Assalamualaikum...

Rajin memposting artikel pada blog memang sesuatu yang harus dilakukan oleh para blogger. Karena sebuah blog akan nampak hidup jika blog tersebut rutin dan rajin dalam hal update artikel. Namun, artikel dan konten yang disajikan dalam sebuah blog haruslah menarik dan bermanfaat untuk para pembaca.



Saya ingin bertanya kepada sobat blogger semua, apa yang sobat lakukan setelah selesai menulis artikel? apakah sobat langsung mempublikasikan artikel tersebut, atau ada hal lain lagi yang sobat lakukan?.

Menurut saya, jika sobat sudah membuat sebuah artikel lebih baik tidak langsung menekan tombol "Publikasikan". Mengapa begitu? karena kita tidak tahu apakah artikel yang telah kita buat itu sudah sempurna atau belum. Maksud dari artikel yang sempurna itu adalah artikel yang sudah layak untuk di publikasikan.

Nah untuk mengetahui kelayakan artikel tersebut itu seperti apa, berikut ini akan saya bahas beberapa hal yang harus sobat perhatikan sebelum mempublikasikan artikel.

Baca juga : 6 Tujuan Utama Seseorang Memulai Ngeblog

1. Periksa tulisan kembali


Pernahkah sobat membaca sebuah artikel di blog dan disitu terdapat sebuah kata yang "salah ketik" atau mungkin ada kalimat yang "tidak nyambung" dengan topik yang sedang di bahas?. Jika pernah, apa yang sobat rasakan ketika membacanya? pasti sobat merasa kurang nyaman kan?.

Nah, untuk itulah sangat penting bagi seorang blogger memeriksa kembali tulisan yang telah ia jadikan artikel tersebut. Apakah sudah bebas dari "salah ketik", bebas dari kalimat yang "tidak nyambung", dan apakah sudah terbebas dari hal lain yang dapat membuat pembaca kurang nyaman?. 

Jangan pernah malas untuk membaca dan memeriksa kembali tulisan sobat. Bayangkan saja, jika sobat sebagai penulis dari artikel tersebut saja malas membacanya, apalagi orang lain?. Nah, makanya jangan pernah malas untuk membaca dan memeriksa kembali tulisan sobat tersebut.

Baca juga : 5 Manfaat Penting Berkomentar di Blog Orang Lain

2. Sudah sesuaikah judul dengan isi?


Jika kita sudah memeriksa tulisan di artikel kita, hal berikutnya adalah kita harus melihat kembali judul artikel kita, apakah sudah sesuai dengan isi atau belum.

Saya sangat setuju dengan pernyataannya almarhum mas Liudin di blognya. Disitu beliau berkata bahwa judul adalah janji dan barangsiapa yang telah berjanji maka harus menepatinya. Apakah sobat mengerti dengan pernyataannya?.

Oke jika belum saya jelaskan. Maksudnya adalah jika kita membuat sebuah judul, entah itu artikel blog atau judul vidio di youtube, tentu isinya haruslah sesuai dengan judul yang telah kita buat. Karena pada dasarnya, jika kita membuat judul itu kita berjanji pada pembaca kita, dan kita harus menepati janji judul yang telah kita buat tersebut dengan menampilkan konten yang sesuai.

Karena jika seseorang melakukan pencarian di kolom pencarian google, yang tampil setelahnya adalah judul artikel beserta meta deskripsinya (jika di sertakan). Tentu orang akan memilih sebuah artikel karena ia tertarik dengan judul yang ada, nah untuk tidak membuat kecewa pembaca haruslah sebuah judul itu sesuai dengan isi atau konten artikel tersebut.

Maka dari itu buatlah judul yang menarik pembaca, namun bebas dari hal yang tidak sesuai dengan isi, atau istilah dalam youtube itu clickbait.

Baca juga : Manfaat Update Artikel Setiap Hari

3. Apakah panjang judul artikel telah optimal?


Judul adalah hal yang penting dari sebuah artikel blog. Selain memastikan judul tersebut bagus dan dapat menarik minat para pembaca, panjang karakter sebuah judul artikel juga tidak boleh luput dari perhatian kita sob.

Panjang optimal sebuah judul artikel itu di kisaran 50-60 karakter. Apabila sebuah judul terlalu pendek, hal tersebut kurang menarik minat pembaca. Apabila judul lebih dari 60 karakter, maka pada hasil pencarian di google judul artikel sobat akan terpotong dan hal tersebut tidak dapat dilihat oleh pembaca. 

