Assalamualaikum...

Pernahkah sobat menunda makan atau bahkan seharian tidak makan, dengan alasan malas atau sebagainya?. Ya...mungkin sebagian dari kita masih sanggup untuk tidak makan seharian atau berhari-hari lamanya. Tetapi, adakah dari kita yang sanggup menahan minum walau hanya sehari atau dua hari saja?. Nyatanya seseorang hanya bisa bertahan tidak minum dalam waktu 3 sampai 5 hari saja, tetapi catatan itu bukan patokan ukuran, jujur saya nggak minum seharian aja nggak kuat hehehe.

Faktanya, 60% tubuh kita terdiri dari air dan setiap harinya cairan di dalam tubuh kita akan terbuang melalui keringat dan urine kita, bahkan hingga 2 liter banyaknya. Air memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita, salah satunya adalah untuk melarutkan setiap makanan yang kita makan dan mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh.



Mengingat fungsi air yang sangat penting bagi tubuh, akan sangat bahaya jika kita kurang minum air. Berikut ini adalah hal yang akan kita alami jika kita kurang minum air.

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kita kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. Saat sobat merasa haus, tenggorokan kering, dan air seni berwarna kuning gelap, itu merupakan tanda awal dari terjadinya dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi, segeralah minum air putih yang cukup ketika kita mulai merasa haus. Lebih baik lagi jangan menunggu sampai haus.

2. Mulut Kering

Pernah nggak sih sobat ngalamin mulut sobat terasa kering? apalagi kalo sampe bibir juga ikutan pecah-pecah, dan parahnya lagi biasanya diiringi dengan bau mulut. Hal itu dapat terjadi jika sobat kurang minum air. Segeralah minum air yang cukup jika sudah terasa mulut kering.

3. Ginjal Bermasalah

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh kita yang bertugas mengeluarkan racun, urea, dan garam dari tubuh kita. Jika ginjal tersebut tidak dapat melakukan tugasnya, akan muncul masalah kesehatan seperti batu ginjal. Ginjal kita memerlukan air untuk dapat melakukan tugasnya, maka dari itu sangat penting bagi kita untuk minum air yang cukup.

4. Sakit Kepala

Apakah sobat sering sakit kepala? emm..mungkin sebagian orang sering merasakan sakit kepala, termasuk saya tapi Alhamdulillah sekarang udah jarang hehehe. Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala adalah dehidrasi. Karena, jika kita kurang minum air, pembuluh darah akan mulai membesar dan itulah yang akan menyebabkan sakit kepala.

Dengan minum air yang cukup, itu dapat mengurangi resiko terkena sakit kepala.

5. Masalah Pencernaan

Seperti yang sudah saya bilang di awal, air putih berperan untuk melarutkan makanan yang kita makan dengan kata lain, air putih berperan untuk membantu pencernaan tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi air putih yang sedikit, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan kita. Adapun masalah penceraan yang akan muncul jika kita kurang minum air putih adalah sebagai berikut :
  • Sulit buang air kecil
  • Sulit buang air besar
  • Diare
Sekarang sobat sudah tau apa yang akan terjadi jika sobat kurang minum air. Jangan sepelekan air, karena air sangat penting, tidak hanya penting bagi tubuh kita tetapi air juga memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan di bumi kita ini. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk meninggalkan komentar ya sob. Terima kasih buat yang sudah baca, mohon maaf apabila ada kekurangan.

Wassalamualaikum...

0 Comments