Assalamualaikum...

Buah mangga adalah salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan bisa di bilang masyarakat Indonesia sangat akrab dengan buah yang satu ini.



Kita bisa dengan mudah menjumpai buah mangga, bahkan di pinggir jalan sekalipun banyak para pedagang buah yang menjual buah yang satu ini. Saking populernya buah mangga, berbagai jenis olahan buah mangga telah banyak dibuat mulai dari jus mangga, puding mangga, rujak mangga, bahkan ada sambal yang juga terbuat dari buah mangga.

Kebanyakan orang pasti akan setuju jika saya berkata bahwa buah mangga memiliki rasa yang enak, karena memang begitulah faktanya. Namun, selain rasanya yang enak buah mangga juga mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk diserap tubuh kita sob.

Baca juga : 6 Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting untuk Anda Ketahui

Karena banyaknya vitamin yang terdapat di dalam buah mangga, tentu saja itu mendatangkan beberapa manfaat kepada orang yang memakannya. Berikut adalah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh kita, silahkan disimak.

1. Menurunkan kadar kolesterol


Kita pasti tahu bahwa selain jeruk, mangga juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Selain itu, mangga juga termasuk buah yang memiliki serat yang tinggi. Hampir semua orang pasti mengetahui hal ini.

Kadar vitamin c dan juga serat yang tinggi di buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh kita sob. Untuk itu sangat dianjurkan bagi kita memakan buah mangga secara rutin.

Baca juga : 5 Manfaat Luar Biasa Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

2. Dapat menyehatkan mata


Setiap orang pasti tahu bahwa wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki peran penting dalam menyehatkan mata. Wortel tentunya memiliki beberapa vitamin di dalamnya yang dapat menjauhkan mata kita dari berbagai macam penyakit. Tetapi tahukah kita bahwa mangga juga memiliki manfaat yang sama seperti wortel?.

Yap, ternyata buah mangga juga memiliki manfaat yang sama seperti wortel, yaitu dapat menyehatkan mata. Vitamin A yang terkandung di dalam buah mangga juga dapat membantu menjauhkan mata kita dari penyakit mata seperti rabun jauh dan juga iritasi mata yang mungkin sering kita alami.

Oleh karena memiliki manfaat yang sama, bagi sobat yang tidak suka terhadap wortel silahkan beralihlah mengkonsumsi buah mangga agar tetap mendapat manfaat yang sama seperti mengkonsumsi wortel.

Baca juga : 5 Manfaat Berenang yang Harus Anda Ketahui

3. Membantu mengatasi jerawat


Bisa di bilang jerawat adalah masalah yang paling sering di hadapi oleh para remaja, baik itu lelaki ataupun perempuan. Tetapi biasanya jerawat menjadi momok yang menakutkan bagi para remaja perempuan, karena menurut mereka dengan adanya jerawat kecantikan wajah mereka akan menurun.

Tetapi tenang saja, ada bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah kita sob, yaitu mangga.

Caranya adalah dengan menggunakan buah mangga yang masih mentah. Buah mangga tersebut silahkan sobat potong-potong, kemudian sobat rebus. Jika sudah, gunakanlah sisa air rebusan buah mangga tersebut untuk membasuh wajah sobat. Hal tersebut dapat membantu mengatasi jerawat.

Selain dapat mengatasi jerawat, buah mangga juga dapat kita manfaatkan untuk mencegah jerawat muncul di wajah kita sob. Caranya dengan mengoleskan bulir mangga pada kulit wajah kita, hal tersebut dapat membantu membersihkan pori-pori kulit serta mencegah komedo dan jerawat hinggap di wajah kita.

Baca juga : Manfaat Update Artikel Setiap Hari

4. Mencegah asma


Mungkin jarang orang yang tahu bahwa buah mangga dapat mencegah penyakit asma. Setelah saya bilang seperti itupun saya yakin sobat akan bertanya "Apa benar buah mangga dapat mencegah penyakis asma?.". Jawabannya adalah iya benar.

