Assalamualaikum...

Alhamdulillah saat ini saya sedang bersemangat sekali melakukan kegiatan ngeblog, saya harap semangat ini bukanlah sebuah semangat musiman seperti sebelumnya. Saya setuju dengan bang Aris dan mba Arlina, menulis itu harus sesuka hati. Jika saya sang penulis saja sudah senang menulisnya, tentu pembaca pasti juga akan merasa senang membacanya, semoga begitu :).

Melihat perkembangan menulis saya yang semakin hari bisa dibilang semakin rajin, saya harus memanfaatkan momen-momen seperti ini. Agaknya dengan menetapkan sebuah target saya berharap dapat membuat saya lebih produktif lagi dalam dunia blogging. Kali ini saya sudah memutuskan bahwa saya akan kembali menetapkan sebuah target ngeblog di tahun ini.

Ya, saya akan membuat target ngeblog kembali di tahun ini. Saya akan coba mundur ke tahun-tahun sebelumnya sob. Pada tahun 2016, dalam satu tahun saya membuat artikel sebanyak 79 buah. Selanjutnya di tahun berikutnya yaitu 2017, dalam satu tahun saya membuat artikel sebanyak 68 buah, saya mengalami penurunan sob. Kemudian pada tahun 2018 sempat mengalami peningkatan, tetapi tidak sebanyak tahun 2016. Pada tahun 2018 lalu saya memproduksi artikel sebanyak 75 buah.

Melirik dari tahun-tahun sebelumnya, dalam satu tahun itu saya belum pernah membuat artikel 100 buah. Bisa di lihat dari data di atas bahwa saya mengalami penurunan dan tahun pertama saya ngeblog adalah tahun yang paling produktif. Melihat itu, tentu saya tidak ingin mengalami penurunan lagi di tahun 2019 ini, maka dari itu saya akan membuat target ngeblog di tahun 2019 ini.

Target saya adalah bisa membuat 100 buah artikel di tahun ini. Semoga saja target ini bisa tercapai dan jika tercapai, tentu saya akan membuat target-target yang lebih menantang lagi di tahun berikutnya.
Pada tahun 2019 ini saya sudah membuat artikel sebanyak 38 buah. Kenapa baru segitu? Karena saya sempat berhenti ngeblog di awal-awal tahun hehehe. Saya membutuhkan 62 buah artikel lagi supaya bisa mencapai target saya dan saya optimis bisa mencapai target saya tersebut. Artikel ini merupakan artikel saya yang ke 261, itu tandanya jika saya berhasil menyelesaikan target, saya pun berhasil menembus 300 artikel di tahun ini. Mungkin bagi sebagian orang hal ini biasa saja, tetapi saya tetap bangga pada diri saya sendiri jika bisa mencapai titik tersebut.

Ada beberapa alasan yang membuat saya ingin menetapkan sebuah target ngeblog. Adapun alasan-alasannya adalah sebagai berikut.

1. Supaya Lebih Semangat


Di awal saya sudah berkata bahwa belakangan ini semangat ngeblog saya sedang tinggi. Tidak hanya dalam hal menulis artikel saja, saya pun lagi sering-seringnya blogwalking mampir ke blog teman-teman.

Oleh karena semangat saya sedang tinggi tersebutlah saya ingin membuat suatu target. Saya berharap dengan adanya target ini dapat membuat saya semakin terpacu untuk lebih semangat lagi dalam melakukan kegiatan ngeblog. Lebih semangat menulis artikel, lebih semangat membaca, entah itu buku ataupun blog orang lain, dan tentunya lebih semangat berkomentar di blog teman-teman.

Saya sangat terinspirasi dari semangatnya bang Kuanyu. Wahhh dia mah benar-benar rajin mampir ke blog saya hehehe. Mampir lagi bang nanti saya bikinin kopi :D.

2. Terinspirasi dari Blogger Lain


Niat membuat target itu memang inisiatif pribadi saya, tetapi banyak sosok blogger Indonesia yang menginspirasi saya sehingga saya juga ingin membuat target. Salah satu blogger yang menginspirasi saya adalah bang Shiq4.

Buat yang belum tahu, beliau sudah meninggal tahun lalu dan saya sangat sedih saat mengetahui kabar tersebut. Meski begitu, saya masih sering berkunjung ke blognya membaca kembali karya-karyanya yang sangat bagus. Saya penggemar tulisan-tulisannya dan beliau pun sering membuat target dalam melakukan kegiatan ngeblog semasa hidupnya. 

Salah satu target yang ia buat adalah menulis setiap hari selama 31 hari. Layaknya saya yang terinspirasi olehnya, ternyata beliau membuat target atau tantangan itu karena mengikuti penulis idolanya yaitu Jeff Goins.

Selain beliau, saya juga terinspirasi oleh salah satu blogger yang sudah cukup terkenal hehehe. Tahun ini adalah tahun dimana ia telah memasuki tahun ke 9 ngeblog, wahhh sudah cukup lama ya dan beliau adalah bang Anton Ardyanto.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Dalam Artikel atau Postingan Blog.

Bang Anton ini mengurus blog lebih dari satu dan pada tahun lalu ia menargetkan tiga blognya bisa memiliki 1000 artikel. 3 blognya itu terdiri dari Lovely Bogor, Pojok Menulis, dan Umum Sekali. Namun, ia merasa telah gagal karena hanya blog Lovely Bogor lah yang berhasil mencapai 1000 artikel pada tahun 2018 lalu.

