Assalamualaikum...

Halo sobat pembaca My Blog My Daily, selamat hari minggu dan selamat berlibur buat sobat semuanya. Saya doakan semoga hari ini sobat diberikan kesehatan dan segala kegiatan yang sobat lakukan di hari ini dapat diberikan kelancaran, aaammmiiiinnn. Oke sob, pada kesempatan kali ini saya mau share tutorial edit di Photoshop lagi nih. Kali ini kita akan belajar tentang cara membuat background liquid.



Cara membuatnya sangatlah mudah kok sob, buat sobat yang baru dalam hal menggunakan Photoshop pasti langsung bisa membuatnya. Oh ya untuk membuatnya saya rasa setiap versi Photoshop bisa, karena tidak membutuhkan menu dan tools khusus untuk membuatnya, disini pun saya masih menggunakan Photoshop CS3. Oke langsung aja, berikut tutorialnya.

Baca juga : Tutorial Membuat Teks 3D Dengan Photoshop CS3

Membuat Background Liquid Dengan Photoshop


  1. Pertama-tama kita akan membuat lembar kerja baru, klik "File", pilih "New", dan kemudian akan tampil sebuah menu seting dari kanvas atau lembar kerja baru tempat kita mengedit nantinya. Sebenarnya untuk setingan tidaklah terlalu berpengaruh, sesuaikan dengan keinginan sobat saja, tetapi alangkah lebih baik jika kanvasnya berbentuk persegi panjang. Kalau untuk saya sendiri disini saya menyeting width dan height-nya 1368x800 pixels, untuk resolution-nya sebesar 72, dan color mode-nya rgb color. Jika sudah sobat bisa langsung klik "ok". Untuk lebih jelasnya sobat bisa perhatikan gambar dibawah ini.
  2. Selanjutnya pastikan bahwa foreground color sobat hitam dan background color sobat putih, jika warnanya lain silahkan ganti terlebih dahulu warnanya, dengan mengklik kotak foreground dan background tersebut. Jika sudah, sobat bisa langsung mengklik menu "Filter", arahkan kursor ke "Render", dan pilih "Clouds".
     
  3. Kemudian sobat pilih menu "Filter" lagi, pilih "Render", dan pilih "Fibers". Sobat atur variance dan strength-nya sesuai selera sobat, jika sobat ingin mengikuti saya disini saya menggunakan variance sebesar 16 dan strength sebesar 4, kemudian klik "Ok". Jika sudah, hasilnya akan seperti di bawah ini.
  4. Langkah selanjutnya adalah kita pilih menu "Filter" lagi, lalu pilih "Liquify". Nah pada bagian ini sobat buat efek cairannya dengan pilih "Forward Warp Tool" yang terletak di pojok kiri atas, ikonnya seperti tangan yang menunjuk, gunanya adalah untuk membuat efek cairan liquidnya. Pada menu disamping kanan, sobat bisa atur besar brush untuk menggosok nantinya, disini saya atur 270 dari ukuran brushnya. Jika sudah, sobat bisa langsung membuat efek cairannya dengan menggosok brush di bagian lembar kerja sobat, kreasikan sesuai selera sobat masing-masing.
  5. Selanjutnya, sobat pilih menu "Select", lalu pilih "Color Range". Pada menu Color Range sobat ke bagian select dan ganti pilihannya dengan shadows, kemudian klik "Ok".
  6. Jika sudah maka akan terlihat seperti ada seleksi terhadap efek liquidnya. Setelah itu sobat bisa membuat layer baru, dengan mengklik ikon "Create New Layer" yang terdapat di pojok kanan bawah samping ikon tempat sampah. Sobat arahkan kursor ke bagian layer baru, lalu matikan layer background dengan mengklik ikon mata di samping layer background tersebut.
  7. Langkah selanjutnya pilih ikon "Brush Tool" dan pastikan foreground color sobat itu hitam. Lalu sobat bisa brush di lembar kerja layer baru tersebut, pastikan sobat mem-brush-nya dengan rata. Jika telah selesai maka tekan tombol kombinasi "CTRL+D", hasilnya akan seperti ini.
  8. Oke sampai sini sudah ingin selesai sob. Selanjutnya sobat bisa mengaktifkan kembali layer background tadi dengan mengklik kembali ikon mata di samping layer backgroundnya. Lalu arahkan kursor ke layer background dan di klik, pilih ikon berbentuk lingkaran hitam putih disamping ikon membuat layer baru tadi, lalu pilih "Solid Color". Disini kita akan mengubah warna background liquidnya, saya menggunakan warna dengan kode #001e17.
  9. Kemudian kita beralih ke layer baru tadi, sobat klik layer baru tersebut dan pilih ikon fx, lalu pilih "Color Overlay". Disini kita juga akan mengganti warna dari layer baru tersebut, kali ini saya menggunakan warna dengan kode #3bc2a2.
  10. Yap sudah selesai sob. Gimana hasil sobat? kalo saya hasilnya adalah seperti dibawah ini.
Begitulah cara membuat background liquid dengan photoshop, sangat mudah kan sob?. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat semua. Mohon maaf apabila ada salah kata, jika agak kurang mengerti sobat bisa komen di bawah, dan terima kasih buat sobat semua yang sudah membaca artikel ini.

Wassalamualaikum...

0 Comments