Assalamualaikum...

Pernahkah sobat melihat sebuah artikel blog yang mana di dalam artikel itu terdapat sebuah daftar isi?. Jika belum, silahkan sobat lihat artikel ini. Itu merupakan artikel dari blog sugeng.id.



Artikel tersebut membahas tentang tutorial blogger blogspot di dalamnya dan kita bisa melihat di awal artikel terdapat sebuah daftar isi yang jika di klik akan mengarahkan kita kepada poin atau judul pembahasan yang kita klik tersebut.

Setelah melihat contoh daftar isi di dalam postingan blog diatas apakah sobat tertarik untuk membuatnya? Jika iya, silahkan simak artikel ini. Sebelum ke tahap pembuatan daftar isi di dalam postingan blog, saya akan menjelaskan secara singkat mengenai daftar isi postingan blog.

Apa itu daftar isi postingan?


Daftar isi postingan adalah beberapa buah link yang pada umumnya diletakkan di awal postingan atau artikel pada sebuah blog. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, link yang terdapat di daftar isi postingan tersebut jika di klik akan mengarahkan pembaca ke poin pembahasan yang ia klik tadi.

Apa kegunaan daftar isi postingan? kegunaannya adalah tentu dapat memudahkan pembaca untuk langsung menuju kepada poin pembahasan yang sedang ia cari. Karena kebanyakan orang melakukan pencarian di mesin pencari adalah untuk mendapatkan informasi yang memang sedang benar-benar ia cari, tanpa harus membaca artikel dari awal sampai akhir, terlebih jika artikel tersebut lebih dari 1000 kata.

Tidak semua orang memiliki waktu yang luang untuk membaca artikel dari awal sampai akhir. Dengan adanya daftar isi postingan tersebut diharapkan dapat membantu pembaca untuk langsung menemui poin pembahasan yang sedang ia cari.

Selain itu, dengan adanya daftar isi di dalam sebuah postingan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Karena dengan membuat daftar isi postingan, pembaca akan segera mengetahui tentang apa-apa saja yang di bahas di dalam sebuah artikel.

Oke, jika sobat sudah memahami tentang apa itu daftar isi postingan, mari kita lanjut ke cara membuat daftar isi postingan tersebut.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mem-publish Artikel

Cara membuat daftar isi postingan


Bagi sobat blogger mungkin sudah terbiasa dengan membuat link hidup di dalam sebuah artikel sobat masing-masing. Nah, apakah bedanya daftar isi postingan dengan link yang biasa sobat buat? bedanya adalah kalau link yang sering sobat buat itu jika di klik akan membawa pembaca ke sebuah halaman yang berbeda, sedangkan link daftar isi postingan yang akan kita buat ini, jika di klik akan tetap berada pada halaman yang sama.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimanakah cara membuatnya? karena pada dasarnya memang kita tidak menggunakan menu "Link" yang telah disediakan oleh blogger. Caranya adalah dengan menambahkan ID pada setiap judul pembahasan yang ingin sobat tampilkan di daftar isi postingan.

Baca juga : Cara Membuat Artikel Blog Anda Tidak Dapat di Copy


  1. Siapkan sebuah artikel yang telah selesai dibuat, lalu masuk ke mode "HTML". 
    Contoh postingan saya dalam mode compose
    Pindah mode HTML
    Contoh postingan saya dalam mode HTML
  2. Pada tag pembungkus judul pembahasan, silahkan tambahkan atribut "id="judul1". Untuk penamaan id nya itu bebas, namun di sini saya menamakannya dengan judul1, oh ya disetiap judul pembahasan nama id itu tidak boleh sama, haruslah unik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
    Menambahkan nama id di setiap judul pembahasan
  3. Jika judul pembahasan sudah diberi atribut id semuanya, yang harus dilakukan sekarang adalah membuat list daftar isinya yang tentu saja berisikan link judul pembahasan yang sudah diberi atribut id tadi. Usahakan lembar kerja postingan blog sobat masih dalam mode "HTML" dan jangan di ubah ke mode "Compose". Gunakan skrip seperti gambar dibawah ini.
    Skrip untuk membuat daftar isi
  4. Jika sudah, silahkan sobat publikasikan artikel sobat, kemudian lihat artikel sobat. Jika berhasil, link yang ada di daftar isi postingan jika di klik akan membawa kita ke judul atau poin pembahasan tertentu, dan tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
    Contoh daftar isi postingan blog yang telah dibuat
Catatan : Ketika HTML daftar isi telah dibuat seperti langkah-langkah diatas (melalui mode HTML). Jika sobat beralih ke mode Compose, sistem blogger secara otomatis akan menambahkan path URL dengan URL dashboard blog sobat. Karenanya, link daftar isi tersebut tidak akan bekerja. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap berada pada mode HTML selama membuat list daftar isi postingan sobat.

