Assalamualaikum...

Halo sobat My Blog My Daily, kembali lagi dengan saya penulis blog ini yang biasa-biasa saja. Oke sob, jadi untuk postingan kali ini saya hanya akan bercerita atau sekadar sharing saja kepada sobat semua mengenai kebiasaan saya menonton anime jadul yang baru saya lakukan beberapa hari ini.

Jadi ceritanya belakangan ini saya sedang di serang oleh rasa malas dalam membaca buku. Entah karena memang malas atau mungkin saja minat baca saya yang mulai berkurang, mengerikan sekali ya sob semoga saja ini hanya sekadar rasa malas.

Setelah membaca novel Sunset & Rosie karyanya om Tere Liye, sebenarnya masih ada satu buah novel lagi yang belum saya baca. Novel tersebut saya pinjam dari Amalia, sudah cukup lama saya meminjamnya, mungkin sekitar awal bulan September ini dan sampai hari ini saya belum membacanya hehehe.

Pada suatu hari yang mana saya sedang gabut-gabutnya. Saya tiba-tiba teringat dengan salah satu anime kesukaan saya di waktu kecil, yaitu Digimon. Saat itu muncul keinginan di hati saya untuk kembali menonton anime tersebut, tentunya saya menonton dari digimon seri pertama, yaitu Digimon Adventure.



Sejujurnya saya sudah lupa mengenai cerita tentang anime ini. Saya bahkan tidak tahu apakah saya pernah menonton Digimon Adventure atau hanya yang kedua saja. Karena waktu saya kecil saya hanya mengingat bahwa saya pernah menonton Digimon Adventure 02 saja. Jika hal tersebut benar, berarti menonton seri yang pertama adalah hal baru bagi saya dan tentu saja harus saya tonton sampai habis.

Menonton anime ini saya tidak sendiri sob, adik saya yang bernama Nabil selalu standby duduk di samping saya untuk nonton bersama.

Tentang cerita Digimon Adventure


Oke jadi anime ini berkisah tentang petualangan sekelompok anak sekolah dasar, yang terdiri dari delapan orang anak. Mereka bernama, Taichi, Yamato, Sora, Mimi, Joe, Koushiro, Takeru, dan Hikari.

Mereka semua bersekolah di tempat yang sama. Pada saat itu ada kegiatan berkemah yang diadakan oleh sekolah mereka, tentunya tempat berkemah itu jauh dari pusat kota, dan mengharuskan mereka menginap beberapa hari disana.

Ketika mereka sudah sampai di tempat perkemahan tersebut, tiba-tiba ada semacam benda asing yang jatuh dari langit dan mendarat tepat di depan mereka semua. Benda tersebutlah yang kini kita ketahui sebagai digivice, semacam alat yang diperuntukkan anak-anak terpilih(sebutan untuk anak-anak yang mendapat digivice). Digivice berfungsi sebagai alat yang dapat membuat digimon berevolusi.

Oh iya sob, salah satu anak yang bernama Hikari itu ia tidak ikut ke perkemahan dikarenakan sedang sakit demam. Hikari merupakan adik dari Taichi dan tentu saja Hikari juga termasuk sebagai anak terpilih, karena ia juga mendapat digivice.

Setelah masing-masing anak mendapatkan digivice, secara tiba-tiba mereka semua masuk kedalam sebuah dimensi lain dari dunia ini, yaitu dunia digital. Hanya tujuh dari total delapan anak yang masuk ke dunia digital, karena seperti yang telah saya sampaikan tadi bahwa Hikari sedang sakit demam, jadi dia tetap tinggal dirumah. Itu berarti ia tidak masuk ke dunia digital bersama anak terpilih lainnya.