Judul yang terlalu panjang dan terpotong tersebut terlihat kurang menarik. Dampaknya adalah jumlah klik oleh pembaca bisa saja berkurang. Maka dari itu, selalu pastikan panjang judul artikel sobat telah optimal.

Baca juga : Cara Melakukan Blogwalking yang Baik dan Benar

4. Sudahkah memasang label pada artikel?


Mungkin buat sobat yang baru mulai ngeblog akan bertanya "Apa sih label itu?.". Label dalam sebuah blog bisa dibilang adalah sebuah kategori. Kategori yang mana berfungsi untuk mengelompokkan artikel-artikel yang ada di suatu blog agar terlihat lebih rapih dan dapat memudahkan pembaca untuk menemukan artikel yang sedang ia cari.

Untuk sobat yang ingin tahu bagaimana cara memberi label pada artikel di blog, silahkan sobat buka artikel ini, disitu mas Sugeng telah menjelaskan secara detil bagaimana cara memberi label pada artikel.

Nah balik lagi ke topik, sebelum menekan tombol "Publikasikan" terlebih dahulu sobat harus memeriksa apakah artikel sobat sudah diberi label atau belum. Jika belum, silahkan segera beri label, agar nantinya artikel tersebut dapat terkelompokkan dengan artikel lain yang memiliki label atau kategori yang sama. Efek baiknya adalah para pembaca dapat dengan mudah mengakses artikel sobat tersebut dengan menekan widget label yang ada.

Baca juga : Target : Satu Postingan Setiap Hari Selama Sebulan

5. Menambahkan gambar


Tidak semua orang akan suka jika harus membaca sebuah artikel yang di dalamnya hanya terdapat teks tanpa gambar satupun. Gambar sangatlah penting dalam sebuah artikel, karenanya artikel tersebut nampak lebih menarik di mata pembaca.

Meskipun gambar dapat menambah kesan menarik, tetapi kita juga harus memilih sebuah gambar yang tentu saja relevan dengan artikel yang kita tulis. Jika kita memberikan gambar tidak sesuai dengan artikel kita, justru hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan pembaca, bisa saja ia jadi tidak lanjut membaca artikel kita.

Terlebih jika artikel tersebut adalah tentang tutorial, penggunaan gambar di dalamnya sangat di haruskan dan bahkan wajib. Karena gambar tersebutlah yang dapat memandu para pembaca untuk memahami cara-cara atau langkah-langkah yang sobat berikan di artikel tersebut.

Contohnya seperti artikel saya yang berjudul 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Matahari Hilang Secara Tiba-tiba. Pada artikel tersebut saya selalu menyisipkan gambar ilustrasi di setiap point pembahasan yang ada dan menurut saya dengan adanya gambar ilustrasi itu dapat membuat artikel tersebut menjadi lebih menarik.

Jadi, sebelum sobat mem-publish artikel sobat, ada baiknya sobat menambahkan sebuah gambar terlebih dulu. Karena selain dapat membuat artikel jadi lebih menarik, pembaca akan lebih paham bila ada gambar di dalam artikel.

Baca juga : Tiga Belas Hari Berlalu, Menuju Target

6. Apakah meta deskripsi sudah di tambahkan?


Meta deskripsi merupakan sebuah deskripsi singkat yang muncul terletak di bawah judul pada mesin pencari. Jika sobat membutuhkan panduan untuk membuat meta deskripsi, silahkan cek disini.

Apa sih pentingnya meta deskripsi? kembali kepada pembahasan sebelumnya bahwa meta deskripsi adalah sebuah "deskripsi singkat" yang mana menjelaskan secara singkat dari isi yang ada pada artikel tersebut.

Jadi pentingnya meta deskripsi adalah agar pembaca dapat mengetahui apa yang dijelaskan pada sebuah artikel. Nah, untuk itu buatlah meta deskripsi yang menarik agar artikel sobat bisa mendapatkan klik yang banyak.

7. Apakah internal link dan eksternal link sudah ada?


Internal link adalah sebuah tautan (link) yang jika di klik akan mengarah pada sebuah halaman lain yang masih terdapat di dalam website atau blog yang sama. Sedangkan eksternal link adalah sebuah tautan (link) yang jika di klik akan mengarah pada sebuah halaman dari website atau blog lain.