Bagaimana sob? mudah bukan membuatnya?. Daftar isi postingan blog sangat dianjurkan untuk dibuat pada artikel yang memiliki jumlah kata lebih dari 1000 dan tentunya artikel yang memiliki judul atau poin pembahasan yang lebih dari satu. Dengan adanya daftar isi di dalam postingan itu akan mempermudah pembaca dalam menjelajahi artikel sobat tanpa harus men-scroll ke bawah terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Menampilkan Widget Blog Versi Mobile

Jika sobat memiliki pertanyaan terkait pembuatan daftar isi di dalam postingan, sobat bisa bertanya melalui kolom komentar atau juga menggunakan form kontak yang telah tersedia. Atau sobat bisa kunjungi blog ini untuk penjelasan yang lebih detil. Karena memang dalam pembuatan daftar isi di dalam postingan ini saya belajar dari artikel di blog tersebut.

Oke mungkin segitu saja untuk postingan kali ini. Apabila saya ada salah kata dan kekurangan saya minta maaf. Terimakasih untuk yang sudah baca artikel ini, semoga dapat bermanfaat buat sobat semua.

Wassalamualaikum...

27 Comments

  1. Siap untuk dpraktekkan dapat ilmu baru lagi 😊😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah deh kalau bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. bro, berarti sudah banyak dulu kita buat ceritanya baru bisa dbuat gabungan gitu ya untuk daftar isinya

      Delete
    3. Gabungan gimana maksudnya bang?

      Delete
  2. Wah.. saya juga udah bikin draft tentang materi ini.. hahaha.. tinggal tunggu schedule aja.. asyik ternyata pake Daftar isi ya, walaupun rada tricky kalo ngedit.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, untuk artikel yang memiliki banyak poin dan jumlah katanya lebih dari 1000 sangat dianjurkan untuk membuat daftar isi ini. Sekadar untuk memudahkan pembaca :D. Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Oh, iya..aku pernah lihat/mbaca postingan yang make dftr isi

    Makasih informasinya yaa

    ReplyDelete
  5. Kalau tulisannya panjang, cocoknya bikin daftar isi ya. Biar pembaca mudah membaca poin-poinnya. TFS ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba, untuk memudahkan mereka langsung menemukan apa yang dicari.

      Delete
  6. Wah iya nih aku sampe sekarang kelupaan belum bikin daftar isi.
    Makasih ya artikelnya :D

    Fajarwalker.com

    ReplyDelete
  7. kayaknya pengin coba nih. kalo saya sejauh ini masih cara-cara yang gampangan kalau menyertakan link

    ReplyDelete
  8. Wah ini mirip arsip gs ya mas klo daftar isi, aku klo nguplek html nyerah, ra iso huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau daftar isi yang ada di dalam artikel beda mba, tetapi kalau daftar isi blog mirip. Kalau daftar isi di dalam artikel itu menyangkut poin yang dibahas di artikel jadi kalau di klik linknya langsung ke poin pembahasan yang di inginkan, sedangkan daftar isi blog itu menampilkan judul artikel yang telah ditulis dan hampir mirip sih sama arsip.

      Delete
    2. Sama mbak kalo harus ngatur html saya juga pusing hehehe

      Delete
  9. karena ngga ada contoh Daftar Isi di artikelnya tak kepaksa klik dulu daftar isi blog nya....iyah sukeren pisan sih daftar isine...tak ganti ah daftar isi blog ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mang saya sendiri belum buat, nanti kalau artikelnya cocok untuk dibuatkan daftar isi saya akan buat. Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. Weee.. ada pak Kades Cilemu...

      Untuk daftar isi nya yahuut memang..top markotop...

      Delete
  10. Jadi lebih mudah dicari krn posisina di atas, tapi kendalanya itu utak-utik html yg rumit.

    ReplyDelete
  11. Baca dulu lah ya buat nambah ilmu, praktik ya entar haha. Bagus informasinya!

    ReplyDelete
  12. artikelnya bagus dan sangat membantu, trima kasih.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)