Assalamualaikum...

Seorang blogger layaknya seorang pencipta lagu, pembuat pusi, ataupun penulis novel, masing-masing membutuhkan ide yang segar untuk selalu dapat menciptakan sebuah karya. Terlepas dari itu, banyak sekali blogger yang beranggapan bahwa mencari ide ngeblog itu susah, hal itulah yang membuat semangat untuk ngeblog kian menurun, akibatnya blog pun terbengkalai tidak ada postingan sampai berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, praktis membuat blog tersebut dianggap oleh pembacanya sebagai blog yang sudah tidak aktif lagi. Dengan begitu, para pembaca setia akan pergi dengan sendirinya.



Tapi, benarkah mencari ide ngeblog itu susah? mungkin kebanyakan dari kita akan menjawab "iya", tapi sebenarnya mencari ide ngeblog itu tidaklah sesulit yang dibayangkan, tetapi memang membutuhkan kerja keras dan keuletan dari blogger tersebut, dan mungkin juga membutuhkan tips dan trik tersendiri. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk mendapatkan ide ngeblog, ini merupakan pengalaman saya sendiri dan sudah sering saya terapkan di blog ini dan juga rangkuman dari tips blogger lainnya. So, mari di simak tips nya, berikut ini :

1. Membaca Buku

Tips untuk mendapatkan ide ngeblog yang pertama adalah membaca buku. Hal yang paling menunjang dari kegiatan atau hobi menulis adalah membaca, dengan membaca tidak hanya sekedar kita dapat pengetahuan dari buku yang kita baca, melainkan juga dapat memberikan kita inspirasi dan ide-ide untuk menulis juga, termasuk juga ide menulis postingan blog. Contohnya saya suka membaca novel dan biasanya setelah membaca novel tersebut sampai selesai, saya jadi punya ide untuk mereview novel tersebut di blog saya ini.

Buat sobat yang memiliki blog niche, usahakan untuk membeli buku yang topiknya berkaitan dengan topik blog sobat, dijamin pasti akan ada ide untuk menulis artikel yang muncul di benak sobat ketika selesai membaca buku tersebut. Tunggu apalagi? mulailah dari sekarang untuk lebih rajin membaca buku, kemudian sobat akan merasakan ide-ide cemerlang yang muncul setelah membaca buku.

Baca juga : Inilah Manfaat yang Kita Dapat Ketika Membaca.

2. Berjalan-jalan

Mungkin semua orang akan setuju dengan saya jika saya berkata bahwa "berjalan-jalan adalah hal yang menyenangkan", termasuk sobat yang lagi baca pasti setuju ya. Yap hampir semua orang menyukai yang namanya jalan-jalan, kenapa saya bilang hampir? karena saya punya teman yang sukanya dirumah aja, dia nggak suka jalan-jalan hehehe. 

Selain menyenangkan dan dapat menyegarkan fikiran, kegiatan berjalan-jalan juga bisa membantu kita untuk mendapatkan ide menulis, termasuk ide menulis artikel dalam blog. Contohnya, jika blog sobat termasuk blog travel atau semacamnya, sobat bisa menuliskan pengalaman sobat tentang tempat yang di kunjungi, kemudian sobat bisa membandingan tempat yang satu dengan yang lainnya juga dan jadilah artikel blog. Sangat disarankan untuk berjalan-jalan ke tempat yang suasana alaminya masih sangat terasa dan udaranya masih sangat bersih, dengan begitu sobat bisa mendapatkan ide seketika itu juga.

3. Melakukan Blogwalking

Sebagian besar blogger pasti tau dan sering melakukan blogwalking, tapi mungkin diantara sobat ada yang belum tau soal itu, saya akan jelaskan secara singkat. Blogwalking tersusun dari kata blog yang artinya situs blog dan walking yang artinya berjalan, secara sederhana blogwalking dapat diartikan sebagai kegiatan berjalan-jalan di suatu blog. Sebenarnya kegiatan ini lebih dari sekedar berjalan-jalan di blog orang lain, melainkan kita juga harus memberikan komentar, kritik, dan saran yang membangun mengenai artikel yang telah kita baca di blog tersebut.

Manfaat yang lainnya adalah kita dapat lebih saling mengenal antar sesama blogger dan tentu setelah melakukan kegiatan blogwalking kita akan mendapat ide dan inspirasi untuk menulis artikel di blog. Bisa di bilang kegiatan ini harus banget dilakukan oleh setiap blogger, karena manfaatnya yang begitu banyak.

4. Mengambil Posisi Nyaman dan Merenung

Pernahkah sobat mengalami ketika dimana sobat sedang merasa nyaman, misal sedang duduk kaki selonjoran, tiduran mendengar musik atau merenung di kamar dan di saat itu pula ada fikiran tentang apapun itu yang tiba-tiba datang ke benak sobat. Nah saat-saat seperti itu bisa sobat manfaatkan untuk mendapatkan ide ngeblog, suasana tenang dan nyaman akan membantu sobat dalam mendapatkan ide ngeblog, coba deh.

5. Bawa Buku Kecil Kemanapun Kita Pergi

Tips berikutnya adalah selalu membawa buku atau setidaknya sediakan kertas kemanapun sobat pergi. Gunanya buat apa? pernah nggak sih sobat ngalamin saat berada diluar rumah, entah itu di sekolah, tempat kerja, atau bahkan ketika berlibur, ide untuk membuat artikel blog muncul secara tiba-tiba. Saya sih sering ngalamin hal seperti itu dan begitu sampe rumah malah lupa untuk menulis apa, kan jadi kesel dan juga ide cemerlang tersebut jadi terbuang sia-sia. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi sobat bisa menyiapkan buku untuk mencatat ide yang muncul tiba-tiba tersebut, dengan begitu sobat tidak akan kehilangan ide yang berharga.
Itulah tips yang biasanya saya lakukan untuk mendapatkan ide ngeblog, sobat bisa mempraktekan juga jika dirasa mulai mentok ide ngeblognya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat sobat semuanya, jika sobat punya tips lain untuk mendapatkan ide ngeblog sobat bisa kasih komentar dibawah :). Terima kasih buat yang sudah baca dan tetap semangat ngeblog!.

Wassalamualaikum...

0 Comments