Assalamualaikum...

Halo sobat My Blog My Daily, apakabar kalian semua? semoga sobat semua dalam keadaan yang sebaik-baiknya ya. Memang jika kita memiliki ilmu terhadap suatu hal, alangkah lebih baik jika kita membagi ilmu tersebut kepada orang lain. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial photoshop cs3, dalam membuat teks tiga dimensi. Mari di simak sob.



Tutorial Membuat Teks 3D Dengan Photoshop CS3 :
  1. Buka aplikasi Photoshop CS3 sobat dan klik 'file', pilih 'new', lalu setting kanvas atau lembar kerja sobat. Disini saya mensetting ukuran width 1500 pixel dan height 1000 pixel, jika sudah klik 'ok'.
  2. Selanjutnya kita akan mengganti warna dari kanvas, dengan mengklik ikon kotak di sebelah kiri atau 'set foreground color', sobat bisa pilih warna yang sobat sukai dan disini saya menggunakan warna biru dengan kode warna #1ec1d. Jika sudah klik ikon 'paint bucket tool' lalu arahkan kursor ke kanvas untuk mengganti warna. 
  3. Klik ikon 'T' untuk menuliskan teks, lalu pilih jenis fontnya, disini saya menggunakan jenis font bernama 'star jedi' , kemudian tuliskan teks yang ingin sobat jadikan teks 3d di kanvas atau lembar kerja.
  4. Apabila dirasa tulisan atau teks terlalu kecil, sobat bisa merubah ukurannya dengan menekan tombol kombinasi 'ctrl+t'.
  5. Selanjutnya, kita buat duplikat teksnya dengan menekan tombol kombinasi 'ctrl+j'. Jika sudah kita rubah warna tulisan layer yang bawah dengan warna yang lebih gelap. Jadi kita memiliki dua layer teks, yang diatas berwarna putih dan yang dibawah berwarna gelap, disini saya menggunakan warna biru tua dengan kode warna #0d8196.
  6. Geser layer teks kedua yang berwarna gelap, dengan menekan tombol kombinasi 'ctrl+t', lalu geser kearah kanan dan bawah. Jika sudah, tekan tombol kombinasi 'ctrl+alt+shift+t' sebanyak-banyaknya sesuai kreativitas sobat, ini juga untuk mendapatkan efek 3d.
  7. Jika sudah, sobat bisa pilih semua layer dari hasil efek 3d tadi lalu klik kanan pilih 'convert to smart object'.
  8. Selesai, untuk hasil saya seperti ini.

Sekarang sobat sudah bisa membuat teks 3d dengan photoshop cs3. Cara ini juga bisa sobat terapin di cs sebelumnya atau selanjutnya, tapi untuk cs6 saya rasa sih akan lebih praktis jika menggunakan menu 3d hehehe.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan dapat membantu sobat semuanya. Jika ada pertanyaan ataupun kritik dan saran, silahkan sobat tinggalkan di kolom komentar. Mohon maaf jika ada kekurangan dan terima kasih buat para pembaca semua. Sampai jumpa di tutorial berikutnya, terus pantengin blog ini ya.

Wassalamualaikum...

0 Comments