Assalamualaikum...

Halo sobat pembaca semuanya. Apa kabar kalian hari ini? baik-baik aja kan? semoga kalian dalam keadaan sebaik-baiknya ya sob dan saya doakan juga apabila ada yang lagi sakit di hari ini, semoga cepat diangkat penyakitnya aaammiiinnn.

Oke, pada kesempatan kali ini saya mas Ilham selaku penulis My Blog My Daily akan memberikan informasi kepada sobat semua mengenai dua jenis blog yaitu blog niche dan gado-gado. Pasti sobat penasaran kan? langsung aja deh mari simak.


Menurut Wikipedia blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan(yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Nah menurut postingan atau sebuah artikel yang terdapat di dalam blog, blog bisa di klasifikasikan menjadi dua nih, yaitu blog niche dan blog gado-gado. Berikut penjelasan dari kedua tipe blog tersebut.

1. Blog Niche
Merupakan sebuah blog yang terfokus pada satu topik dan tidak mencampur adukkan antara topik yang satu dengan yang lainnya. Kita bisa ambil contoh seperti blog otomotif, jika blog tersebut hanya membahas segala macam tentang otomotif, seperti mobil dan motor, berikut tips merawatnya dan segala macamnya maka blog tersebut bisa di sebut dengan blog niche.

2. Blog Gado-gado
Mendengar kata "gado-gado" apa yang terlintas di benak sobat?. Pasti sobat membayangkan perpaduan antara timun, sayuran lain, kerupuk, tahu, telur, dan lontong. Nah nggak jauh beda dengan gado-gado aslinya, blog gado-gado merupakan sebuah blog yang memiliki topik lebih dari satu, tidak terfokus hanya pada satu topik seperti blog niche tadi. Contohnya seperti My Blog My Daily, termasuk blog gado-gado karena di dalamnya berisi review buku, film, pengalaman pribadi, dan sebagainya. Artinya campur aduk gitu hehehe. 

Sekarang sobat udah tau kan arti blog niche dan blog gado-gado, berikutnya saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing blog tersebut.

Kelebihan Blog Niche
  1. Memiliki pengunjung setia, jika kita memiliki atau membuat sebuah blog niche yang hanya terfokus pada satu topik saja maka kita akan memiliki pengunjung setia. Kenapa bisa begitu? karena biasanya seorang pembaca yang sedang membaca artikel di blog dan kemudian ia menemukan artikel lain yang masih berhubungan, pasti ia akan mengklik artikel lain tersebut. Terlebih lagi blog niche memiliki artikel yang saling berkaitan satu sama lain, ini akan sangat memudahkan pembaca.
  2. Page view lebih banyak, masih berkaitan dengan yang petama. Pada dasarnya jika pembaca ingin tahu sesuatu maka ia akan mencari tau lebih dalam lagi. Nah, inilah keuntungan dari blog niche seperti yang saya bilang karena semua topik artikelnya saling berkaitan. Saran saya sih, jika sobat membuat artikel yang berkaitan dengan artikel lainnya, sobat buat seperti related post atau di sela-sela artikel sobat sisipkan link artikel lainnya yang berkaitan tersebut. maka dengan begitu pembaca mudah menemukan artikel lainnya dan page view sobat dapat meingkat.
  3. Konten lebih detail, kebanyakan orang yang membangun sebuah blog niche adalah mereka yang menyukai hal tersebut, contohnya blog niche tentang olahraga dibuat oleh seorang trainer fitness atau semacamnya. Maka otomatis setiap artikel yang ia terbitkan memiliki konten yang dapat di percaya dan juga pembahasannya lebih mendetail.
Kekurangan Blog Niche
  1. Kehabisan ide, ini merupakan masalah yang sering di hadapi oleh para blogger. Termasuk para blogger yang membangun blog niche, karena topiknya hanya satu pasti sering menghadapi yang namanya kehabisan ide beda dengan blog gado-gado yang bisa mengambil topik apa saja. Namun, jika blogger tersebut sangat ahli dalam bidang yang ia jadikan topik, kehabisan ide bukanlah sebuah hambatan yang berarti baginya.
  2. Persaingan ketat, memiliki blog niche artinya peluang besar untuk artikel kita muncul di halaman pertama pencarian google, tapi tidaklah semudah itu. Mengingat bukan hanya kita yang memiliki blog dengan topik tersebut, persaingan untuk mencapai halaman pertama di pencarian google akan terasa sangat berat. Kecuali jika konten kita sangat menarik dan terpercaya.
Mari kita beralih ke blog gado-gado.

Kelebihan Blog Gado-gado
  1. Banyak ide, tentu saja jika kita membangun sebuah blog gado-gado maka akan banyak sekali ide-ide yang muncul untuk membuat artikel. Bahkan opini pribadi secara spontan tentang suatu hal pun bisa dijadikan topik, tapi tentu tetap harus di pertanggung jawabkan dan nggak asal ceplos.
  2. Update bisa rutin, karena bisa memperoleh ide-ide yang banyak tentu akan berimbas dengan update yang bisa lebih sering dan rutin. Seorang blogger yang memiliki blog gado-gado dapat membuat belasan artikel tiap harinya, contohnya seperti blogger bernama Linda Ikeji.
  3. Pembaca lebih banyak, banyaknya topik yang kita bahas tentu bisa lebih banyak lagi dalam mengundang pembaca yang datang. 
Kekurangan Blog Gado-gado
  1. Jarang ada pembaca setia, karena topik yang beragam dan tidak terfokus pada satu topik seperti blog niche. Biasanya blog gado-gado jarang memiliki pembaca setia, karena merasa tidak ada artikel lain yang berkaitan maka pembaca datang dan pergi silih berganti memasuki hati ini uuppss hehehe.
  2. kecil peluang muncul di halaman pertama, memiliki topik yang campur aduk membuat blog gado-gado jarang tampil di halaman pertama pencarian google. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa muncul di halaman pertama, untuk itu kita harus memperbaiki konten yang ada.
Menurut saya sih untuk kalian yang mencoba membuat sebuah blog atau bisa dibilang dengan blogger pemula, ada baiknya untuk membuat sebuah blog gado-gado terlebih dahulu dengan begitu kita akan tau topik yang kita bahas lebih condong kemana. Setelah itu kita bisa membuat blog niche, tentu jika kita telah ahli dalam satu topik atau memiliki informasi dan ilmu yang banyak dalam topik tersebut.

Apapun jenis blognya, pada dasarnya semuanya itu sama. Sama-sama berjuang untuk menyediakan bacaan yang menarik bagi para pembaca blog. Tetap semangat untuk membuat tulisan berkualitas dan bermanfaat.

Semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat buat sobat semuanya, saya minta maaf jika ada salah-salah kata. Kalo sobat punya pendapat lain tentang jenis blog ini sobat bisa masukan pendapat sobat di kolom komentar. Kalo ada kritik dan saran yang membangun juga bisa di komentar, supaya saya dapat lebih semangat lagi hehehe. Oke terima kasih buat yang udah baca.

Wassalamualaikum...

4 Comments

  1. Kelebihan blog gado gado menurut saya kita updatenya bisa lebih banyak setiap harinya karena idenya juga tidak terbatas.
    Kalo kelebihan blog niche menurut saya pengunjungnya lebih spesifik karena datang di blog yang tepat sesuai dengan yang dia cari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul sekali. Tetapi balik lagi dalam hal konsistensi, meski blog gado-gado bisa menulis apa saja dan idenya tidak terbatas, tetapi jika penulisnya tidak konsisten dalam hal update artikel, mungkin kelebihan itu akan percuma saja.

      Delete
  2. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)