Assalamualaikum...

Seorang bloger pasti di sibukkan dengan kegiatan menulis artikel di setiap harinya. Tetapi, terkadang karena kita terlalu fokus untuk membuat artikel dan memposting artikel, kita sampai lupa bahwa ada hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk mengembangkan blog kita. Yap kita harus menyisihkan sedikit saja dari waktu kita untuk melakukan blogwalking.



Blogwalking merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang bloger dengan cara berkunjung atau berjalan-jalan ke blog milik orang lain dengan beberapa tujuan. Setiap bloger sudah pasti memiliki tujuan masing-masing ketika mereka melakukan blogwalking. Ada yang bertujuan untuk sekedar mencari refrensi untuk tulisannya, mempelajari tulisan bloger lain, sekedar bersilaturahmi, dan ada pula yang melakukan blogwalking dengan harapan blognya dikunjungi balik.

Selama itu termasuk hal positif, apapun tujuannya seorang bloger melakukan blogwalking itu sebenarnya sah-sah saja. Namun, ada hal yang perlu di perhatikan oleh seorang bloger ketika ia hendak melakukan blogwalking. Ada tata cara yang harus di lakukan agar blogwalking sobat dapat berjalan dengan baik.


Cara Melakukan Blogwalking yang Baik dan Benar 


Adapun cara untuk melakukan blogwalking yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Carilah blog dengan topik yang sama


Ketika kita hendak melakukan blogwalking sudah pasti kita mengunjungi sebuah situs tertentu. Perlu di perhatikan, alangkah baiknya kita mencari sebuah blog yang memiliki topik yang sama dengan blog kita. Karena jika kita mencari blog yang memiliki topik yang sama, itu akan memudahkan kita dalam melakukan blogwalking.

Karena topik yang sama, kita akan lebih mudah dalam hal memahami isi konten yang terdapat di dalam blog tersebut. Jika kita sudah paham akan isi kontennya, maka kita akan mudah untuk memberikan saran, kritik, dan sebagainya. Dengan begitu, kegiatan blogwalking dapat terlaksana dengan baik.

2. Bacalah konten sampai tuntas


Ini merupakan point yang penting, namun banyak bloger yang lalai dalam melakukannya. Kebanyakan dari bloger melakukan blogwalking hanya untuk berkomen-komen ria saja, tanpa tau apa yang sedang di bahas di postingan tersebut.

Bacalah terlebih dahulu postingan atau artikel dari blog yang sobat kunjungi. Jika sudah dibaca dan sobat telah memahami isi kontennya, barulah mulai berkomen. Pastikan komen sobat tidak keluar dari topik yang sedang di bahas, boleh agak OOT jika sobat telah membangun pertemanan yang baik oleh bloger yang bersangkutan sebelumnya.

3. Berikan kritik dan saran yang membangun


Sesuatu yang dikerjakan oleh manusia tidaklah berhasil dengan sempurna, ada saja kesalahan atau kekurangan di dalamnya, termasuk dalam kegiatan ngeblog. Seorang bloger juga manusia, pasti saja ada salah dan khilafnya, untuk itulah dibuat sebuah kolom komentar.

Kolom komentar dibuat untuk menampung segala bentuk aspirasi seseorang yang telah membaca sebuah artikel di blog. Hendaklah untuk selalu memberikan kritik dan saran yang membangun ketika kita berkomentar.

Jika sobat sedang melakukan blogwalking, pastikan untuk selalu memberikan kritik dan saran terhadap artikel blog yang telah sobat baca. Kritik dan saran tentunya haruslah yang baik, karena bisa digunakan oleh sang bloger tersebut sebagai bahan acuan untuk membuat artikel lebih baik lagi kedepannya.

Baca juga : 5 Tips Ampuh Mendapatkan Ide Ngeblog

4. Jangan melakukan komentar berlebih


Segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, termasuk dalam memberikan komentar ketika kita blogwalking. Berkomentarlah dalam jumlah yang sewajarnya, karena jika kita berkomentar secara berlebihan maka akan dianggap spam oleh google.

Berkomentarlah setidaknya sepuluh komentar per hari, tentu dengan blog atau situs yang berbeda-beda. Tidak perlu berkomentar banyak dalam sehari, sedikit tetapi kita bisa konsisten setiap harinya itu sudahlah cukup.

5. Sisipkan link blog pribadi


Setiap bloger yang melakukan blogwalking pasti ingin blognya di kunjungi balik, tetapi bagaimanakah caranya agar blog kita di kunjungi balik?. Yap dengan cara mensisipkan link blog kita pada saat berkomentar.

Kolom komentar tidak hanya dapat digunakan sebagai komunikasi antara pengunjung blog dengan admin blog, tetapi kita juga bisa mensisipkan link blog pribadi kita. Gunanya apa? gunanya adalah agar si admin blog yang diberi komentar dapat melakukan kunjungan balik kepada si komentatornya. Dengan begitu akan terciptalah sebuah simbiosis mutualisme hehehe.

Yap itu adalah sedikit cara untuk melakukan blogwalking yang baik dan benar, cara itu pun sering saya lakukan loh sob. Semoga dapat bermanfaat buat sobat semua, khususnya yang sedang mencoba melakukan blogwalking.

Mohon maaf apabila ada salah kata dari saya dan terima kasih buat yang sudah baca artikel saya kali ini.

Wassalamualaikum...

3 Comments

  1. Kadang malah saya bercandain gan kalo komentar di blog orang wkwk

    ReplyDelete
  2. Mantap artikelnya sob, mudah2an bisa saya terapkan biar jadi blogger,😁

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)