Assalamualaikum...

Seperti yang sobat ketahui, bahwa saya belakangan ini sedang rutin menonton anime. Tentunya saya hanya menonton anime saja tidak dibarengi dengan membaca manga. Nah, karena seringnya menonton anime tersebutlah membuat saya memiliki ide untuk membuat artikel ini.



Menonton anime merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, termasuk saya. Terlebih jika menontonnya itu setelah kita melakukan aktivitas yang sangat menguras tenaga dan pikiran, dengan menonton anime kita bisa terhibur kembali.

Itu merupakan salah satu dari sekian banyaknya manfaat yang akan kita dapat setelah menonton anime. Berikut ini saya akan membahas beberapa manfaat yang akan kita dapat jika menonton anime.

1. Dapat memberikan hiburan


Saya termasuk orang yang suka merasa lelah dan stres ketika memiliki kegiatan yang sangat padat di setiap harinya, apakah sobat juga seperti saya?. Jika sudah mengalami hal seperti itu yang saya butuhkan hanya satu, yaitu hiburan.

Memang benar sebuah hiburan itu bisa di dapatkan di mana saja, melihat seorang anak kecil yang berlarian kesana-kemari saja itu sudah sangat menghibur. Tetapi kalau saya sih untuk mencari hiburan biasanya menonton anime.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mem-publish Artikel

Cerita yang menarik, animasi yang bagus, dan beberapa humor yang terselip di dalamnya sukses membuat saya sangat terhibur. Dan itu merupakan manfaat yang akan kita dapat jika menonton anime.

Buat sobat yang sedang lelah atau yang baru saja merasakan putus cinta dan sedang galau, saya sarankan untuk menonton anime supaya sobat dapat terhibur kembali. Cobalah untuk menonton anime bergenre adventure yang dapat membangkitkan kembali semangat sobat, contoh anime bergenre tersebut itu seperti anime HunterxHunter.

2. Dapat memiliki teman baru


Jika seseorang sudah suka terhadap suatu hal mereka akan rela menghabiskan berjam-jam untuk mencari info lebih lanjut mengenai hal yang disukainya, contohnya anime. Orang yang sudah suka dengan anime pasti akan mencari info atau update terkini terkait anime yang ia sukai, bahkan tak jarang dari mereka yang mengikuti sebuah acara yang bertemakan anime tersebut.

Baca juga : Indomie, Telur, Kornet (InTernet)

Pada awalnya seseorang akan mencari info secara pribadi. Karena dirasa masih belum cukup, akhirnya ia mulai bergabung di grup anime, entah itu facebook ataupun grup sosial media lainnya yang fokus membahas anime.

Sangat menyenangkan memang bisa berdiskusi bersama seseorang yang memiliki hobi yang sama seperti kita, misal memiliki hobi menonton anime yang sama. Dan dari situlah kita bisa mengenal orang baru dan juga dapat memiliki teman baru loh sob, meskipun awalnya hanya sebatas teman di dunia maya, tetapi tidak menutup kemungkinan akan bertemu di dunia asli, atau mengadakan kopdar gitu.

Dengan begitu, manfaat menonton anime yang kedua adalah kita dapat memiliki teman baru.

3. Mengenal budaya Jepang


Untuk orang yang sama sekali belum tahu soal anime, jika menonton anime pasti mereka sudah dapat mengetahui bahwa anime tersebut berasal dari Jepang. Mengapa begitu? karena memang hampir di semua anime memiliki latar tempat dan suasana seperti di Jepang, kecuali anime Shingeki no Kyojin.

Tidak hanya sebatas latar dan suasana, tetapi kadang juga diselipkan budaya yang terdapat di Jepang tersebut. Misalnya seperti budaya berpakaiannya, perilaku ketika bertemu dengan orang lain, dan juga dari segi sopan santunnya ketika mengucapkan terimakasih dan meminta maaf.

Nah, dari situlah kita bisa belajar dan bisa lebih mengenal budaya di Jepang. Walau hanya sekadar dari menonton anime saja dan itulah manfaat yang akan kita dapat jika menonton anime.

Baca juga : Cara Mudah Membuat About Me yang Keren di Sidebar Blog

4. Dapat mengetahui bahasa Jepang


Manfaat selanjutnya yang akan kita dapat jika menonton anime adalah dapat mengetahui bahasa Jepang. Sebenarnya manfaat ini akan kita dapat jika kita menonton anime yang berbahasa Jepang atau belum di terjemahkan dengan dubber Indonesia.

