Assalamualaikum...

Pernahkah sobat pada suatu waktu sedang bermain bersama teman, kencan dengan pacar, atau bahkan sedang dalam kegiatan belajar di ruang kelas, tiba-tiba sobat mengeluarkan bunyi 'tuuut'?. Pasti kejadian itu membuat sobat merasa sangat malu kan? atau lebih parah lagi hal tersebut memicu amarah seseorang yang sedang berada di dekat sobat.

Yap, peristitwa tersebut sering kita sebut dengan istilah kentut atau yang dalam bahasa medisnya disebut flatus. Kentut atau buang angin merupakan proses biologi yang normal dan terjadi secara rutin pada setiap orang. Mungkin kentut sudah dianggap lumrah bagi setiap orang, tapi apakah kita tau tentang asal muasal kentut dan kenapa kita bisa kentut atau buang angin?. Kali ini saya akan menjelaskan tentang asal muasal kentut, silahkan sobat simak.



Penyebab Kentut

Pada saat kita makan dan minum, tahukan sobat bahwa saat itu yang masuk ke mulut kita bukan hanya makanan dan minuman saja, tetapi udara di sekitar kita ternyata juga ikut masuk. Udara yang kita telan itu mengandung oksigen dan nitrogen, kemudian akan di serap oleh tubuh kita. Sisa udara yang tidak diperlukan lagi akan dibuang melalui anus dan itulah yang kita sebut dengan kentut.

Kentut juga disebabkan oleh makanan. Makanan yang kita makan akan masuk ke dalam usus untuk diolah menjadi nutrisi bagi tubuh kita, bersamaan dengan itu tubuh kita dengan mikroba di dalamnya akan menghasilkan gas. Gas tersebut akan terdorong oleh gerak peristaltik dari usus kita dan akan terdorong hingga keluar dari tubuh kita lewat anus, gas tersebut berbau sangat busuk karena mengandung banyak belerang di dalamnya.

Itulah penyebab kita kentut. Pada dasarnya kentut merupakan hal yang wajar, tetapi banyak dari kita yang masih malu-malu ketika ingin kentut di depan pacar hehehe ya iyalah. Sebaiknya kentut itu jangan di tahan, karena kalo ditahan akan berefek yang tidak baik bagi tubuh kita, disarankan untuk pergi ke toilet terlebih dahulu jika ingin kentut jika saat itu ada pacar kita.

Oke, mungkin segitu aja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih juga buat kalian yang udah baca artikel ini.

Wassalamualaikum...

3 Comments

Silahkan Berkomentar :)