Assalamualaikum...

Jika di ibaratkan, sebuah konten itu merupakan jantung ataupun nyawa dari blog. Layaknya sebuah nyawa, segala sesuatu bisa merasakan hidup jika ada nyawanya, makhluk hidup bisa tetap hidup karena organ dalam seperti jantung masih berfungsi secara baik. Jika tidak memiliki nyawa? sudah pasti sesuatu tersebut akan mati, sama halnya dengan sebuah blog. 

Jika sebuah blog tidak memiliki konten sama sekali, blog itu tidak akan ada pembacanya dan jika konten yang di sediakan blog tidak memenuhi harapan pembaca, mungkin saja blog tersebut akan memiliki pengunjung yang sedikit atau semacamnya. Maka dari itu, penting untuk setiap blogger membuat konten atau artikel yang ramah dan baik bagi para pembacanya, konten yang bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas ciri-ciri konten yang dibutuhkan bagi para pembaca, dengan harapan bisa membantu sobat semua dalam membuat konten atau artikel di blog sobat masing-masing. 


Ciri-ciri konten yang baik untuk pembaca

Adapun ciri-ciri konten yang baik untuk pembaca adalah sebagai berikut :

1. Menyajikan Fakta

Maraknya berita-berita hoax yang beredar di internet belakangan ini sangat meresahkan bagi para pencari informasi di internet. Sobat pernah ngalamin nggak saat mencari sebuah berita atau informasi terhadap sesuatu itu di blog ataupun di web, ada ketidak cocokan antara blog yang satu dengan yang lain? padahal topik yang mereka bahas itu sama tetapi informasi yang di jelaskan itu berbeda.

Kalo sobat nemuin blog seperti itu, sudah bisa dipastikan salah satunya itu ditulis tidak berdasarkan fakta, melainkan hanya sebuah opini dari sang penulis. Nggak ada salahnya jika kita mengeluarkan pendapat atau opini terlebih itu di blog kita sendiri. Tetapi, opini kita tersebut jangan sampai menutupi fakta dari sebuah informasi yang ingin kita sampaikan, supaya pembaca tidak keliru dan tidak merasa di rugikan.

Maka dari itu, penting bagi para blogger untuk membuat artikel atau konten blog yang berdasarkan fakta. Terutama jika kita membuat konten berita. Untuk mendukung hal tersebut, sobat bisa menambahkan beberapa data, seperti gambar atau yang lainnya.

2. Bahasanya Komunikatif

Tidak lain dan tidak bukan sebuah artikel blog dibuat oleh blogger ditujukan kepada pembaca agar mereka membaca artikel tersebut. Dalam pembuatan artikel, kita sebagai blogger harus menggunakan bahasa yang komunikatif. Bahasa yang komunikatif adalah bahasa yang simple dan mudah di mengerti, agar apa yang kita tuliskan di artikel dapat tersampaikan sepenuhnya kepada para pembaca.

Perlukah menggunakan kalimat baku? kembali lagi ke isi dari artikel. Contoh, jika artikel yang ingin sobat buat itu berkenaan dengan trend masa kini, mulai dari fashion dan semacamnya, menurut saya nggak terlalu cocok jika menggunakan kalimat yang baku, karena akan menimbulkan kesan yang kaku untuk artikel tersebut. Gunakan kalimat yang tidak terlalu baku, tapi jangan terlalu gaul agar pembaca tetap nyaman membacanya.

Jika artikel yang sobat buat itu mengenai riset terhadap sesuatu ataupun membahas berbagai macam hal yang sifatnya ilmiah, tentu akan lebih baik menggunakan bahasa yang baku. Karena pemilihan bahasa dan kalimat itu salah satunya ditentukan dari target pembaca artikel atau blog tersebut.

Jangan menggunakan kata-kata singkatan, seperti "yg, dr, km, drmn" dan masih banyak lagi. Menggunakan kata-kata seperti itu akan menggangu kenyamanan pembaca, jadi hindari kata yang di singkat karena menulis artikel tidak seperti menulis sms.

Baca juga : 5 Tips Ampuh Mendapatkan Ide Ngeblog

3. Tidak Copy Paste

Kehabisan ide konten adalah hal yang lumrah dialami oleh blogger. Sehebat apapun blogger tersebut, pasti akan ada masa dimana dia kehabisan ide untuk membuat suatu konten.

Meskipun begitu, seorang blogger sangat tidak diperbolehkan untuk melakukan copy paste terhadap artikel dari blog lain. Memang, copy paste mudah untuk dilakukan, dengan melakukan hal tersebut kita tidak perlu susah payah mencari ide konten, tinggal membaca artikel blog lain terus kita salin dan tempel di blog kita, tapi akan ada banyak kerugian yang akan kita alami jika kita melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah blog kita akan di banned oleh pihak google.

Seseorang yang mencari informasi melalui internet, tidak hanya membaca dari satu blog atau web saja, bisa saja mereka membandingkan informasi yang di dapat melalui beberapa blog. Jika di saat pembaca melakukan hal tersebut dan ia mendapati konten blog kita sama persis dengan blog lain, reputasi antara blog kita dan blog satunya akan jelek di mata pembaca dan itu juga yang menimbulkan ketidak nyamanan bagi si pembaca.

4. Tidak Bertele-tele

Tidak semua yang membaca blog kita sedang dalam keadaan santai, bisa saja mereka dalam keadaan yang terdesak dan harus cepat mendapatkan informasi. Contohnya saat saya sedang mengerjakan tugas kuliah, saya melakukan browsing di internet untuk mendapatkan jawaban dari tugas tersebut, saat itu saya sangat membutuhkan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Jadi, artikel yang baik haruslah membawa pembacanya langsung kepada intinya, tidak terlalu bertele-tele.

Basa basi dalam membuat artikel itu memang dibutuhkan, contohnya dengan sekedar menyapa para pembaca. Namun, jika basa basi yang kita lakukan terlalu panjang dan bertele-tele justru akan membuat pembaca menjadi risih, terlebih mereka yang membutuhkan informasi secara cepat. Dengan begitu, pembaca akan segera menekan tombol back dan mencari informasi di blog lainnya, kita akan kehilangan calon pembaca.

Penutup


Dengan membuat konten yang baik tidak hanya dapat meningkatkan trafik blog kita, melainkan juga dapat membuat reputasi blog kita menjadi lebih baik bagi para pembaca.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk selalu meninggalkan komentar berupa kritik, saran, dan jika ada pertanyaan sobat bisa ajukan pertanyaan di kolom komentar. Jika ada yang ingin menambahkan juga bisa sobat tambahkan di kolom komentar.

Mohon maaf apabila ada salah kata dan kekurangan dari artikel saya kali ini dan terima kasih buat yang sudah membaca.

Wassalamualaikum...

3 Comments

  1. Saya juga berharap kontent di blog saya yang apa adanya bisa memberi manfaat buat yang membaca,,,biarpun sedikit,,��

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)