Assalamualaikum...

Pada dasarnya kita sebagai seorang blogger merupakan manusia biasa. Manusia biasa yang kadang kala mengalami titik jenuh dalam membuat atau membangun sebuah blog. Semangat yang di miliki bisa saja suatu saat pudar, berganti dengan rasa malas yang hinggap berhari-hari. Ya, rasa malas pun sering menghampiri saya dan bahkan ia sukses mengendalikan saya hingga ada saat-saat dimana saya tidak produktif dalam membuat suatu artikel. Pertanyaannya adalah adakah cara untuk melawannya atau apakah bisa rasa malas itu dilawan? Jawabannya tentu ada dan tentu saja bisa di lawan. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara untuk melawan rasa malas itu, bagaimana cara untuk membangkitkan semangat ngeblog seperti sedia kala lagi? berikut ini akan saya bahas tips membangkitkan semangat ngeblog.


1. Tentukan Tujuan

Pada dasarnya, setiap orang membuat blog atau hendak menjadi seorang blogger mereka memiliki tujuannya masing-masing. Ada yang bertujuan untuk mendapatkan uang, ada yang sekedar menyalurkan hobi menulis nya, dan bahkan ada yang ngeblog bertujuan untuk membagi ilmu yang ia punya kepada para pembacanya nanti.

"Tujuan" mungkin kata sederhana, tetapi memiliki makna yang luar biasa, secara tidak sengaja dengan kita memiliki tujuan kita punya bahan bakar berupa semangat untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai contoh, jika tujuan saya ngeblog untuk mendapatkan uang maka saya memiliki semangat untuk terus ngeblog dan ngeblog, tidak pernah putus asa, dan saya selalu pantang menyerah agar tujuan saya tercapai, yaitu mendapatkan uang dari kegiatan ngeblog saya. Nah, buat kalian yang ingin jadi blogger ada baiknya tentukan tujuan kalian dari sekarang.

2. Ingat Kembali Tujuan Kita

Wajar jika ada kalanya manusia merasakan jenuh atau bosan karena kegiatan yang terkesan monoton. Termasuk kegiatan ngeblog, kita harus selalu membuat artikel pasti kita akan mengalami rasa bosan di kemudian hari. Jujur aja saya sering kok ngalamin hal seperti itu dan mungkin ini permasalahan yang juga sering di hadapi para blogger di seluruh dunia. Bagaimanakah mengatasinya?. Di poin pertama kita membahas tentang menentukan tujuan, nah jika di tengah jalan kita merasa jenuh dan bosan dengan ngeblog maka kita harus ingat kembali tujuan kita pada awal ngeblog tadi. 

Terlihat sederhana namun susah untuk di praktekkan. Namun, jika kita mau mengingat tujuan kita kembali pasti ada rasa semangat yang tiba-tiba muncul di dalam diri kita seketika itu. Saat itu terjadi, gunakanlah semangat itu meskipun sedikit untuk mendongkrak kembali kegiatan ngeblog sobat yang tertunda karena rasa jenuh tadi.

3. Membaca Cerita Sukses Blogger Lain

Dengan membaca cerita sukses dari blogger ternama akan membakar semangat kita dan juga menimbulkan keinginan untuk seperti dia. Jujur ini yang sering saya lakukan ketika saya mulai agak males dalam ngeblog. Saya iseng-iseng baca gimana mereka bisa mencapai kesuksesannya, tips-tips nya, dan sebagainya. Kalo bisa saya bilang sih ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membangkitkan kembali semangat ngeblog kita.

4. Berteman Dengan Blogger Lain

Mungkin sejak SD (Sekolah Dasar) kita sering mendengarkan penjelasan dari guru kita bahwa manusia merupakan makhluk sosial, artinya manusia bergantung kepada manusia yang lainnya. Sama halnya dalam dunia blogging, kita membutuhkan teman yang memiliki kesukaan yang sama dengan kita terhadap blog. Dengan kita mengenal blogger lainnya kita bisa belajar banyak dari orang tersebut atau bahkan kita juga bisa berbagi ilmu yang kita punya kepadanya. Berbagi pengalaman, ilmu tentang apa yang kita sukai kepada orang lain itu menyenangkan sekali dan itu bisa membuat kita lebih bersemangat dalam ngeblog.

5. Menentukan Target

Target itu suatu sasaran yang dibuat oleh seseorang untuk di kemudian hari ia mencapai sasaran tersebut. Dalam dunia blog, menentukan target itu sangat penting adanya. Karena dengan seorang blogger menentukan target, itu akan memicu semangatnya untuk mencapat target tersebut.

Contohnya jika saya menargetkan untuk menerbitkan artikel di blog saya sebanyak dua dalam sehari, maka saya akan bersemangat dan tekun untuk mencapai target yang telah saya tetapkan itu. Selain itu, misal sobat menargetkan dalam sehari harus mencapai 100 lebih pengunjung, pasti sobat berpikir keras untuk menerapkan cara seperti apa agar target sobat tercapai.

Perlu di ingat, dalam menetapkan target kita harus realistis. Maksudnya adalah kita harus menetapkan target yang masih bisa kita capai, jangan menetapkan target yang terlalu tinggi nanti kita terkesan malah berangan-angan saja dan efeknya bukan semangat yang kita dapat malah rasa malas yang makin menjadi. Tetapkanlah target yang sewajarnya saja, dengan begitu semangat kita akan tetap bergelora.

Oke, jadi itu adalah tips dari saya yang bisa sobat terapkan untuk membangkitkan semangat ngeblog sobat. Semua tips ini sering saya gunakan ketika jenuh melanda hehehe, dan alhamdulillah saya masih semangat :). Semoga tips tersebut dapat membantu sobat semua ya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata, atau ada kata-kata yang kurang di dapat di mengerti. Kalo sobat ada pertanyaan, silahkan kasih komentar aja di bawah :).

Wassalamualaikum...

2 Comments

Silahkan Berkomentar :)