sehat sampai skrang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga punya lovebird cuma apesnya dicolong orang pas lagi digantung di teras, kejadiannya cepet banget itu dan padahal udah kepergok sama paman saya tapi malingnya ga ke kejar. Sekarng ini dirumah cuma ada burung perkutut dua aja itupun pemberian dari orang yang saya sayang hehehe.

      Delete
  2. Yaaaaahhh 😭😭😭 Miko mungkin tau kali pemiliknya pergi, jadi dia berusaha ngikut eh tapi malah jadi tersesaat huhuhu
    Semoga Miko bisa pulang ke rumah lagi ya kak

    oia kucing setauku itu hewan yang cukup apik dalam kebersihan. Dia ga akan sembarang pipis ato pup deh karena musti cari spot "enak" gituu.. Misal tanah berpasir gituu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin juga kak dan kayanya juga ada orang lain yang nemuin terus dirawat, semoga aja. Kalo untuk kucing kecil biasanya masih suka sembarangan pupnya kak hehehe tapi untungnya Miko engga.

      Delete
    2. semoga Miko baik-baik saja ya di luar sana....
      Oh gitu? Baru tau aku. Ternyata Miko sepintar itu yak!

      Delete
  3. wah si nabil harus terima jadi ya namanya miko, kudunya rapat dulu sebelumnya ham ama adikmu sebelum penentuan nama wekekekek

    beda dengan ilham justru aku lebih suka induk kucingnya, bapaknya juga suka sih, kalau yang kecil ngintilan..aku lebih suka yang babonnya yg udah gemuk wkkk

    tapi di desa, bapakku ngingu kucing banyak ampe betanak pinak sih, btina semua ya paling dibuahi kucing tetangga sampe kini sudah ada 5 generasi malah...yg tua ngilang ndiri mungkin mati...tinggal yg muda dan anak cemengnya cukup banyak...bapakku telaten sih ngopeninnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nita, Nabil mah ikut aja gausah pake rapat rapatan hehehe.

      Saya dulu juga dirumah kucing ada yg beranak mulu mba dan saat itu saya belum terlalu peduli sama kucing meski dia tinggal dirumah saya. Kalau saya sekarang ini lebih suka kucingygkecil soalnya imut dan gampang buat dimandiin hehehe.

      Delete
  4. kalo gq termasuk yang gak bisa pelihara heqan, ko gak mati ya ilang, ahirnya sih gw memutuskan gak melihara hewan :D

    dulu gw pernah punya kucing liar yang gw bawa ke rumah, dan karna kucing liar beberapa hari dirumah gw diapun hilang entah kemana

    mungkin hilangnya miko karna di tinggal ke jkt mas, meski di rumah masih ada orang tapi dia tau majikanya pergi, harusnya lain kali di baqa aja mas kucingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya daripada melihara trus mati mending gausah hehehe jadi ngerasa bersalah, saya pun sering dulu begitu.

      Waduh kalo dibawa mah repot atuh mas wkwkwk.

      Delete
  5. duh sedih sekali kalau kucing hilang itu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas soalnya saya sering banget ajak Miko ngobrol, suka curhat ke dia jadi pas dia hilang tuh sedih banget.

      Delete
  6. Nasibnya gak tahu ya kemana dia itu?

    Sy dulu juga punya kucing pelihara sejak kecil, pas pindahan kos eh dia hilang, padahal sudah saya bilang akan saja ajak, tapi tunggulah karena lagi ribet pindah² brg, eh dia hilang duluan, tak tunggu gak balik².

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)