Assalamualaikum...


Beberapa tahun yang lalu, tepatnya ketika saya masih duduk dibangku SMP saya memiliki sebuah hobi membuat origami. Sedari kecil sebenarnya saya sih sudah bisa membuat origami pesawat, burung, dan beberapa bentuk origami yang umum lainnya. Namun, di SMP saya mulai mencoba membuat beberapa bentuk origami yang lebih menantang lagi.


Bentuk yang lebih menantang? Ya maksudnya tuh tidak banyak orang yang bisa membuatnya dan agak sulit juga dalam membuatnya. Misalnya seperti membuat origami naga, dinosaurus, dan burung elang.


Saat itu hampir setiap hari baik di sekolah maupun dirumah saya membiasakan diri saya untuk melipat kertas atau membuat origami. Untuk cara-cara dalam membuatnya sendiri tentu saja saya ketahui dari Youtube, terkadang meski sudah dipandu dalam bentuk vidio tetap saja terasa sulit. Ya mungkin karena memang belum terbiasa saja kali ya.


Tidak hanya saya, ada beberapa teman saya lainnya yang juga disaat itu memiliki hobi yang sama dengan saya. Bahkan, ada salah satu teman yang menurut saya lebih baik dari saya dalam hal membuat origami. Kenapa bisa saya katakan lebih baik? Karena dia tuh kalau membuat origami selalu rapih dan tidak ada lekuk-lekukan yang membuat kertas jadi terkesan jelek.


Selain itu ada satu teman saya lagi yang membuat origaminya unik. Bentuk yang ia buat si sangatlah umum, bentuk burung, namun ia buat origami burung itu dengan ukuran yang sangat kecil.


Ia bernama Firman. Firman selalu membuat origami burung yang kecil disela-sela jam istirahat. Karena merasa tertarik, saya pun jadi ikut mencoba membuatnya. Ternyata meski saya sudah paham betul akan cara membuat burung kertas, membuat burung kertas dengan ukuran yang kecil cukup sulit.


Meski begitu, saya pun tetap fokus dalam membuatnya yang pada akhirnya saya jadi ikut ketagihan membuat origami burung kertas yang kecil.





Hana dan Burung Kertas





Kegiatan membuat origami burung kecil masih berlangsung hingga saya duduk dibangku SMK, tepatnya waktu saya sedang melaksanakan kegiatan Prakerin (Praktek kerja industri) atau PKL.


Karena saya ketika PKL itu pekerjaannya berhubungan dengan surat menyurat dan sehari-hari selalu bertemu dengan kertas, ketika senggang saya selalu menyempatkan waktu untuk membuat burung kertas. Satu demi satu saya buat dan saya kumpulkan dalam sebuah wadah persegi dari plastik. 


Melihat saya seperti itu teman saya yang PKL-nya bareng saya pun berkata "nggak ada kerjaan luh am, bikin-bikin begituan" kalau sudah begitu pasti saya jawab "ya emang, makanya gua bikin ini biar ada kerjaan". Ya memang sih keliatannya aneh, tapi bagi saya itu sudah menjadi sebuah hal yang menyenangkan untuk dikerjakan.


Ketika PKL itu saya berkenalan dengan seorang perempuan yang bernama Hana, sepertinya hal ini sudah saya ceritakan juga di postingan sebelumnya, kalau tidak salah judulnya itu Ketika PKL.


Awalnya saya dan Hana bertemu di tempat foto kopi, yap pada saat itu kami sama-sama ditugaskan untuk memfotokopi beberapa berkas yang ada. Hingga akhirnya kami berkenalan dan saling ngobrol, semenjak saat itu kami menjadi lebih dekat dan terkadang menyempatkan waktu untuk bertemu ketika ada jam istirahat.


Di hari terakhir Hana PKL, entah kenapa saya ada pikiran untuk memberikan semua burung kertas kecil yang selama ini saya buat kepadanya. Entahlah, romantiskah sesuatu seperti itu? Karena memang sih saat itu saya ada rasa kepada Hana dan bagi saya burung kertas yang saya buat itu cukup berarti bagi saya. Untungnya si Hana menerima dan tersenyum sangat manis waktu itu.


Ketika Menunggu Pelanggan





Namanya orang berdagang tentu saja tidak selalu ramai setiap saat, kadang malah lebih banyak waktu senggangnya. Belakangan ini saya suka membuat burung kertas kecil ketika sedang menunggu pelanggan datang. Ya cukuplah untuk mengusir rasa bosan.


Bahkan, saking seringnya membuat burung kertas, saya sudah membuat kurang lebih ada 80 burung kertas kecil dan saya kumpulkan disebuah kantong plastik. Gabut banget ya saya sampai buat segitu banyaknya hehehe.


Sejujurnya saya sempat terpikirkan untuk membuat 1000 burung kertas, tapi sepertinya saya tidak sanggup deh atau hanya malas saja ya? Hehehe. Kalau sobat sendiri pernah tidak membuat burung kertas seperti ini?.


