Assalamualaikum...

Seorang bloger sudah pasti kesehariannya di penuhi dengan membaca kemudian menulis sebuah artikel yang bermanfaat bagi para pembacanya. Tetapi, apakah kegiatan ngeblog atau blogging hanya berhenti sampai disitu? apakah hanya sekadar membaca dan menulis artikel saja? ternyata tidak sob, kegiatan ngeblog lebih dari itu dan tentunya lebih kompleks.



Setelah seorang bloger menerbitkan sebuah artikel di blog pribadi mereka, tentu langkah selanjutnya yang mereka fikirkan adalah cara agar artikel yang mereka terbitkan tersebut dapat di baca oleh orang banyak. Berbagai macam cara dilakukan oleh para bloger guna meningkatkan pengunjung hariannya ataupun meningkatkan popularitas blognya. Salah satu kegiatan yang sering di lakukan adalah berkomentar di blog orang lain. 

Yap, saling berkomentar antar bloger merupakan hal yang sudah lumrah terjadi di dunia blog. Saya pun sering berkomentar di blog orang lain, dalam berkomentar pun saya tidak sembarangan. Sebelum berkomentar, tentu kita akan membaca artikel yang di tulis bloger itu terlebih dahulu, terkadang ada artikel yang tidak saya mengerti betul meskipun telah membaca keseluruhan isi dari artikelnya untuk itu saya tidak berani berkomentar, daripada hanya berkomentar "Nice gan" saja, lebih baik tidak.

Berkomentar akan terasa sangat menyenangkan apabila kita benar-benar memahami isi dari artikel yang di tulis bloger tersebut, jika kita senang membacanya bukan tidak mungkin kita memberikan komentar yang positif terhadap tulisannya tersebut. Terlebih lagi jika kita memiliki ilmu lebih kita bisa menambahkan hal yang kurang dari isi artikel tersebut, penulis artikel itu pasti sangat senang apabila ada yang menambahkan, karena dengan begitu ia dapat memiliki ilmu baru lagi. Berkomentar di blog orang lain memiliki banyak sekali manfaat dan berikut ini akan saya jabarkan beberapa manfaatnya.

Baca juga : Tentang Blog Niche dan Blog Gado-gado, Kelebihan dan Kekurangannya

1. Menjalin Pertemanan Antar Bloger


Kolom komentar itu tidak jauh berbeda dari kolom chat media sosial yang sering kita gunakan sehari-harinya. Fungsinya adalah sebagai tempat atau media untuk berinteraksi antara orang yang satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan kolom komentar, kita dapat berinteraksi dengan penulis melalui kolom komentar dan begitu juga sebaliknya, penulis dapat membalas komentar yang telah kita berikan pada postingan artikel yang telah ia buat.

Terkadang komentar yang terdapat di sebuah artikel blog dapat keluar dari topik yang sedang dibahas di artikel, sebenarnya tidak salah selama komentar tersebut masih menggunakan bahasa yang sopan. Justru banyak penulis yang menanggapi komentar out of topic tersebut, karena memang sangat menyenangkan ketika membalas komentar yang masuk di artikel blog yang telah kita buat. Bahkan komentar seperti itulah yang sering memancing kesenangan dari kedua belah pihak, sehingga memungkinkan mereka untuk menjalin pertemanan lebih dekat lagi. Intinya, berkomentar diblog orang lain dapat menjalin sebuah pertemanan.

Baca juga : Cara Melakukan Blogwalking yang Baik dan Benar

2. Meningkatkan Trafik Blog


Mungkin ada sebagian dari sobat yang bertanya "Memang berkomentar bisa meningkatkan trafik blog?", "Apa hubungannya berkomentar dengan trafik blog?", jangan salah sob, dengan berkomentar di blog orang lain itu bisa mendatangkan trafik tersendiri untuk blog kita. Tentu jika komentar kita itu relevan dengan topik yang sedang dibahas di artikel tersebut dan bukan komentar singkat yang akan di deteksi sebagai spam.