Di dunia digital itulah anak-anak terpilih mendapatkan partner sekaligus pelindung mereka masing-masing, yaitu digimon atau singkatan dari digital monster. Berikut adalah daftar anak-anak terpilih dan partner digimon mereka :


  1. Taichi memiliki partner Agumon
  2. Yamato memiliki partner Gabumon
  3. Sora memiliki partner Piyomon
  4. Mimi memiliki partner Palmon
  5. Joe memiliki partner Gomamon
  6. Koushiro memiliki partner Tentomon
  7. Takeru memiliki partner Patamon
  8. Hikari memiliki partner Tailmon

Untuk lebih jelasnya silahkan sobat perhatikan gambar di bawah ini.


Sejujurnya saya sempat dibuat bosan di awal-awal episode. Kenapa begitu? karena di setiap episode awal selalu menceritakan evolusi dari digimon milik anak-anak terpilih. Contoh saja di episode kedua bercerita tentang pertarungan Agumon melawan Shellmon dan pada akhirnya Agumon berubah atau berevolusi menjadi Greymon, selanjutnya di episode ketiga adalah berubahnya Gabumon menjadi Garurumon dan begitu seterusnya. Karena cerita yang terkesan monoton, makanya saya sempat agak bosan pada saat itu.

Tetapi begitu masuk ke pertengahan cerita saya dibuat ikut tegang melihat perjuangan anak-anak terpilih melawan digimon jahat bernama Devimon. Yap, Devimon merupakan digimon kegelapan yang memiliki atribut sebagai virus. Ia memiliki niat untuk menguasai pulau file(pulau yang dimasuki anak-anak terpilih).

Apakah anak-anak terpilih dapat mengalahkan Devimon? apakah hanya Devimon saja musuh mereka di dunia digital? silahkan sobat cari tahu jawabannya dengan menonton animenya ya hehehe. Saya nggak mau terlalu spoiler, takut di amuk masa nanti wkwkwk.

Klasifikasi digimon


Mungkin sobat yang belum menonton anime ini akan bertanya, mengapa saya menyebut Devimon sebagai digimon virus? dan apakah maksud dari digimon beratribut virus?. Oke saya akan jelaskan secara singkat menurut pemahaman saya ya sob.

Jadi pengklasifikasian digimon berdasarkan atribut itu terbagi menjadi tiga macam, yaitu data, vaksin, dan virus. Untuk memahaminya silahkan di simak pengertian dari masing-masing atribut tersebut di bawah ini :

  • Vaksin : Digimon yang beratribut vaksin biasanya memiliki kepribadian yang baik, karena digimon ini cenderung menjunjung tinggi nilai keadilan dan moral. Digimon beratribut vaksin sudah pasti menjadi digimon yang melawan kejahatan yang ditimbulkan digimon virus.
  • Data : Berbeda dengan digimon yang memiliki atribut vaksin, digimon beratribut data terkadang ada yang baik dan ada juga yang jahat. Tetapi, digimon dengan atribut data cenderung lebih banyak yang berkepribadian baik, karena mereka mengutamakan perdamaian.
  • Virus : Melihat nama atributnya saja kita sudah tahu akan kepribadian dari digimon yang memiliki atribut ini ya sob. Yap, digimon beratribut virus adalah digimon kegelapan yang cenderung ingin menguasai dunia digital. Ia sangatlah serakah, egois, dan tidak peduli terhadap digimon yang lainnya.

Terlepas dari itu semua Devimon berhasil membuat digimon baik menjadi jahat, ia melakukan hal tersebut untuk mengalahkan anak-anak terpilih. Devimon merubah digimon yang baik menjadi jahat dengan cara menanamkan roda bergerigi hitam terhadap bagian tubuh digimon tersebut. Jika digimon telah terkena roda bergerigi hitam itu maka dia akan memiliki sifat jahat, tidak peduli ia termasuk digimon beratribut vaksin ataupun data yang memiliki kepribadian baik sebelumnya.

Dengan tertanamnya roda bergerigi hitam di bagian tubuh digimon tersebut, otomatis mereka jadi jahat, dan tentunya menjadi anak buah dari Devimon.

