Assalamualaikum...

Tidur siang merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan, tetapi kebanyakan orang jarang melakukan hal yang satu ini. Kebanyakan orang masih melakukan aktivitasnya pada siang hari, seperti sekolah, bekerja, dan bermain. Oleh karena itu, masih banyak orang yang meninggalkan tidur siang mereka.



Jika kita tidak memiliki kegiatan penting yang harus di lakukan pada siang hari, alangkah baiknya kita tidur siang saja. Mengapa begitu? karena ternyata tidur siang memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh kita sob. Ingin tahu seperti apa manfaatnya? berikut ini akan saya bahas mengenai manfaat tidur siang, yang mungkin saja belum sobat ketahui.

Manfaat Tidur Siang


1. Dapat meningkatkan daya ingat


Buat para orang tua yang memiliki anak berusia balita, penting untuk membiasakan anak tersebut melakukan tidur di siang hari. Ini terkait akan manfaat tidur siang yang pertama, yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Daya ingat sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak, karena dengan meningkatnya daya ingat itu akan memudahkan anak dalam proses belajar mereka.

Terdapat sebuah studi yang dilakukan di Jerman untuk membuktikan manfaat tidur siang yang dapat meningkatkan daya ingat. Pada penelitian tersebut melibatkan beberapa orang, mereka harus menonton sebuah DVD dan menghafal kata yang terdapat di dalamnya.

Setelah itu, sebagian dari orang tersebut diminta untuk melakukan tidur siang, dan sebagiannya lagi tidak tidur siang. Hasil membuktikan bahwa sebagian orang yang melakukan tidur siang dapat mengingat lebih baik dibanding mereka yang tidak tidur siang.

Jadi, masih mau ninggalin tidur siang?


2. Membantu mengurangi stress


Aktivitas sehari-hari dan beban pikiran berlebih dapat memicu terjadinya stress. Dan stress pun dapat menjadi penyebab dari beberapa jenis penyakit, tentunya itu bukan hal yang baik bagi diri kita. Kita harus dapat mengurangi stress yang terjadi pada diri kita dan ternyata salah satu cara mengurangi stress itu sangatlah mudah sob, hanya dengan melakukan tidur di siang hari.

Tidur siang hari dapat membuat pikiran dan seluruh tubuh kita menjadi lebih rileks, tentunya akan menjadi lebih siap untuk menjalani aktivitas selanjutnya. Dengan kondisi pikiran dan tubuh yang kembali prima seperti sebelumnya, tentu dapat mengurangi stress yang terjadi. Oleh karena itu sangat penting bagi kita, khususnya yang memiliki aktivitas padat, agar menyisihkan sedikit saja waktu untuk beristirahat tidur siang.


3. Dapat mencegah penyakit jantung


Pada dasarnya, penyakit dapat disebabkan oleh kebiasaan kita di setiap harinya. Mungkin tidak pada saat itu juga, bisa saja kebiasaan yang sering kita lakukan akan berdampak di kemudian hari nanti atau di masa tua nanti.

Kebiasaan buruk tentunya dapat membawa hal buruk bagi kita, bisa juga membawa penyakit kepada tubuh kita. Sebaliknya, kebiasaan yang baik dapat berdampak positif terhadap diri kita. Tidur siang merupakan sebuah kebiasaan yang baik loh sob dan ternyata tidur siang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Terdapat sebuah studi yang dilakukan pada 23.000 orang Yunani dewasa. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sering melakukan tidur siang memiliki resiko penyakit jantung lebih kecil 30 persen, dibandingkan dengan yang tidak tidur siang.

4. Dapat meningkatkan kreativitas


Apakah sobat merupakan seorang blogger? atau mungkin seorang desainer grafis yang setiap harinya bekerja mendesain banyak hal?. Baik blogger maupun desainer, keduanya bisa dapat terus kita lakukan jika kita memiliki kreativitas dalam diri kita, tentunya kreativitas tersebut tidak muncul begitu saja. Tetapi ada hal sederhana yang dapat meningkatkan kreativitas kita loh sob, yaitu tidur siang hari.

Benarkah tidur siang dapat meningkatkan kreativitas kita?. Menurut ahli saraf di City University of New York, tidur siang memiliki manfaat dapat meningkatkan memori di otak yang membantu kita untuk berpikir lebih kreatif lagi. Berbeda dengan tidur malam, tidur siang tidak perlu lama kita lakukan, cukup 20 menit saja kita tetap dapat merasakan manfaatnya sob.


5. Dapat memperbaiki mood seseorang


Mungkin sebagian besar dari kita akan setuju bahwa seseorang perempuan akan malas untuk melakukan sesuatu, jika mood mereka sedang tidak enak atau terganggu. Saya pun setuju karena perempuan yang dekat dengan saya pun demikian, oke lupakan itu.

Tapi tahukah sobat bahwa tidur siang dapat memperbaiki mood seseorang? mungkin sebagian dari sobat ada yang heran dan bertanya "Apa hubungannya mood seseorang dengan tidur siang?." Tetapi nyatanya memang seperti itu sob. Menurut National Sleep Foundation, tidur siang dengan durasi yang terbilang singkat dapat mengurangi rasa tegang, yang berujung pada membaiknya suasana hati atau mood seseorang.

Mulai sekarang, jika sobat nemuin pacar sobat yang lagi nggak mood untuk melakukan sesuatu, coba deh suruh dia untuk tidur siang, dijamin mood dia bakal lebih baik lagi hehehe.


Penutup


Tidur siang rasanya masih sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, termasuk saya. Tetapi kita pasti akan mengalami rugi jika tidak melakukan tidur siang, mengingat banyak sekali manfaat yang akan kita dapat jika kita tidur siang. Mari kita sisihkan waktu sedikit saja untuk tidur siang, agar kita mendapat manfaat seperti yang diatas tadi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat pembaca semuanya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan kekurangan dalam artikel ini, silahkan berikan kritik dan saran pada kolom komentar dibawah, agar berikutnya saya dapat membuat artikel yang lebih baik lagi. Terima kasih karena telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Wassalamualaikum...

5 Comments

  1. Kalau ditempat kerja saya sering tidur siang dimushola sehabis sholat dhuhur dan keseringan bangun telat,,,harusnya masuk jam 1 siang ini baru bangung jam 2 :D

    ReplyDelete
  2. Bener banget mengurangi stress.. dan bisa lebih sehat ya.. Tapi kalau banyak kerjaan emang susah yaa kang mau tdr siang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau banyak kerjaan emang susah sih buat tidur siang hehehe, tapi tidur siang selama 10-20 menit aja sudah sangat cukup bahkan memang di sarankan segitu lamanya. Tapi ya namanya orang, kalau udah tidur pules ya bisa bablas berjam-jam hehehe.

      Delete
  3. teringat dulu waktu kecil sering dipaksa tidur siang. kalo sekarang malah nyari waktu utk tidur siang hehehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)