Assalamualaikum...

Halo sobat My Blog My Daily, akhirnya setelah dua hari rehat tanpa menulis apapun kali ini saya kembali menulis di blog tercinta ini hehehe. Apa kabar sobat semua? saya harap sobat sedang dalam keadaan yang baik-baik saja ya aaammmiiinnn.

Dalam membuat sebuah blog, setiap blogger sudah pasti ingin menjadikan blog mereka menjadi lebih menarik dan bagus di mata para pembaca setia blog mereka masing-masing. Berbagai macam hal pun mereka lakukan, mulai dari mengubah template, menambahkan beberapa widget, dan berbagai macam hal lainnya, yang tentu itu semua mereka lakukan untuk memanjakan para pembacanya.



Namun, ketika hendak melakukan itu semua tentunya para blogger mengalami beberapa kendala,  salah satu contohnya adalah widget blog tidak tampil pada template blog versi mobile. Jika sobat mengalami hal seperti ini, baiknya sobat jangan panik dan tetap tenang saja ya hehehe, karena kali ini saya akan memberikan sebuah cara yang bisa sobat lakukan untuk menampilkan widget blog sobat pada versi mobile.

Baca juga : 6 Tujuan Utama Seseorang Memulai Ngeblog

Oke sebelum masuk ke caranya, silahkan sobat pahami atribut dan nilai dari atribut tersebut yang akan kita gunakan nanti :

  1. mobile='yes' : merupakan atribut yang digunakan untuk menampilkan widget blog pada versi mobile atau seluler.
  2. mobile='no' : merupakan atribut yang digunakan untuk tidak menampilkan widget blog pada versi mobile atau seluler.
  3. mobile='only' : merupakan atribut yang di gunakan untuk menampilkan widget blog hanya pada versi mobile, jadi di versi web widget sobat tidak akan tampil.
Catatan : cara ini hanya untuk blog yang menggunakan platform blogger.

Karena kita ingin mencoba untuk menampilkan widget blog di versi mobile, maka kita gunakan atribut yang pertama. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama sobat silahkan masuk ke blogger.com,
  2. Jika sobat sudah masuk ke blogger.com, silahkan sobat klik menu tema/template, yang terdapat di sebelah kiri.
  3. Langkah ketiga, silahkan sobat pilih tombol yang bertuliskan edit html, disitu terdapat dua tombol yaitu sesuaikan dan edit html, nah sobat pilih yang edit html,
  4. Langkah ke empat, tekan tombol kombinasi "CTRL+F" untuk memunculkan kolom pencarian dan kemudian ketikkan tag <b:widget, kemudian tekan enter pada kolom pencarian tersebut. Gunanya adalah untuk menemukan widget yang ada pada blog sobat atau sobat juga bisa menggunakan tombol "lompat ke widget" yang terdapat di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini : 
  5. Langkah selanjutnya, silahkan sobat cari widget yang ingin sobat tampilkan pada blog versi mobile. Lalu, tambahkan atribut mobile='yes' di dalam tag <b:widget tadi, perhatikan gambar di bawah ini : 
    Gambar diatas untuk menampilkan widget Tentang Saya.
  6. Selesailah sudah, silahkan sobat buka blog sobat lewat smartphone dan lihat bahwa widget sobat telah tampil.
Gimana sob? caranya sangat simpel kan?. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu sobat semuanya. Jika ada pertanyaan silahkan sobat tuliskan di kolom komentar, bisa juga dengan bertanya ke mi066285@gmail.com.


Mohon maaf apabila ada kekurangan dan salah-salah kata. Terima kasih buat yang sudah membaca artikel ini, semoga hari sobat menyenangkan.

Wassalamualaikum...

0 Comments