Mengapa internal link dan eksternal link harus ada pada sebuah artikel?. Jika kita menambahkan internal link menuju artikel yang masih terkait dengan artikel sebelumnya, tentu hal tersebut akan menambah jumlah pageview dari blog kita.

Nah, jika kita menambahkan eksternal link menuju situs yang memiliki reputasi yang baik hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung blog kita sob. Tentu saja sebuah kepercayaan itu sulit di dapatkan dan merupakan segalanya dalam melakukan bisnis online.

Kesimpulan


Ternyata membuat sebuah artikel yang menarik untuk para pembaca bukanlah perkara mudah. Jika artikel telah jadi pun masih banyak yang harus kita lakukan lagi, seperti yang telah saya jabarkan pada artikel ini.

Namun, jika kita melakukan hal tersebut dengan penuh kesabaran dan tidak berhenti membuat konten-konten yang berkualitas, tentu blog kita akan menjadi lebih baik lagi. Sebuah blog yang baik dan telah memenangkan hati pembaca, tentu saja dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan pageview pada blog kita.

Kunci utamanya adalah kesabaran, kerja keras, dan tetap konsisten dalam melakukannya.

Penutup


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Apabila sobat ada pertanyaan dan jika ada hal lain yang berhubungan dengan artikel ini silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia.

Mohon maaf apabila saya ada salah-salah kata atau ada tulisan yang kurang dapat di mengerti, saya menerima kritik dan sarannya dari sobat semua. Terimakasih untuk yang sudah baca, semoga hari sobat menyenangkan.

Wassalamualaikum...

28 Comments

  1. Nice gan.. jgn lupa kunjungi blog saya
    http://www.jagattechno.com

    ReplyDelete
  2. oke gan terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. Post yang bermanfaat.
    Nice article 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentarnya :)

      Delete
  4. Pernah menulis buru-buru karena target saya minimal seminggu nulis dua kali. Kebetulan sedang sibuk banget. Tanpa membaca ulang langsung publish. Tulisan banyak yang typo termasuk judulnya. Haduh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah begitu, malah waktu itu sudah saya periksa eh masih aja ada yang typo :D.

      Delete
  5. siip...bermanfaat tips-nya.
    thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama-sama mba hehehe terimakasih juga sudah berkunjung.

      Delete
  6. kalo saya kayanya termasuk yang kalo udah beres langsung saja post.
    terimakasih sudah di ingatkan betul banget kudu begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe memang terkadang godaan tombol "publish" sungguh menarik jadinya kalo udah kelar bawaannya pengen mencet aja :D. Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  7. Saya sering lupa bagian meta deskripsi. Padahal penting ya supaya orang lebih tertarik baca artikel kita >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya penting mba, meta deskripsi juga termasuk seo on page.

      Delete
  8. waaah iya ya saya gapernah kasi label & meta wkwkwk... btw nice article, thanks for sharing ya Ilham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba terimakasih juga sudah berkunjung.

      Delete
  9. Sangat bermanfaat sekali, ijin share ya :)

    ReplyDelete
  10. Dari post ini, aku bru tau ttg meta deskripsi. Nambah ilmu bgt mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh alhamdulillah deh kalau bermanfaat hehehe terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  11. Judul adalah janji.

    Noted banget iniiihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, secara tidak langsung kita telah berjanji ke pembaca.

      Delete
  12. nice article
    aku termasuk pengguna blog baru.terima kasih sudah diingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali sudah berkunjung :).

      Delete
  13. Kadang2 kulakukan semuanya, tapi kl pas ngantuk yaaaaa begitulah. ketauannya besoknya pas dibaca ulang banyak yg kliru :D

    padahal melakukan point2 ini tuh penting bgt biar tulisannya ga hampa pas dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap kalau sudah ngantuk mah ga bisa dipaksain wkwkwk.

      Delete
  14. Cakep!! semoga diikuti oleh blogger yang lain. Tapi kalau saya diatur, disuruh kaya gitu kayanya tidak bisa haha

    ReplyDelete
  15. AYOO ADA YANG BARU NONTON DRAMA KOREA DI MYDRAKOR. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  16. lha gimana mau periksa ulang, dah ga sabar mau publish haha

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)