Assalamualaikum...

Buah manggis merupakan buah yang berbentuk bulat yang memiliki warna ungu dibagian kulitnya dan ukurannya sendiri itu hampir sama dengan buah jeruk. Kulit luarnya agak sedikit keras sob, jadi buat sobat yang ingin memakannya membutuhkan tenaga lebih untuk membuka kulit buah manggis itu.

Daging atau isi buah manggis itu sendiri memiliki tekstur yang agak lunak dan berwarna putih. Bentuk daging buahnya itu terbagi-bagi seperti buah jeruk, jadi memudahkan kita untuk memakannya.

Rasa dari buah manggis itu sendiri sangat lezat sob, saya tidak bohong soal ini. Rasanya itu manis dan agak asam sedikit, tetapi jujur saja selama makan buah, rasa buah manggis ini memang juara sih menurut saya. 

Selain rasanya yang manis dan lezat ternyata buah manggis memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita loh sob. Berikut ini saya sudah merangkum beberapa manfaat yang akan kita dapat jika kita memakan buah manggis.



1. Penghambat Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang di dunia ini. Tetapi dengan rutin memakan buah yang dijuluki sebagai ratu buah ini, sobat dapat menghambat pertumbuhan kanker loh sob.

Baca juga : Inilah 8 Manfaat Penting Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh.

Di dalam buah manggis itu sendiri terdapat kandungan zat xanthones yang dipercaya dapat mencegah kanker. Selain itu, kulit buah manggis itu sendiri bersifat apoptosis atau penghancur sel kanker, maka dari itu setelah sobat memakan buah manggis jangan terburu-buru untuk langsung membuang kulitnya. Jika tidak ingin repot, sobat juga bisa membeli obat ekstrak kulit manggis yang ada di pasaran untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan merupakan zat yang dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh manusia. Buah manggis sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki zat antioksidan yang tinggi sob.

Mengonsumsi buah manggis secara rutin tentu saja dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan membuat tubuh kita tercegah dari berbagai penyakit.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mengutip dari Wikipedia, alzheimer adalah penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua dan dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak. 

Penyakit ini kemungkinan besar disertai dengan gejala-gejala lainnya seperti kebingungan dan merasa sulit dalam mengingat suatu hal. Buah manggis terkenal efektif dalam mencegah penyakit alzheimer ini loh sob. 

Rutin mengonsumsi buah manggis merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan supaya terhindar dari penyakit alzheimer. Masih ragu untuk memakan si ratu buah?.

Baca juga : Inilah Penyebab Ngorok dan Cara Mengatasinya.

4. Dapat Mencegah Asam Urat

Tubuh kita telah di rancang sedemikian rupa oleh sang pencipta, bahkan bisa dibilang komputer terhebat di dunia adalah sistem yang ada di tubuh kita termasuk sistem pencernaan.

Asam urat akan dihasilkan oleh tubuh kita untuk mengurai suatu zat yang bernama purin. Purin ini merupakan zat yang secara alami dihasilkan oleh tubuh kita sendiri, tetapi juga terkandung dalam beberapa jenis makanan.

Seseorang bisa mengidap penyakit asam urat karena tubuh mereka menghasilkan asam urat yang terlalu banyak atau bisa dibilang juga tubuh kesulitan dalam membuang kelebihan asam urat. Biasanya asam urat itu sendiri dibuang melalui urine dan sebagian lainnya dibuang melalui feses.

Asam urat yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh kita itu akan mengkristal di sendi dan itulah yang menyebabkan nyeri pada sendi. Tetapi hal itu bisa dicegah dengan kita rutin mengonsumsi buah manggis.

Di dalam buah manggis terdapat berbagai macam nutrisi yang mampu membantu mencegah asam urat. Meski begitu, kita juga perlu mengatur pola makan yang baik dan mengenali berbagai jenis makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi, agar tidak terkena penyakit asam urat.

5. Mampu Mengatasi Alergi 

Memiliki alergi seperti gatal-gatal pada tubuh merupakan hal yang menjengkelkan dan semua orang tentu tidak ingin merasakannya. Tetapi buat sobat yang memiliki alergi seperti itu, solusinya adalah dengan mengonsumsi buah manggis.

Bagaimana buah manggis mampu mengatasi alergi? Sebelum itu mari kita mengenal zat kimia yang bernama histamin.

Baca juga : Inilah yang Akan Terjadi Jika Kita Kurang Minum Air.

Histamin merupakan zat kimia yang akan diproduksi oleh sel-sel yang ada di dalam tubuh kita ketika tubuh kita mengalami alergi. Layaknya asam urat, jika histamin di produksi secara berlebihan tentu akan menyebabkan masalah terhadap tubuh kita.

Dengan mengonsumsi ekstrak buah manggis dapat menghambat pelepasan histamin atau zat penyebab tubuh gatal saat alergi.

6. Mencegah Penuaan Dini

Sobat mungkin pernah mendengar istilah awet muda atau seseorang yang sebenarnya sudah berumur namun masih terlihat muda dan segar. Ada juga orang yang sebenarnya ia masih muda, tetapi di wajahnya sudah tampak beberapa kerutan-kerutan, nah itulah yang dinamakan dengan penuaan dini.

Bagi setiap orang khususnya seorang perempuan tentunya tidak ingin mengalami penuaan dini bukan?. Karena hal tersebut tentu akan mengurangi penampilan mereka. Penuaan dini biasanya disebabkan oleh gaya hidup seseorang, bisa juga karena faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi udara, dan sebagainya.

Pada poin kedua saya sudah membahas bahwa buah manggis memiliki antioksidan yang tinggi dan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis juga mampu mencegah penuaan dini loh sob. Sehingga kulit sobat akan tampak lebih kencang meski usia bertambah, maka dari itu sobat harus rutin mengonsumsi buah manggis.

7. Mampu Mengobati Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat penderitanya menjadi sering buang air besar. Hal itu dapat membuat seseorang kehilangan banyak cairan dan juga dapat menyebabkan kematian.

Buah manggis dan kulit buah manggis terbukti efektif membantu menyembuhkan diare. Namun, buat sobat yang sedang mengalami diare saya sarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu terkait masalah penyakit diare sobat


Tidak hanya buah manggis, buah yang lain juga tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Sang pencipta telah menciptakan segala sesuatu yang kita butuhkan di dunia ini, alangkah baiknya kita gunakan dengan sewajarnya dan selalu bersyukur terhadap apa yang telah kita miliki di dunia ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat semua dan menambah pengetahuan sobat tentang manfaat dari buah manggis. Akhir kata, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan, terimakasih karena telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Wassalamualaikum...

5 Comments

  1. Ternyata buah manggis banyak manfaatnya ya mas,.dulu sempat viral kulit buah manggis dan saking viralnya samoai masuk iklan tv,...tapi entah kenapa menanam bibit manggis ini susah mas ya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu ada yang namanya mastin sama garcia hehehehe

      Delete
  2. Ditempat saya ini manggis cuma hidup 1 pohon dari 3 desa betapa susah nya merawat pohon manggis
    Manfaat nya juga banyak ya saya hanya tahu anti oksidan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang buah manggis antioksidannya tinggi, bagus untuk menjaga sistim imun tubuh.

      Wahhh langka bener ya bang, kudu belajar cara budidaya pohon manggis tuh.

      Delete
  3. Buah manggis punya rasa yg unik, manis dan asam serta bentuknya yg cantik sehingga dijuluki The Queen of Tropical Fruit. Selain itu mengkonsumsi buah ini juga memberi manfaat banyak bagi kesehatan

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)