Karena kalau sudah diterjemahkan dengan dubber Indonesia tentu saja percakapan antar tokoh sudah tidak berbahasa Jepang lagi melainkan bahasa Indonesia. Di sarankan untuk hanya menggunakan subtittle bahasa Indonesia saja, dengan begitu akan mempermudah dalam mengetahui bahasa Jepang tersebut.

5. Menginspirasi dalam hal membuat sebuah karya


Anime merupakan sebuah kartun, kartun yang berasal dari Jepang. Seperti kartun pada umumnya, anime juga di gambar oleh tangan seseorang. Meskipun hanyalah sebuah gambar, tetapi pergerakan dari tokoh di anime sangatlah luwes, bahkan anime yang bergenre action itu dalam adegan bertarung sudah seperti orang sungguhan, sangat-sangat luwes.

Nah, karena gambar yang bagus tersebutlah bisa menginspirasi banyak orang, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi menggambar. 

Menurut saya, bagus jika orang tua mengenalkan anime kepada anak, dengan catatan genre anime tersebut haruslah sesuai dengan anak. Misalnya anime Digimon Adventure, selain visualnya yang bagus disitu anak bisa belajar tentang arti persahabatan.

Oh ya, dengan kita mengenalkan anime kepada anak kecil tentu saja hal tersebut bisa menginspirasi mereka dan meningkatkan daya kreativitas mereka dalam hal membuat sebuah karya, yaitu menggambar. Siapa tahu setelah menonton anime, sang anak jadi memiliki hobi menggambar, dan selama hobi tersebut positif tentu itu akan sangat membanggakan.

Kesimpulan


Tidak hanya menonton anime, melakukan hobi seperti membaca buku, menonton film layar lebar, menggambar, menulis artikel, menulis novel, dan berbagai macam hobi lainnya. Jika semua hobi yang kita lakukan itu bernilai positif tentu akan mendatangkan manfaat yang baik untuk kita pribadi.

Penutup


Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat semua, apabila sobat merasakan manfaat lain selain yang telah saya sebutkan diatas sobat bisa tuliskan di kolom komentar. Apabila ada kritik dan saran untuk artikel ini sobat juga bisa menuliskannya di kolom komentar, tentunya kritik dan saran tersebut bersifat membangun ya.

Terimakasih saya ucapkan untuk yang sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Wassalamualaikum...

15 Comments

  1. Kalau saya lebih suka membaca anime, sebab kalau membaca tampak lebih bisa menghayati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul sih memang dengan membaca jadi bisa lebih menghayati. Cuma saya menonton anime karena memang sedang malas untuk membaca sebuah buku ataupun sebuah novel hehehe.

      Delete
  2. selain hiburan, nonton anime juga dapat menangkap pesan pesan tentang kehidupan.

    # mantap artikelnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul sekali bang, terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  3. Aku juga suka banget sih sama anime mekipun sudah setua ini :D
    Kadang aku suka lihat bareng anak-anak juga di rumah, selain bermanfaat untuk menambah inspirasi dan menambah wawasan tentang budaya jepang, bisa makin akrab juga sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kebanyakan anime juga membahas tentang persahabatan dan pertemanan gitu yang saya rasa memang sangat cocok untuk ditonton anak-anak .

      Delete
  4. aku gak terlalu suka kartun sih, tapi sejauh aku nonton anime, yang bikin beda daripada kartun kebanyakan tuh pesannya. gak tau sih, tapi anime2 yang kutonton pesannya bagus2 walaupun gak semuanya populer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget mba, jujur saja saya sih baru belakangan ini suka nonton anime itupun untuk pelarian karena lagi males baca buku hehehe. Tetapi sejauh ini saya nggak nyesel bahkan dibikin ketagihan nonton anime hehehe.

      Delete
  5. saya suka anime2 nya Ghibli, timeless bgt

    ReplyDelete
  6. Jadi teringat mantan setiap nonton atau lihat gambar anime ..., karena dia berasal dari Jepang.
    Eh kok jadi curhat 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhh kalo lagi kangen emang gitu bang, kadang mantan bisa menyerupai apa aja hehehe.

      Delete
  7. kalau cowok suka nonton anime kalau cewek suka nonton drakor heheheh

    ReplyDelete
  8. Karena banyak juga yang suka anime ya, bahkan cewek-cewek.
    Mungkin karena model kartunnya yang aneh kali ya, kayak Naruto gitu, anak saya suka, sayanya males banget.

    Emang susah sih kalau udah kurang suka dari sononya.
    Padahal kalau mau maksa nonton, ceritanya juga kece :D

    ReplyDelete
  9. Menonton anime merupakan salah satu jalan saya belajar bahasa Inggris. Dulu saya biasa menonton dengan sub Bahasa Inggris. Sekarang malah lebih sering b. indo, wkwkw.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)