Assalamualaikum...

Adakah jenis olahraga yang paling sobat sukai? atau jangan-jangan sobat jarang sekali melakukan kegiatan olahraga dikarenakan terlalu sibuk di setiap harinya. Saya yakin bahwa sesibuk apapun seseorang, entah itu mengenai pekerjaan, sekolah, dan kegiatan yang lainnya, pasti seseorang tersebut memiliki jenis olahraga yang paling ia sukai.



Walaupun intensitas dalam melakukan olahraga tersebut terbilang rendah, tetapi pasti setiap orang memiliki jenis olahraga yang disukai, entah itu berlari, sepakbola, berenang, badminton, dan banyak lainnya.

Setiap jenis olahraga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Contohnya berenang, selain menyenangkan untuk dilakukan olahraga renang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh sob. Beruntunglah buat kalian yang bisa berenang dan gemar melakukan olahraga yang satu ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa manfaat yang akan kita dapat jika kita berenang. Berikut ini adalah manfaatnya, mari di simak.

1. Melatih Pernapasan


Jika kita berenang sudah pasti kita menahan napas di dalam air, tujuannya adalah agar air tidak dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui hidung ataupun mulut kita. Karena jika hal tersebut terjadi, mungkin saja nyawa kita akan melayang, semoga hal itu tidak terjadi pada kita ya sob.

Karena menahan napas tersebutlah, semakin sering kita berenang pernapasan kita akan semakin terlatih dan efeknya pernapasan kita cenderung akan lebih panjang dan itu baik bagi kesehatan paru-paru.

2. Dapat Meninggikan Badan


Kebanyakan orang menyukai olahraga renang karena mereka beranggapan bahwa renang dapat meningkatkan tinggi badan. Hal itu memang benar dan telah jelas terbukti jika kita melihat para atlit renang, mereka memiliki tubuh yang cenderung tinggi dibandingkan dengan atlit cabang olahraga lainnya.

Oleh karena itu, berenang merupakan olahraga yang sangat di rekomendasikan terutama untuk anak dalam usia pertumbuhan. Olahraga renang tentu dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak-anak. Gerakan dalam olahraga renang dapat membangun otot dan juga membantu dalam pertumbuhan tulang, hal itulah yang membuat olahraga yang satu ini dapat meninggikan badan.

Baca juga : 3 Gerakan push up yang menantang, Sobat HARUS COBA!!!

3. Membantu Kegiatan Berlari


Bagi sobat yang menyukai olahraga lari ada baiknya sobat juga melakukan olahraga renang, karena renang sangat membantu kita dalam melakukan olahraga lari.

Kembali ke manfaat pertama, disitu saya jelaskan bahwa berenang dapat melatih pernapasan kita agar lebih panjang. Pernapasan yang terlatih dan panjang sangat dibutuhkan ketika kita berlari, karena berlari tidak hanya mengandalkan kekuatan otot kaki, melainkan juga mengandalkan kekuatan paru-paru kita.

Baca juga : Susah pull up? Wajib baca ini! (Tips latihan dasar pull up ala mas Ilham)

4. Menurunkan Berat Badan


Apakah sobat termasuk orang yang memiliki masalah dengan berat badan? apakah sobat merasa susah untuk menurunkan berat badan? silahkan sobat melakukan olahraga renang secara rutin dan lihat hasilnya kepada tubuh sobat. Berat badan sobat akan mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Penurunan berat badan tersebut dikarenakan aktivitas berenang dapat membakar kalori dan lemak dalam jumlah yang banyak, apabila dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, olahraga renang penting dilakukan oleh kalian yang ingin menurunkan berat badan.

5. Membentuk Otot


Pernahkah sobat memperhatikan para atlit renang? rata-rata atlit renang pria memiliki dada yang nampak bidang dan tubuh yang kekar, mengapa demikian? apakah mereka sering ngegym?. Nyatanya, dada yang bidang dan tubuh yang kekar itu mereka dapatkan karena rutin berenang saja.

Berenang tentu saja dapat membentuk otot tubuh kita, karena pada saat renang seluruh otot di tubuh kita ikut bekerja. Ketika kita bergerak di dalam air, tubuh kita harus mengeluarkan energi yang cukup besar untuk melawan massa air yang mampu menguatkan otot-otot di tubuh kita. Itulah yang membuat otot tubuh kita menjadi terbentuk.

Penutup


Olahraga renang bisa menjadi pilihan buat sobat yang ingin tetap sehat dengan cara yang menyenangkan. Yap, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, siapa sih yang tidak suka bermain di air? mungkin hanya kucing hehehe.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat semua dan terima kasih buat yang sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Wassalamualaikum...

2 Comments

  1. Membantu kita siaga juga gan,,,siapa tau nanti kena tsunami kan kita sudah bisa berenang wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bisa sih bisa berenang, tapi kayanya untuk melawan arus ombak tsunami nggak mungkin deh :D

      Delete

Silahkan Berkomentar :)