Wassalamualaikum...

21 Comments

  1. iya ham aku dulu oernah baca yang ceritamu tentang si dia...uhuk si hana itu hehhehehe...menurutku sih romantis, terlebih abis dikasih dikasih senyuman manis wekekeke... #langsung kebayang deh adegannya kayak di film film

    eh btw katanya kalau bisa bikin sampe 1000 legenda kuno bilang doa dan harapan yang bikin bakal dikabulkan, ga tau bener atau ga nya

    yang jelas kalau kemampuan seni merangkai kertas atau origami aku payah lah. Aku bisanya cuma bikin kodok kodokan dulu, ama kapal...ya Alloh mainstream banget kan. Burung aku ga bisa...oh ama satu lagi wadah takir atau bahasa jawanya tempat kinang atau tempat sirih wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba saya juga pernah baca soal kisah itu kalo ngga salah sih ada seorang anak yg mengidap penyakit gitu dan dia mencoba melipat 1000 burung kertas dengan harapan bisa sembuh dari penyakitnya. Belum sampe 1000 anak itu udah ngga ada dan akhirnya temen temennya yg nyelesaiin dan burung kertas itu di taro di makamnya kalo ga salah deh.

      Delete
  2. pernah sekali, lamaaaa banget bikinnya.. udah bisa sekali trus lupa lagi cara bikin dari awal.. Hahahaha.. Kembar seneng banget minta dibikin origami, tapi aku gak terampil, paling banyak berhasil cuma 3kali bikin bentuk hati, habis itu aku lupa lagi caranya. Jadi tiap bentuk mesti cuma bisa bikin satu doang.. Habis itu aku dadah2 aja, capek.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum belajar yang bentuk hati.

      Delete
    2. cari di yutup mas, lebih gampang dari pada bentuk angsa begitu.. hehehehe

      Delete
  3. Aku agak lemot klo melipat-lipat kertas gitu, paling banter bikin kapal-kapalan. hahaha... Makanya suka kagum sama orang yang bisa origami apalagi sampai ukuran mini gitu. Butuh ketelatenan dan ketelitian yang klo saya pasti sudah ambyar duluan :))))

    E terus gimana kabar Hana sekarang? *kepo* :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kalo soal Hana mah saya juga udah gatau kabarnya mba hehehe. Padahal dulu sering main bareng pas jaman kuliah.

      Delete
  4. Waaah keren banget nih mas.. Buat burungya bisa sekecil ituu yaaak 😅

    ReplyDelete
  5. aku gak bisa buat origami mas, paling cuma buat kapal-kapal dari kertas sama pesawat terbang :D..

    wah menurutku sih romantis banget itu udah mas :D

    btw bisa tu mas buat video cara buat origami, terus di upload di yutube, jadilah duit wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tuh udah sering banget bikin kanal youtube cuma ya gapernah dilanjut, anget angetan orangnya wkwkwk.

      Delete
  6. Saya belum pernah sih, bikin burung kertas kecil. Tapi kalo bikin origami burung, saya bisa.
    Ngomongin bikin origami kecil, jadi inget pas saya bikin buku diari terkecil yang saya buat. Haha
    BTW, bagaimana hubungan dengan Hana sekarang mas? Masihkah kalian berkabar? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin buku diary terkecil gimana tuh mas? Jadi penasaran kaya gimana bentuknya.

      Entah, udah ngga tau kabarnya Hana lagi saya hehehe padahal kalo mau tau tinggal kerumahnya.

      Delete
  7. aku payah kalau urusan beginian mas, bisanya bikin kapal sama topi doang hahahaha, eh bisa bikin bintang2, aku bikin banyak trs dimasukin ke toples, bagus hihihi

    ReplyDelete
  8. ini origami yang aku pelajari selama 3 tahun, dari kelas 4 SD sampai bisa kelas 1 SMP
    lama banget hahahha

    dulu cuma bisa buat perahu dan pesawat
    tapi buat origami burung ini emang menentramkan hati
    sambil ngisi gabut si
    dulu pas masih jadi wali kelas, aku juga gabut buat ini
    kalau udah banyak tak pasang di jendela kelas

    ReplyDelete
  9. Origami membuat orang kreatif dengan bahan yang ada

    ReplyDelete
  10. dulu aku bisa bikin beginian, sekarang kok lupa ya hehe

    ReplyDelete
  11. Aku gak pernah bikin hahaha karena enggak sanggup sama cara pembuatannya yang perlu teliti, telaten, sabar dan yahh begitulah wkwk. Aku sukanya bikin kreativitas kartu ucapan. Aku suka imajinasi atau ide-in berbagai bentuk kartunya dan isi didalamnya, dan pernah dong aku juara 1 lomba kartu ucapan valentine pas kelas SMP hehe.

    Origami burung bisa jadi modal usaha lho, diwarnain pake pilox atau dibuat dengan kertas yang lebih tebal bahannya. Dijual di shopee pasti laku sebagai hiasan tempelan atau sekedar pernak-pernik :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)