Assalamualaikum...

Halo sobat My Blog My Daily, apa kabar kalian semua? saya doakan semoga kalian dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Pernahkah sobat sedang mampir ke salah satu blog dan di sidebar blog tersebut terdapat sebuah about me yang menampilkan foto dari admin blog, deskripsi, dan juga sosial media yang ia gunakan?.

tutorial membuat about me, about me keren


Kalau saya sih sering melihat blog yang menambahkan about me di sidebar. Biasanya hal tersebut dapat kita jumpai di personal blog atau sebuah blog yang mana kebanyakan kontennya itu tentang keseharian dari si admin blognya dan biasanya gado-gado.

Karena hal tersebut menurut saya menarik, alhasil saya mencoba juga untuk membuatnya hehehe. Langsung saja deh saya mencari cara membuatnya di kolom pencarian milik google dan ketika hasil pencarian telah muncul saya langsung mengklik blognya mba Hana, yang mana saat itu tulisannya sedang duduk di peringkat kedua halaman pertama, woww selamat mba.

Setelah itu, saya mulai mencermati cara-cara membuat about me yang ia tuliskan di artikel tersebut, dan ternyata sangat mudah sob untuk membuatnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya juga akan berbagi cara membuat about me tersebut kepada kalian semua, silahkan di simak sob.

Cara Membuat About Me di Side Bar Blog


  1. Silahkan sobat login terlebih dahulu ke blog sobat masing-masing, lalu klik "Entri Baru" yang terdapat pada menu "Postingan".
  2. Klik "Insert image" yang terdapat tepat diatas lembar kerja postingan blog. Kemudian, sobat klik "Pilih file" untuk memilih foto sobat yang ingin di tampilkan di sidebar nantinya. Jika sudah klik "Add selected".
    Klik "Insert image"
    Klik "Pilih file"
    Jika sudah memilih foto, klik "Add selected"

  3. Selanjutnya sobat tulis deskripsi diri sobat dibawah foto tersebut. Jika sobat ingin menulis deskripsi diri yang lebih panjang lagi sobat bisa membuat link yang mengarah pada halaman statis di blog sobat. Halaman statis tersebut juga harus berisi tentang deskripsi diri sobat. 
  4. Langkah selanjutnya, jika sobat ingin menampilkan sosial media yang sedang sobat gunakan, silahkan sobat download terlebih dahulu logo dari tiap sosial media tersebut di kisspng.com. Atau sobat juga bisa menggunakan logo sosial media yang saya gunakan, silahkan download disini : logo facebook, logo instagramlogo twitterlogo youtube.
  5. Kemudian sobat masukkan logo tersebut ke dalam lembar kerja postingan blog tadi, sobat bisa letakkan tepat dibawah deskripsi diri sobat. Jika sudah, sobat klik tiap logo sosial media tersebut lalu klik "Link", di bagian To what URL should this link go? sobat isikan link atau url akun sosial media sobat masing-masing. Pada bagian "Text to display" biarkan saja kosong, jika sudah klik "Ok".
  6. Sobat perhatikan pada lembar kerja postingan, disamping kiri atas ada dua buah tombol yaitu "Compose" dan "HTML". Silahkan sobat klik tombol yang bertuliskan "HTML", kemudian copy skrip yang ada dengan memblok semua skrip lalu klik kanan pilih "Copy".
  7. Selanjutnya sobat masuk kembali ke dashboard blog sobat, kemudian pilih menu "Tata letak/Template". Pada tata letak, silahkan sobat klik "+ Tambahkan Gadget" yang terdapat di bagian kanan atau kiri layout blog, sobat pilih "HTML/Java Script" dengan mengklik ikon plus yang terdapat disampingnya. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.
  8. Jika sudah, sobat isi judul bisa dengan "Tentang saya", "About me", dan lain-lain sesuai keinginan sobat. Pada kolom konten, sobat masukkan skrip yang telah di copy tadi, kemudian klik "Simpan".
  9. Nah, jika semua cara diatas telah sobat lakukan, silahkan sobat lihat blog sobat, dan selesai.
Bagaimana sob? apakah sobat berhasil membuatnya?. Jika sobat mengikuti semua cara-cara diatas sudah pasti sobat berhasil kok.
Oke mungkin segitu saja untuk postingan saya kali ini, semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat buat sobat semuanya ya. Mohon maaf apabila ada kekurangan, terima kasih buat yang sudah membaca artikel ini, silahkan berikan kritik dan saran di kolom komentar.

Wassalamualaikum...

3 Comments

Silahkan Berkomentar :)