Assalamualaikum...

Selamat pagi dan selamat hari Rabu sobat pembaca semua. Sejujurnya artikel ini ditulis di Selasa siang, tapi nggak apa-apa deh berhubung saya terbitinnya di hari Rabu pagi jadi sapaan saya begitu, semoga tidak ada yang keberatan ya hehehe. 

Okeh sob, jadi pada kesempatan kali ini saya mau membuat tutorial lagi nih, tentunya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Untuk tutorial kali ini saya ingin membuat teks yang akan di edit jadi berefek pecah gitu sob. Oh ya untuk mengedit teks berefek pecah tidak membutuhkan Photoshop dengan versi yang terbaru, semua versi bisa kita gunakan untuk mengedit teks efek pecah ini. Oke, supaya tidak terlalu lama dengan banyak basa-basi, langsung aja deh di simak tutorialnya.

Baca juga : Tutorial Membuat Background Liquid Dengan Photoshop

Tutorial Membuat Teks Efek Pecah di Photoshop




  1. Pertama-tama sudah pasti sobat harus membuka aplikasi Photoshop terlebih dahulu, kemudian membuat lembar kerja baru dengan cara klik menu "File", pilih "New", dan silahkan sobat seting kanvas atau lembar kerja sobat tersebut sesuai selera dan keinginan sobat masing-masing. Untuk ukuran atau setingan lembar kerja tersebut tidak ada patokan ya sob, jadi untuk setingan itu silahkan sobat tentukan sendiri.
  2. Langkah kedua, kita ubah warna lembar kerja kita, kalau disini saya mengubahnya dengan warna hitam. Untuk memberikan warna atau mengubah warnanya sobat bisa klik "Paint Bucket Tool" yang terdapat di menu sebelah kiri layar, jika sudah sobat arahkan kursor ke lembar kerja dan klik. Oh ya, sebelum mengubah warna pastikan foreground color sobat itu sudah berubah warna menjadi warna yang sobat inginkan.
  3. Langkah ketiga, sobat tuliskan teks yang ingin sobat edit efek pecah nantinya. Caranya dengan mengklik "Horizonal Type Tool" ikonnya berbentuk huruf T di sebelah kiri. Setelah itu sobat bisa pilih jenis hurufnya, disini saya menggunakan jenis huruf "Impact", untuk ukuran hurufnya sebesar 100, sobat bisa bebas menentukan ukuran hurufnya, dan untuk warna silahkan sobat pilih warna putih untuk warna teksnya nanti agar kontras dengan warna kanvas atau lembar kerja. Jika semua sudah, silahkan tuliskan teksnya di lembar kerja.
  4. Langkah keempat, saya merasa tulisan itu agak terlalu dempet, hal tersebut akan membuat susah disaat memberi efek pecah nantinya, maka saya akan membuatnya agak renggang. Untuk membuat tulisan agak renggang itu caranya dengan klik menu "Character" yang di tandai dengan ikon A, terletak di sebelah kanan. Lalu kemudian sobat atur jaraknya, disini saya mengatur jaraknya 200. Untuk lebih jelasnya lagi sobat bisa lihat gambar dibawah ini.
  5. Langkah berikutnya, kita ubah ukuran tulisan karena terlihat terlalu kecil, untuk mengubahnya sobat bisa menekan tombol kombinasi yaitu "CTRL+T" sobat bisa sesuaikan sendiri ukuran dari hurufnya. Jika sudah, kita ubah format teks yang ada di lembar kerja menjadi gambar, caranya adalah dengan klik kanan layer teks, lalu pilih "Rasterize Type".
  6. Selanjutnya kita buat pusat dari pecahan atau retakan yang berada di teks. Untuk menentukan pusatnya kita menggunakan "Ruler" yang terdapat di Photoshop. Jika Ruler di Photoshop sobat belum ada, sobat bisa menekan tombol kombinasi "CTRL+R" untuk memunculkan Rulernya. Nah selanjutnya sobat bisa menarik Rulernya untuk membuat pusat pecahan, supaya lebih jelas silahkan sobat perhatikan gambar di bawah ini.
  7. Selanjutnya kita bagi teks tersebut menjadi empat bagian, dengan cara klik "Rectangular Marquee Tool" yang terdapat di sebelah kiri layar, kemudian kita seleksi teks yang terdapat di lembar kerja tersebut. Perhatikan gambar sebelumnya, saat membuat pusat retakan, Ruler telah membagi teks menjadi empat bagian, nah disitulah kita akan membaginya atau menyeleksinya. Jika sudah di seleksi sobat bisa langsung menekan tombol kombinasi "CTRL+J" untuk membuat duplikat layer. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah gambar di bawah ini.
  8. Lakukan langkah sebelumnya sebanyak empat kali, sehingga sobat memiliki empat buah layer baru yang berisi potongan dari teks tersebut. Jika sudah, matikan layer utama sebelumnya, kalau disini saya layer utamanya bernama "PECAH". Mematikan layernya dengan cara mengklik ikon berbentuk mata yang terdapat di samping layer utama.
  9. Selanjutnya kita akan melakukan langkah utamanya yaitu membuat efek pecah dari teks tersebut. Klik "Polygonal Lasso Tool" yang terdapat di sebelah kiri, gunanya untuk memotong bagian teks agar membentuk efek retakan sob. Oh ya sebelum itu, kita klik layer yang ingin kita beri efek tadi, layer yang telah kita bagi tadi. Semisal disini saya ingin membuat efek di teks bagian atas kanan, maka saya memilih layer 1 jangan sampai salah pilih layer karena tidak akan bisa sob. Oh ya setelah memotong bagian yang ingin diberi efek pecah, sobat geser teks sambil menekan "CTRL", jika sudah sobat tekan tombol kombinasi "CTRL+D" untuk menghilangkan seleksi. Perhatikan gambar di bawah ini.
  10. Selanjutnya silahkan sobat buat efek retak atau pecah di setiap layer, mulai dari layer 1 sampai layer 4. Oh ya, pusat yang telah kita buat itu berfungsi untuk menentukan arah pecahannya sob. Lakukan ke semua layer.
  11. Yap sudah selesai, gimana nih hasil sobat? kalo saya sih hasilnya seperti di bawah ini.


Oke mungkin cukup segitu untuk tutorial kali ini, silahkan sobat praktekin dan kreasikan sesuai keinginan sobat masing-masing. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan terima kasih buat yang udah baca.

Wassalamualaikum...

0 Comments