Konfliknya


Mungkin jika sobat membaca tulisan ini dari awal sobat akan tahu bahwa konflik yang terdapat pada anime ini ya konflik antara anak-anak terpilih dengan digimon kegelapan, salah satunya Devimon. Tetapi konfliknya lebih dari itu saja sob, bahkan sempat terjadi civil war atau perang saudara antara anak-anak terpilih.

Tidak hanya konflik eksternal, tetapi juga ada konflik internal, contohnya seperti perbedaan pendapat antara anak-anak terpilih tersebut. Biasanya sih yang sering beda pendapat itu si Taichi dengan Yamato. Bahkan sempat terjadi perkelahian antar keduanya sob.

Sumber : digimon.wikia.com

Sumber : hero.wikia.com

Karena seringnya berbeda pendapat antara masing-masing anak terpilih. Puncaknya adalah mereka semua terbagi menjadi tiga kelompok sob, saya sangat menyayangkan hal itu terjadi karena memang seharusnya mereka selalu bersama untuk menyatukan kekuatan melawan digimon kegelapan. Apakah anak-anak terpilih dapat bersatu kembali? silahkan sobat lihat di animenya saja ya hehehe.

Pesan moral


Kalau bisa dibilang sih setiap anime dari Jepang tuh pesan moralnya hampir sama semua ya sob, pasti tentang menjaga persahabatan dan pertemanan. Entah itu anime Naruto, Hunter x Hunter, One Piece, dan yang lainnya pasti pesan moralnya tentang saling menjaga dan menghormati sesama teman, termasuk anime Digimon Adventure ini.

Dari awal anime ini tayang, sobat pasti melihat bahwa setiap anak-anak terpilih itu saling membantu satu sama lain, dan saling menjaga satu sama lain. Menurut saya disitulah hebatnya anime ini dan tentu saja cocok untuk di tonton anak-anak. Kenapa begitu? karena untuk mengajarkan kepada mereka arti sebuah persahabatan, dan arti teman sejati yang sesungguhnya.

Intinya sih saya sudah selesai nonton anime ini. Kalau boleh ngasih peringkat dari 1 - 10, saya akan kasih nilai 8,5 untuk anime ini. Tentunya penilaian yang saya berikan itu menyangkut keseluruhan aspek ya sob, mulai dari cerita, animasinya, dan lain-lain.

Sekarang ini saya sedang menonton Digimon Adventure 02, yaitu kelanjutan cerita dari Digimon Adventure. Tapi kayanya akan saya pending dulu deh untuk menontonnya, saya ingin membaca novel terlebih dahulu supaya bisa di pulangin ke yang punya. Tidak enak rasanya jika meminjam barang orang lain sampai selama ini hehehe.

Oh ya sob spoiler dikit ya, di Digimon Adventure 02 itu akan ada anak-anak terpilih baru, dan generasi Taichi dan Yamato sepertinya tidak terlalu terlibat dalam pertarungan di dunia digital. Walaupun sesekali mereka tetap kelihatan ikut membantu.

Mungkin nanti setelah saya selesai menonton Digimon Adventure 02, saya akan membahasnya juga di blog ini, jadi ditunggu saja ya.

Saya tidak menyangka sudah 1000 kata lebih saya menulis hehehe. Oke mungkin segitu saja untuk postingan saya kali ini, semoga saja dapat bermanfaat buat sobat semua ya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan kekurangan. Terima kasih untuk yang sudah membaca tulisan saya kali ini.

Wassalamualaikum...

2 Comments

  1. Kartun digimon,,,dulu pas masih sd kalo hari minggu gak akan keluar rumah dulu sebelum nonton film kartun ini,,,wkwkw jadi rindu masa kecil yg dimana televisi masih layak ditonton untuk anak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya wkwkwk, seru emang cuma greget aja kalo harus nonton seminggu sekali.

      Delete

Silahkan Berkomentar :)