Assalamualaikum...

Apakah diantara sobat pembaca ada yang suka memakan buah? atau mungkin sobat malah sering memakan buah di setiap harinya?. Kebiasaan memakan buah itu sangatlah baik sob, terlebih jika memakannya setiap hari dan rutin. Karena buah-buahan itu kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh kita, contohnya seperti buah jambu biji.



Jambu biji memiliki ciri-ciri seperti buah yang berbentuk bulat, berwarna hijau kulitnya dengan daging buah yang berwarna merah muda, dan terdapat biji-biji kecil di dalamnya. Kalau menurut saya sih, buah yang satu ini sangat-sangat enak kalo di jus. Rasanya tuh seger, asem, dan manis gitu deh sob.

Buah jambu biji terkenal akan rasa dan wangi buahnya yang susah buat dilupakan. Selain itu, buah ini juga sangat kaya akan vitamin C, lycopene, dan antioksidan yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kita sob. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat dalam buah jambu biji :

1. Baik untuk mata


Sampai sekarang jika kita menyebut "wortel" maka yang akan terpikirkan di benak kita adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A. Dimana vitamin A sangat baik bagi mata kita. Tetapi kebanyakan orang, terutama anak kecil, tidak menyukai wortel. Selain terdapat di wortel, vitamin A juga terkandung di dalam buah jambu biji, sangat cocok untuk anak kecil yang tidak suka memakan wortel. Karena buah jambu biji memiliki rasa yang enak dan di jamin anak pasti suka.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, jambu biji mengandung vitamin A di dalamnya, yang tentunya sangat baik untuk mata kita sob. Buah jambu biji juga dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan juga mencegah beberapa ganguan kesehatan mata lainnya. 

Bagi sobat yang mau matanya tetap sehat, alangkah baiknya sobat memakan buah yang satu ini. Jika tidak suka memakannya secara langsung, sobat bisa menjadikannya jus.


2. Dapat menurunkan berat badan


Apakah sobat termasuk orang yang memiliki masalah dengan berat badan? apakah sobat sedang mencoba menurunkan berat badan? jika iya, cobalah untuk rutin memakan buah jambu biji. Mengapa demikian? karena salah satu manfaat buah jambu biji adalah dapat menurunkan berat badan.

Jambu biji mengandung serat yang sangat baik bagi pencernaan tubuh kita sob. Buah ini juga memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibanding buah lainnya, seperti anggur, apel, dan jeruk.

Dengan kandungan serat yang tinggi dan juga kandungan gula yang rendah, membuat buah ini sangat cocok bagi sobat yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Jadikanlah buah ini sebagai camilan pengganti kripik, ciki, dan semacamnya, jika sobat ingin menurunkan berat badan tentunya hehehe. 

3. Dapat mengobati batuk dan pilek


Kalau sudah mengalami yang namanya batuk dan pilek rasanya sangat mengganggu ya sob, sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, terutama pilek. Pernahkah sobat saat mengalami batuk dan pilek, lalu sobat minum obat dan tak kunjung ada perubahan yang tampak? atau malah batuk dan pilek sobat semakin menjadi-jadi?. Jika pernah mengalaminya, mungkin sobat harus mencoba buah jambu biji.

Baik di buat jus ataupun di makan langsung terbukti dapat meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, dan mendisinfeksi saluran pernapasan. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi di bandingkan dengan jenis buah yang lainnya. Vitamin C yang terdapat di jambu biji terbukti dapat mencegah terjadinya pilek dan infeksi virus.

4. Menjaga kecantikan kulit


Memiliki kulit yang sehat dan cantik adalah impian setiap perempuan di dunia ini. Karena kulit yang sehat dan cantik dapat menunjang penampilan mereka, terlebih jika perempuan tersebut adalah seorang public figure. Tetapi, seperti yang kita tahu bahwa seorang public figure memiliki uang yang banyak yang dapat membiayai mereka untuk melakukan perawatan kulit setiap harinya.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kulit yang sehat dan cantik tanpa harus melakukan perawatan yang mahal? yang menyita banyak waktu dan uang?. Jawabannya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah jambu biji.

Apakah jambu biji dapat membuat kulit seseorang menjadi sehat dan cantik? jawabannya, iya. Karena buah jambu biji mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, B, C, dan potassium yang mana merupakan antioksidan yang baik. Vitamin tersebut dapat menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan juga dapat membuat kulit kita terhindar dari beberapa gangguan kesehatan kulit.


5. Dapat melancarkan sistem pencernaan


Seperti namanya "jambu biji" buah ini tentu memiliki biji di dalamnya, bahkan terbilang cukup banyak. Jika sobat memakan buah yang satu ini janganlah sobat membuang bijinya, karena biji dari buah ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sobat.

Bagi sobat yang memiliki masalah susah buang air besar, saya sarankan untuk memakan buah yang satu ini. Tentu dengan memakan bijinya juga sob dan selain dapat melancarkan sistem pencernaan, biji dari buah ini juga dapat membantu fungsi usus kita loh sob. Jadi buat kamu yang cinta sama usus, buru-buru deh makan buah ini hehehe.

Penutup


Pada dasarnya semua jenis buah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, salah satunya adalah buah jambu biji yang sebelumnya sudah saya bahas. Alangkah bijak jika kita mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, karena dengan mengkonsumsi buah secara rutin tentu kesehatan tubuh kita dapat terjaga.

Perlu diingat, buah memang baik bagi tubuh tetapi jangan sampai kita berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena apapun itu meskipun baik, namun jika di konsumsi secara berlebihan maka bukan manfaat baik yang akan kita dapat, justru sebaliknya.

Mungkin segitu dulu untuk artikel kali ini. Oh ya sob, kalau sobat memiliki saran terhadap ide artikel, sobat bisa tulis saja di kolom komentar. Mungkin saja suatu saat saya akan membuat artikel sesuai dengan saran yang telah sobat tulis di kolom komentar.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca semuanya. Mohon maaf apabila ada salah kata dan juga kekurangan dalam penyampaian. Terima kasih saya ucapkan untuk sobat yang sudah membaca artikel ini, semoga sobat sehat dan sukses selalu.

Wassalamualaikum...

2 Comments

  1. hihi baru tau kalau jus jambu bisa menurunkan berat badan. Saya penyuka buah jambu kang, kalau tau gtu saya mau ahhh.. diet pake jambu lebih murah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba bisa, saya juga paling suka jus jambu sama jus mangga, kalo buah langsung di makan sih paling suka semangka soalnya seger gitu banyak airnya.

      Delete

Silahkan Berkomentar :)