Assalamualaikum...

Jaman sekarang, segala sesuatunya sudah sangat mudah dan juga serba instan. Jika kita ingin mencari tahu tentang sebuah hal, yang kita butuhkan hanyalah handphone atau laptop yang terhubung dengan internet. Kemudian, kita tinggal mengetikkan sesuatu hal yang kita cari tersebut di kolom pencarian Google. Simsalabim, semua jawaban kita telah muncul.

Dengan segala pembaruan yang ada membuat Google kini menjadi sangat populer dan hampir semua orang tahu Google, bahkan orang awam tentang komputer sekalipun. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Google suka menyelipkan sebuah fitur unik yang mungkin saja dapat membuat kita terkejut, yang biasanya itu disebut dengan easter egg.



Mungkin buat sobat yang sudah akrab dengan komputer sejak kecil, ada beberapa easter egg yang sudah sobat tahu. Nah, buat sobat yang belum tahu dan mungkin lupa, berikut ini saya sudah merangkum beberapa easter egg yang ada di Google.

1. Askew

Askew itu memiliki arti miring. Sesuai namanya, easter egg ini dapat membuat halaman penelusuran sobat menjadi miring loh, unik sekali bukan?. Untuk menerapkannya itu sangatlah mudah, sobat hanya perlu mengetikkan kata "Askew" di kolom pencarian Google, kemudian sobat "enter" dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


2. Do a Barrel Roll

Easter egg Google yang menarik selanjutnya adalah do a barrel roll. Jika kita mengetikkan do a barrel roll di kolom pencarian Google yang kemudian kita tekan "enter". Maka, secara otomatis halaman penelusuran Google tersebut akan berputar 360 derajat searah jarum jam.


Selain mengetikkan "do a barrel roll", sobat juga bisa melihat efek ini dengan mengetikkan "z or r twice" pada kolom pencarian Google.


3. Blink HTML

Pernahkah sobat melihat sesuatu yang berkedip-kedip dan berpendar, entah itu sebuah lampu atau yang lainnya?. Hal seperti itu ada pada easter egg Google yang satu ini nih sob.

Jika kita mengetikkan "Blink HTML" pada kolom pencarian Google, maka kita akan mendapati semua kata "HTML dan Blink" di hasil penelusuran akan berkedip-kedip, coba deh.

4. Zerg Rush

Easter egg yang satu ini tidak hanya bisa kita lihat sob, melainkan kita juga bisa memainkannya. Jika kita mengetikkan kata "zerg rush" pada kolom pencarian Google, maka akan ada objek bulat kecil berwarna merah dan kuning yang muncul dan bergerak-gerak.

Objek itu tidak cuma satu atau dua, melainkan banyak dan dapat memakan atau menggerogoti hasil pencarian kita. Layaknya sebuah game action yang memiliki bar darah bagi tokoh di dalamnya, easter egg ini pun begitu. Hasil pencarian dan objek bulat tersebut memiliki bar darah, yang mana kalau darahnya habis mereka akan menghilang.


Objek bulat muncul bergerombol untuk menggerogoti hasil penelusuran sampai darahnya habis dan hilang. Tugas kita adalah untuk mencegah hal tersebut terjadi, dengan mengklik objek bulat tersebut sampai objek bulat tersebut menghilang.

Agak susah sih untuk mengalahkan objek bulat berwarna merah dan kuning tersebut. Karena selain banyak, mereka itu kecil dan sangat lincah. Jika semua hasil pencarian telah hilang, objek bulat tersebut akan berkumpul dan membentuk "GG" yang besar. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

Objek bulat mulai menggeragoti.

Hasil jika kita kalah.

5. Thanos

Ini merupakan easter egg yang baru sob dan sebelumnya saya juga sudah membuat artikel tentang easter egg ini, Woww Jentikkan Jari Thanos Hilangkan Hasil Pencarian Google

Jika kita mengetikkan "Thanos" pada kolom pencarian Google, lalu kita "enter". Maka akan ada sebuah ikon sarung tangan milik si mad titan itu. Lalu jika kita klik ikon tersebut, maka separuh hasil pencarian akan lenyap menghilang.

Untuk memunculkan separuhnya lagi seperti semula, hanya perlu mengklik kembali ikon sarung tangan Thanos tersebut.

6. Google Gravity

Easter egg menarik dari Google yang selanjutnya adalah Google Gravity. Untuk melihat easter egg ini silahkan sobat ketikkan "google gravity" pada kolom pencarian, lalu klik pada hasil penelusuran yang paling atas.


Tampilan easter egg ini adalah kolom pencarian Google akan jatuh dan bisa kita gerak-gerakkan menggunakan kursor. Sesuai namanya, easter egg ini menggambarkan kolom pencarian Google yang tertarik kebawah seakan-akan terdapat sebuah gravitasi yang terletak dibawahnya.



7. Google Space

Kita pasti sudah tahu bahwa di luar angkasa itu tidak ada oksigen dan juga gravitasi. Easter egg Google yang satu ini memiliki prinsip yang sama seperti itu. Berbeda dengan Google Gravity, hasil dari Google Space akan membuat kolom pencarian mengambang, seolah-olah seperti sedang di luar angkasa.

Untuk cara melihat easter egg ini sama dengan sebelumnya, yaitu dengan mengetikkan kata "Google Space" pada kolom pencarian, lalu klik hasil pencarian yang paling pertama. Hasilnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.



8. Google Underwater

Nah untuk easter egg Google yang ini saya rasa harus di tunjukkan pada anak-anak nih sob. Karena memang memiliki gambar dan animasi yang lucu dan tentunya di sukai oleh anak-anak kecil.

Yang harus kita lakukan adalah mengetikkan kata "Google Underwater" pada kolom pencarian Google, lalu kita pilih hasil pencarian yang paling atas. Tampilannya adalah sebuah kolom pencarian Google yang memiliki logo Google terbalik dengan terdapat laut dibawahnya, tentu juga ada ikan yang berenang kesana-kemari.

Dalam kolom pencarian tersebut sudah ada tulisan "more fish please" yang mana jika kita klik "search" akan memunculkan ikan-ikan lucu dari langit. Jika kita mengklik "search" berkali-kali, maka ikan akan terus bermunculan sob, hal ini dapat menyebabkan layar monitor kita penuh dengan ikan hehehe, menarik bukan?.


Ikannya jadi banyak banget.

Nah, itulah beberapa easter egg yang ada di Google. Tentunya easter egg ini bisa sobat coba di laptop, komputer, dan juga handphone yang tersambung dengan internet.

Oke, mungkin segitu saja untuk artikel kali ini. Terimakasih buat yang sudah membaca dan jangan lupa kasih komentar ya, kira-kira sobat sudah tahu easter egg yang mana nih?.

Wassalamualaikum...

7 Comments

  1. Unik ya makin kesini google
    Namun ada beberapa fitur yang hanya di support chrome saja tidak dengan firefox ataupun IE

    ReplyDelete
  2. Blink HTML yang pernah saya coba. Kalau yang lainnya belum.

    ReplyDelete
  3. yang paling menarik itu thanos mas haha

    ReplyDelete
  4. Sayang internetnya lagi lemot nih, hanya bisa baca text doang, biasanya nggak begini

    ReplyDelete
  5. sampai saat ini saya belum ngerti yang beginian kak.. cuma saya pelajari nanti sedikit demi sedikit.. lmyan nambah ilmu hehehe

    ReplyDelete
  6. saya cobain semua, jadi keasikan mainin easter egg

    ReplyDelete
  7. wah perlu dicoba ini mas, terima kasih infonya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)