Beliau pun kembali membuat target di  2019 ini yaitu menyelesaikan apa yang telah gagal di tahun lalu dan beberapa target baru lainnya. Karena hal tersebut saya pun menjadi terinspirasi untuk membuat target di tahun ini. Terimakasih bang Anton dan bang Shiq4.

Bismillah, semoga saya berhasil mencapai target saya, dan semoga saya tidak merasa tertekan atau terbebani di kemudian hari. Semoga saya tetap bisa melakukan kegiatan ngeblog dengan nyaman dan senang hati.

Kalau sobat sendiri, terpikir untuk membuat target ngeblog di tahun ini atau tidak? Tuliskan di kolom komentar ya.

Wassalamualaikum...

28 Comments

  1. Manteep sudah 32. Kalo punya target biasanya jadi lebih semangat...👍
    Saya juga kemarin pernah punya target juga, makanya punya banyak banget draft. Tapi krna masih harus fokus ke hal lain dulu, jadi pas luang baru lanjutin nulis dan publishnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, salah.. sudah 38 masudnya. Bisalah InsyaaAllah ngejar 62 lagi. Atau bahkan melebihi.
      Keren dah udah 200 an artikelnya.

      Delete
    2. Hehehe iya mba, seharusnya dalam tiga tahun sih udah bisa 500an tapi ya gitu saya semangatnya anget angetan.

      Delete
  2. Pagi mas.. Nu kunbal sy yaa.. Wh mmg sih kl udh ditargetin bg bbrp org bikin swmngat... Sy br buat 76 artikel itu jg semenjak oktober 2018 krn itu awal mula sy ngblog.. Dn msh trus belajar krn sy blom ada pengalamn sm sekali...smg ttp semngt ngeblognya dan targetnya tercapai ya... Merdeka!! 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tenang mba saya nunggunya sambil ngupi sama mancing ko wkwkwkw.

      Kalo saya dari 2015 si tapi bukan blog yg ini dan itupun udah ga aktif lagi. Oktober 2018 udah 76 artikel itu udah lumayan banyak loh mba, semangat juga ngeblognya :)

      Delete
  3. Wahh semangat semangat. Memang menulis itu perlu dibiasakan agar kedepannya makin enteng dan semangat nulis tanpa terbebani.

    Moreover nulis dengan tema keseharian akan membuat tulisan makin ngalir, tanpa takut kehabisan ide tulisan.

    Semangat semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mba, banyak ide bermunculan di otak saya, tinggal di godok aja inih hehehe.

      Delete
  4. semanagat untuk target 100 postingnya, saya sendiri sih gak bisa target di blog saya, karna dlm setahun gak bisa tau bakal sibuk atau enggak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh bang khanif orang sibuk nih ya :D.

      Delete
  5. wah menargetkan jumlah artikel nih utk thn 2019, aku bsa ga ya haha. ini aja seminggu palingan 3 artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk buat targer bang pasti bisa ko hehehe

      Delete
  6. Yg diatas seminggu nulis bisa smpe 3 artikel.. hahahah hebat bangett...

    Target masnya setahun 100 artikel brrti sebulan mesti bikin 7-10 artikel...

    Kalau saya mah.. seminggu 1 artikel aja udh seneng.. wkwwk

    Semangat buat kita.

    ReplyDelete
  7. Uwow,..keren mas,..satu tahun bisa 100 artikel itu pencapsian yang luar biasa loh,..he-he,..blog saya aja cuma berapa artikel 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semoga aja bisa di tahun ini karena tahun sebelumnya belum nyentuh 100 setahun.

      Delete
  8. semoga targetnya bisa terwujud mas, saya sendiri biasanya sebulan cuma 3 artikel, berarti masih kurang untuk setahun, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin, salam kenal juga bang made gelgel.

      Delete
  9. Yakin bisa nembus 100 artikel mas, khan mumpung masih mahasiswa pasti banyak cerita yg menarik. Pas main ke tempat kosnya teman, gimana suasananya, waktu jajan di kantin, ke perpustakaan, dan masih banyak lainnya yg tentunya pembaca blog ini pingin tahu ceritanya termasuk saya yg kangen dengan dunia kampus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang bener, banyak ide di otak saya yang belum di eksekusi. Semoga saja saya selalu ada waktu untuk menulis hehehe.

      Delete
  10. ayooo Mas semangat nulisnya, yuk lampaui targernya di akhir tahun....semakin banyak artikel maka semakin bagusss....trafiknya jadi makyus.,,,,hahahha

    ReplyDelete
  11. Weehh semoga terjadi ya harapannya! 100 artikel di satu tahun. Banyak loh itu wkwkwkwkwk.

    Asal jangan maksa aja mas. Kalo maksa ntar tulisannya ga bakal bagus. Huehehehehehe :D. Semangat mass!!

    ReplyDelete
  12. Amin semoga tercapai ya kak cita2 nya bisa nulis sampe 100 artikel hihi mangat 45

    ReplyDelete
  13. Yup membuat target-target kecil itu bisa membantu memberikan arah pada perjalanan ngeblog kita.

    Tidak perlu berat-berat, yang ringan-ringan saja dan mungkin dicapai.

    Kalau bisa jangan cuma 100 dong... hehehehe... 200 atau 300, biar kerasa ada "beban"..:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya nanti bakal di tambah kok, siapa tahu bisa narget 1000 setahun :D.

      Delete
  14. Sedih bacanya, jadi ingat target blogpost tahun ini yang fantastis dan udah setengah tahun belum dapat setengahnya hahahahaha

    Tapi emang bener sih, target itu bikin semangat :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)