Dengan berkomentar di blog orang lain kita bisa mendatangkan pengunjung untuk blog kita sendiri secara tidak langsung. Seperti yang kita ketahui, sebelum berkomentar kita harus menentukan akun yang akan kita gunakan dan juga menyertakan url, nah di kolom tersebutlah kita mensisipkan url blog kita. Sebagai seorang penulis yang selalu memantau komentar yang ia terima di blognya, bukan tidak mungkin ia mengklik nama dari si komentator blognya dengan harapan akan ada link yang mengarahkannya ke blog si komentator tersebut, nah jika kita sudah mensisipkan url blog kita maka penulis akan pergi ke blog kita dan trafik blog kita akan bertambah. Bayangkan jika yang melakukan hal tersebut bukan si penulis saja, tetapi orang lain juga melakukannya dengan asumsi bahwa ia menyukai komentar kita, untuk itu berusahalah untuk memberikan komentar yang baik terhadap blog orang lain.

Baca juga : 4 Ciri Konten Blog yang Baik Untuk Pembaca

3. Mengajukan Pertanyaan dan Mendapat Ilmu Baru


Selain untuk memberikan kritik dan saran yang membangun terhadap suatu artikel di dalam blog, kolom komentar juga sering di gunakan sebagai wadah atau media tanya jawab antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, jika sobat merasa kurang jelas atau kurang paham terhadap sebuah artikel di blog, alangkah baiknya sobat mengajukan pertanyaan dengan cara berkomentar. Tentu dengan senang hati si penulis artikel akan menjawab pertanyaan sobat, dengan catatan pertanyaan sobat tersebut masih berkaitan terhadap topik atau niche dari blog tersebut, bahkan biasanya beberapa orang lain yang paham juga akan ikut membantu menjawab pertanyaan loh. Dengan begitu sobat akan mendapatkan ilmu baru yang tentunya sangat bermanfaat buat sobat.

4. Mendapatkan Ide Baru


Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa berkomentar harus di dahului dengan membaca artikel yang ada. Hal tersebut sudah pasti dan harus di lakukan jika sobat ingin memberikan komentar yang baik, tentunya komentar yang baik akan berdampak baik juga terhadap diri kita sendiri.

Lalu, apa hubungannya berkomentar dengan mendapatkan ide baru? tentu ini saling berkaitan sob. Yap, sebelum berkomentar kita harus membaca terlebih dahulu artikelnya, karena membaca artikel tersebutlah akan lahir ide-ide baru secara seketika di dalam otak kita. Seperti sekarang, saya bisa menulis artikel ini karena sebelumnya saya telah membaca sebuah artikel yang membahas hal yang sama.

Nah, buat sobat yang lagi kehabisan ide untuk menulis, silahkan cari refrensi dan mulai membaca, kemudian jangan lupa untuk selalu memberikan komentar yang positif di setiap artikel yang sobat baca.

Baca juga : 5 Tips Ampuh Mendapatkan Ide Ngeblog

5. Menghargai Orang Lain


Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sebagai manusia selalu merasa ingin di hargai, termasuk dalam hal karya yang telah kita buat. Setelah membuat suatu karya dan kita telah menampilkan karya tersebut di depan khalayak ramai, kita pasti ingin karya kita di hargai oleh orang-orang. Nyaris semua orang pasti memiliki keinginan seperti itu, termasuk dalam pembuatan sebuah artikel, penulis pasti berharap agar apa yang telah ia tulis di blognya dapat bermanfaat dan mendapatkan respon positif dari para pembacanya, dan itu bisa berbentuk sebuah komentar.

Dengan berkomentar yang baik dan menggunakan kalimat yang sopan terhadap artikel yang telah kita baca, tentu secara otomatis kita telah memberikan penghargaan atau apresiasi terhadap penulis artikel tersebut. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberi komentar positif terhadap artikel orang lain.


Penutup


Berkomentar memanglah kegiatan yang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap bloger. Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa berkomentar di blog orang lain memiliki banyak sekali manfaat, tentu jika kita berkomentar dengan cara yang baik maka kita akan merasakan manfaat pentingnya tersebut. Jadi, tunggu apalagi? marilah kita berkomentar dan jangan lupa untuk membaca artikelnya terlebih dahulu. Jika ada yang ingin menambahkan dari poin diatas atau ada yang memiliki pengalaman pribadi seputar berkomentar di blog orang lain, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah. Terima kasih, semoga hari sobat menyenangkan.

Wassalamualaikum...

4 Comments

Silahkan Berkomentar :)