Itu karena buah mangga memiliki kandungan beta karoten di dalamnya. Bahkan kandungan beta karoten yang di miliki buah mangga tidak kalah tinggi dibandingkan sayuran loh sob. Beta karoten merupakan senyawa yang berkhasiat mencegah penyakit asma.

Jadi, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini ya sob.

5. Membantu sistem pencernaan


Mangga adalah salah satu buah yang dapat membantu sistem pencernaan kita sob dan itu merupakan manfaat yang akan kita dapat jika kita mengkonsumsi buah yang satu ini. 

Di dalam mangga terkandung sebuah enzim yang dapat membantu dalam menghancurkan kandungan protein dan lemak yang terdapat pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat yang tinggi pada mangga akan membantu sistem pencernaan kita.

Buat sobat yang sedang mengalami susah buang air besar, boleh di coba konsumsi buah mangga sob.

6. Menjaga kesehatan tulang


Memiliki tulang yang kuat sangat di dambakan bagi banyak orang. Karena dengan memiliki tulang yang kuat itu akan membantu kita dalam mengerjakan segala aktivitas kita setiap hari. Termasuk dalam hal berolahraga terutama olahraga lari, tulang yang kuat sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan performa berlari.

Dengan rutin mengkonsumsi buah mangga kita telah ikut berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang kita masing-masing. Buah mangga mengandung kalsium di dalamnya, tentu kita sudah mengetahui bahwa kalsium sangat dibutuhkan oleh tulang.

Maka dari itu, mari kita konsumsi buah mangga agar kesehatan tulang kita tetap terjaga.

7. Membantu memelihara sendi


Seperti yang kita ketahui bahwa sendi memiliki peran yang sangat penting terhadap anggota gerak di tubuh kita mulai dari tangan, kaki, dan yang lainnya. Oleh karena sendi memiliki peran yang sangat penting, penting juga untuk kita memelihara kesehatan sendi kita sob.

Lalu, bagaimanakah cara yang bisa kita lakukan untuk memelihara sendi agar tetap sehat?. Caranya sangatlah simpel dan pasti semua orang bisa melakukannya, yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah mangga. Lalu sobat pasti bertanya "Apa hubungannya buah mangga dengan sendi?.".

Sebelumnya saya sudah bilang bahwa buah mangga memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C merupakan bagian penting dalam pembentukkan kolagen di tubuh kita sob. Kolagen ini lah yang akan membantu sendi kita tetap fleksibel, kuat, dan tentu saja bebas dari rasa nyeri. Perbanyaklah konsumsi buah mangga supaya meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

8. Mencegah penyakit kanker


Mendengar kata "Kanker" rasanya sekujur tubuh menjadi merinding membayangkan penyakit ganas tersebut. Tetapi kita masih bisa melakukan upaya agar mencegah kanker tersebut sob, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah mangga.

Kandungan antioksidan zeaxanthin, betakaroten, dan juga senyawa polifenol yang terdapat di dalam buah mangga dapat mencegah penyakit kanker. Bahkan terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah mangga dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker dan dapat menurunkan ukuran tumor pada tubuh seseorang.

Penutup


Pada dasarnya setiap buah-buahan yang ada memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun, semua kembali kepada diri kita masing-masing, ingin sehat atau tidak jika kita masih malas dalam hal mengkonsumsi buah saya rasa kita akan rugi, mengingat buah-buahan adalah sumber vitamin yang sangat diperlukan tubuh kita, termasuk buah mangga.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam hal manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh. Mohon maaf apabila ada salah dan juga jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran untuk artikel ini, silahkan tulis kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih saya ucapkan bagi yang sudah menyediakan waktu berharganya untuk sekadar membaca tulisan saya ini.

Wassalamualaikum...

3 Comments

  1. Mumpung banyak, mangga di rumah bisa makan mangga banyak" nih, jerawat juga lagi melnda nih, jadi bisa mengurangi jerawat,
    Makasih ya gan infonya...

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)