Assalamualaikum...

Pernahkah sobat ketika sedang tidur bersama teman atau saudara yang pada saat itu menginap dirumah sobat, ataupun sobat yang menginap di rumah mereka, diganggu oleh suara-suara misterius yang dikeluarkan oleh mulut mereka?. Apa mungkin justru sebaliknya, sobat lah yang mengganggu mereka dengan suara tersebut?.



Kegiatan memunculkan suara misterius yang keluar dari mulut seseorang ketika ia sedang tidur itu dinamakan mendengkur, atau yang lebih kita kenal dengan istilah ngorok.

Mendengkur atau ngorok memang menjadi sesuatu yang sangat mengganggu untuk kebanyakan orang, terutama untuk mereka yang sering tidur bersama orang yang suka ngorok. Namun, apakah sebenarnya penyebab dari ngorok itu? Dan adakah cara untuk mengatasinya?. Berikut akan saya bahas penyebab seseorang ngorok dan cara mengatasinya.

Penyebab Ngorok (Mendengkur)


Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab seseorang mendengkur atau mengorok :

Tidur Telentang


Coba sobat perhatikan seseorang yang hobi ngorok pada saat ia tidur, perhatikanlah posisi tidur orang tersebut, apakah disaat posisi badannya miring ia dapat mengorok? apakah disaat posisi badannya telentang ia dapat mengorok? jika sobat sudah melakukan pengamatan tersebut, sobat pasti tau jawabannya. 

Ternyata, tidak semua posisi tidur dapat mendatangkan bunyi dengkur atau ngorok. Ada posisi-posisi tertentu yang dapat mendatangkan suara tersebut, contohnya posisi tidur telentang. Pada saat seseorang tidur dengan posisi telentang,  lidah dan langit-langit lunak yang terdapat di dalam rongga mulut cenderung jatuh kebawah dan belakang, itulah yang akan menghalangi jalur napas. Karena jalur napas yang terhalang, mengakibatkan adanya suara getaran dan itulah yang membuat bunyi dengkur atau ngorok dapat terjadi.

Sering Minum Alkohol


Faktanya, orang yang sering meminum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan ia mendengkur ketika tidur nantinya. Hal itu dikarenakan, alkohol dapat mengurangi ketegangan atau membuat rileks otot yang terdapat di dalam rongga mulut. Akibatnya saluran napas akan tersumbat dan munculah suara getaran yang dinamakan ngorok.

Berat Badan Berlebih


Seseorang yang memiliki tubuh yang gemuk dan memiliki berat badan yang berlebih, cenderung akan mengorok ketika ia tidur. Sudah pasti seseorang yang gemuk memiliki timbunan lemak yang terdapat di seluruh bagian tubuhnya, salah satunya ada di bagian leher. Lemak yang tertimbun di leher seseorang itulah yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya ngorok.

Usia Tua


Penuaan adalah hal yang pasti akan di alami oleh semua orang. Penuaan biasanya di barengi dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri orang tersebut. Dalam bentuk fisik penuaan di tandai dengan rambut yang memutih, terdapat banyak kerutan di wajah, dan keriput di bagian kulit tubuh lainnya. Tidak hanya dalam bentuk fisik, penuaan juga menyebabkan menurunnya fungsi-fungsi organ tubuh manusia, salah satunya adalah tulang yang tidak lagi sekuat saat remaja dulu. Usia yang semakin menua juga merupakan salah satu penyebab terjadinya dengkuran atau ngorok, karena fungsi tubuh yang menurun itu tadi.

Di atas sudah saya jabarkan beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Orang yang mendengkur saat tidur kebanyakan adalah laki-laki, sedangkan perempuan hanya sedikit dari mereka yang mendengkur ketika tidur. Nah, ternyata ada loh sob cara untuk mengatasinya, minimal dapat mengurangi kebiasaan mendengkur atau ngorok itu.

Cara Mengatasi Ngorok (Mendengkur)


Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi ngorok atau dengkur, adalah sebagai berikut :

Tidur Menyamping


Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa tidur telentang dapat menyebabkan kita ngorok. Maka dari itu, jika sobat ingin mencoba mengatasi kebiasaan ngorok sobat mulailah dengan mengubah posisi tidur, yaitu dengan menyamping. Dengan tidur menyamping kebiasaan ngorok dapat teratasi dan semoga saja bisa memperbaiki kualitas tidur sobat.

Meninggikan Posisi Kepala


Terkadang saat kita tidur apapun dapat saja terjadi, termasuk posisi kepala kita yang berubah. Posisi tertentu kepala saat kita tidur dapat menyebabkan terjadinya dengkuran atau ngorok. Biasanya orang ngorok itu karena posisi kepala mereka berada di belakang bantal, sehingga kepala lebih rendah.

Untuk mengatasinya, kita perlu menggunakan bantal yang lebih tebal dan tinggi ataupun bisa dengan menambah jumlah bantal untuk menopang kepala kita. Cara ini dapat mengatasi kebiasaan mengorok yang sering kita lakukan.

Jangan Minum Alkohol


Oleh karena meminum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan kita ngorok, maka dari itu kita perlu menghindari alkohol ataupun minuman yang mengandung alkohol di dalamnya.

Bersihkan Sinus


Jika sobat ingin berhenti atau mengurangi kebiasaan ngorok sobat, cobalah untuk membersihkan sinus sebelum tidur. Dengan membersihkan sinus sebelum tidur, dapat memperlancar aliran udara yang berada di bagian sinus sobat. Jika aliran udara lancar, maka sobat akan berhenti mengeluarkan suara misterius di tiap tidur malam sobat.

Pada dasarnya, mendengkur atau mengorok merupakan hal yang lumrah terjadi pada seseorang. Namun, apabila mendengkur atau mengorok tersebut di rasa sangat mengganggu ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter. Mungkin terlihat sepele, tetapi justru suatu penyakit dapat menjadi berbahaya karena di sepelekan sebelumnya.

Penutup


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua, semoga juga dapat menambah pengetahuan kita tentang penyebab ngorok atau mendengkur. Di harapkan dapat menjadi solusi buat sobat yang merasa terganggu akan dengkuran teman atau dengkuran sobat sendiri, dengan menerapkan cara mengatasinya yang telah saya jelaskan di atas. Terima kasih saya ucapkan buat sobat yang sudah membaca artikel ini, mohon maaf juga bila ada kekurangan dalam setiap penyampaian. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar berupa kritik dan saran yang membangun, guna sebagai acuan agar lebih baik lagi di kedepannya.

Wassalamualaikum...  

1 Comments

  1. Tapi masalahnya pas saya tidur pulas saya tidak sadar kalau saya mengorok gan,,:D

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)