Assalamualaikum...

Kita semua sepakat bahwa matahari merupakan pusat dari tata surya kita ini. Segala kehidupan di bumi sangat bergantung kepada matahari, terutama kehidupan dan peradaban manusia. Karena matahari tumbuhan bisa melakukan fotosintesis, manusia bisa merasakan waktu siang dan malam, dan bahkan karena matahari kita bisa menjemur ikan asin, yang kalau dimakan dengan sayur asem itu..aduh nikmat sekali.



Kemudian, pernahkah terbayang oleh kita apa yang akan terjadi bila matahari kesayangan kita itu tiba-tiba menghilang?. Para peneliti mengungkapkan, bahwa jika matahari tiba-tiba menghilang dari sistem tata surya ini akan banyak hal yang berdampak besar kepada kehidupan di bumi dan keseimbangan planet lainnya yang akan terjadi. Seperti apakah itu? berikut adalah hal yang akan terjadi jika matahari tiba-tiba menghilang :

1. Planet Keluar dari Orbitnya

www.mydaily241.blogspot.com


Matahari memiliki massa yang jumlahnya 333.000 kali dari massa bumi kita ini, dengan massa raksasa tersebutlah matahari memiliki kekuatan gravitasi yang sangat kuat yang dapat membuat setiap planet tetap pada orbit yang berbentuk elips dan mengelilingi matahari. Jika matahari tiba-tiba hilang, praktis akan membuat setiap planet akan keluar dari orbitnya. Pada dasarnya setiap planet itu bergerak lurus dan mungkin akan saling bertabrakan jika mereka keluar dari orbit, termasuk bumi kita ini.

2. Kegelapan Total di Bumi

www.mydaily241.blogspot.com


Seperti yang kita ketahui bahwa objek yang selama ini menyinari bumi dan memberikan cahaya pada bumi kita ini adalah matahari, bahkan cahaya bulan dihasilkan dari pantulan sinar matahari. Jadi, jika matahari tiba-tiba saja menghilang dari alam semesta ini, kegelapan total akan melanda bumi ini. Mungkin saja, satu-satunya cahaya yang masih tersisa itu berasal dari lampu-lampu di jalan atau di rumah kita, dan itu pun tidak akan bisa menerangi seluruh kegelapan yang terjadi di bumi ini. 

3. Suhu Bumi Akan Turun Drastis

www.mydaily241.blogspot.com


Terkadang kita mengeluhkan panas yang kita rasakan jika berada di jalan pada siang hari. Tapi tahukah kita, akan ada bencana yang lebih serius jika matahari tiba-tiba menghilang?. Ya, mataharilah yang memberikan kehangatan bagi bumi kita ini dan jika matahari tidak ada otomatis suhu permukaan bumi akan turun drastis. Pada minggu pertama diperkirakan suhu permukaan bumi akan turun mulai dari 0 hingga -17 derajat celcius, dalam setahun bisa mencapai -73 hingga 100 derajat celcius. Akibatnya, seluruh perairan di bumi akan membeku dan seluruh daratan akan ditutupi salju.

4. Bulan Tidak Terlihat Lagi

www.mydaily241.blogspot.com


Seperti yang telah saya sebutkan, bulan merupakan sebuah objek yang dapat memantulkan sinar matahari, sehingga membuat dirinya bercahaya. Karena kegelapan total dan sinar matahari yang lenyap secara tiba-tiba, maka kita tidak akan bisa melihat bulan lagi. Jangankan untuk melihat bulan, mungkin saja untuk melihat jalanan disekitar saja kita tidak bisa.

5. Peluang Bertahan Hidup yang Sedikit

www.mydaily241.blogspot.com


Manusia membutuhkan bahan makanan untuk dimakan, salah satunya adalah daging. Daging berasal dari hewan dan hewan herbivora membutuhkan tumbuhan sebagai makanannya. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, tanpa adanya sinar matahari tumbuhan akan layu kemudian mati. Dengan begitu, rantai makanan akan menjadi kacau dan peluang untuk hidup sangatlah sedikit. Belum lagi suhu yang sangat dingin membuat beberapa makhluk di bumi tidak dapat beradaptasi dan mungkin saja akan membuat mereka...mati.

Setelah membaca artikel ini kita menyadari satu hal, bahwa matahari memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Mari berhenti mengeluh dan mulai untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita terima dari Allah SWT. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat pembaca semua, mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Wassalamualaikum... 

0 Comments