Assalamualaikum...

Pertanyaan sederhana yang akan dilontarkan oleh setiap manusia ketika hendak melakukan kegiatan tertentu adalah bertanya tentang manfaat. Yap, biasanya jika kita ingin melakukan sesuatu kita pasti berfikir dulu apa manfaat yang akan kita dapat dan apa resikonya, bener nggak sob?.



Termasuk dalam hal ngeblog. Bagi blogger pemula atau seseorang yang baru memulai terjun dalam dunia blogging pasti akan bertanya "Apa manfaat ngeblog?", "Apa yang bakal saya dapat kalau ngeblog?" dan semacamnya. Sebenarnya pertanyaan itu tidak perlu dijawab secara langsung juga tidak akan jadi masalah, kita hanya perlu menjalani, melakukan ngeblog, dan manfaat tersebut akan terasa dengan sendirinya.
Berikut ini saya kan menjelaskan manfaat seperti apa saja yang akan sobat dapatkan kalau memulai ngeblog, manfaat ini sudah saya rasakan sendiri, berikut dibawah ini :

1. Menjadi Penulis Hebat

Dengan menjadi seorang blogger, sudah pastinya kita akan selalu disibukkan dalam urusan menulis. Seiring berjalannya waktu, artikel yang kita buat akan semakin banyak dan pasti akan terlihat perbedaannya, antara artikel pertama kita dan artikel yang terahir kita tulis. Perbedaan baik dari segi gaya bahasa, pilihan kata, dan yang lainnya.

Perbedaan dan perubahan tersebut tentu akan mengarah ke yang lebih baik, praktis kita akan menjadi seorang penulis yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian, kita akan menjadi penulis yang hebat, yang awalnya mulai hanya untuk sekedar hobi ataupun luapan perasaan di hati, hingga bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang lewat tulisan tersebut.

2. Menambah Wawasan

Pada dasarnya, tugas seorang blogger itu adalah menyediakan informasi untuk para pembacanya. Seorang blogger harus selalu update dan tau banyak hal tentang topik yang akan ia angkat. Karena keharusan tersebutlah yang akan mendorong para blogger untuk terus mencari informasi lebih dan lebih lagi, yang menjadikan mereka selalu haus akan informasi.

Berbagai hal dilakukan blogger untuk mendapatkan informasi, bisa melalui membaca artikel blog lain, membaca buku, ataupun menonton vidio-vidio tertentu yang berkaitan dengan topik yang ingin ia bahas. Karena kebiasaan tersebutlah, wawasan akan terus bertambah. Dan inilah manfaat yang paling terasa ketika kita melakukan kegiatan ngeblog.

3. Dapat Menambah Teman

Semua orang pasti senang banget kalo punya teman, sobat juga pasti senang kan kalo punya teman?. Terlebih lagi, jika teman kita memiliki hobi yang sama seperti kita, waahhh bisa sharing terus tuh kita tentang hobi tersebut.

Tidak hanya facebook, twitter, dan instagram, lewat blog pun kita bisa menambah teman. Kita mengunjungi blog orang lain, berkomentar di blog tersebut, kemudian komentar kita di balas dan semakin lama pertemanan kita dapat lebih dekat dan ujung-ujungnya ngadain kopdar deh hehehe.

4. Membantu Orang Banyak

Apa yang membuat seseorang mengetikkan sesuatu di search engine? biasanya mereka melakukan hal itu untuk mencari informasi tertentu, ataupun ingin menemukan jawaban atas pertanyaan atau masalah yang mereka hadapi. Contohnya, ketika seseorang belum paham tentang blog, maka ia akan mengetikkan keyword "Apa itu blog?" di search engine. Dengan cepat, hasil dari pencariannya akan terlihat dan itu jumlahnya banyak sekali.

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa seorang blogger tugasnya adalah menyediakan informasi kepada para pembacanya. Jika ada seseorang yang memiliki masalah atau pertanyaan tentang suatu hal dan orang tersebut mencari jawaban di suatu blog, otomatis kita sebagai blogger telah membantunya. Mungkin saja sudah ribuan orang yang telah kita bantu selama ini, itulah manfaat dari ngeblog yang utama.

5. Dapat Menyampaikan Ide dan Gagasan

Sebagai manusia, kita pasti selalu memiliki sebuah ide, gagasan, ataupun opini (pendapat) terhadap suatu persoalan atau masalah tertentu. Lewat menulis di blog kita bisa lebih merasa nyaman dalam menyampaikan ide tersebut. Namun, kita perlu ingat bahwa dari setiap hal yang kita tulis di blog kita itu merupakan tanggung jawab kita.

6. Mendapatkan Penghasilan

Dari blog kita bisa mendapatkan penghasilan. Ini bukan hanya sekedar manfaat yang akan kita dapat dari kegiatan ngeblog, bagi sebagian blogger ini merupakan tujuan mereka untuk melakukan kegiatan ngeblog.

Untuk mendapatkan penghasilan lewat ngeblog bisa dengan banyak cara, contohnya seperti mendaftarkan blog di google adsense, menjual produk dan jasa lewat blog, dan bisa juga dengan afiliasi. Namun layaknya sebuah bisnis, untuk mendapatkan penghasilan di blog kita harus berusaha dan bekerja keras. Yuk mulai konsisten dalam mengurus blog.

Tidak hanya ngeblog, segala sesuatu yang kita lakukan dalam hal kebaikan akan mendatangkan manfaat tersendiri bagi kita maupun orang banyak nantinya.

Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dan bisa lebih menimbulkan semangat ngeblog lagi buat sobat blogger yang membaca postngan ini. Mohon maaf bila ada salah kata, kritik dan saran yang membangun sangat di butuhkan agar postingan selanjutnya dapat lebih baik lagi. Terima kasih buat yang sudah baca.

Wassalamualaikum...

1 Comments

  1. Yg saya rasain sekarang saya serasa jadi penulis hebat,,,pengennya nulis trus,,,pas udah siap siap nulis rasa malas datang wkwk

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)