Assalamualaikum...

Dalam melakukan suatu hal yang disukai seseorang harus memiliki tujuannya masing-masing, meskipun diantara mereka masih saja ada yang belum menemukan tujuan. Termasuk dalam dunia blogging.



Jika sobat adalah seorang bloger, sobat pasti memiliki tujuan dalam ngeblog, jika sobat belum memiliki tujuan ngeblog sebaiknya segeralah menemukan tujuan ngeblog tersebut. Karena jika seorang bloger tidak memiliki tujuan bisa dipastikan semangat ngeblognya akan cepat pudar.

Dengan memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan kegiatan ngeblog, itu akan membantu kita dalam membangun blog tersebut. Kita akan merasa terus bergairah dalam ngeblog, demi untuk mencapai tujuan kita masing-masing. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama seseorang untuk mulai ngeblog : 

1. Untuk Berbagi Ilmu


Ilmu itu harus terus mengalir dan jangan berhenti di satu titik. Yap menurut saya kata-kata tersebut sangatlah benar. Jika kita memiliki ilmu terhadap suatu hal, akan lebih baik jika kita membagi ilmu yang telah kita miliki kepada orang lain.

Sebagian besar bloger yang ada, mereka membuat blog dengan tujuan untuk sharing atau membagikan beberapa ilmu yang telah mereka miliki. Ini merupakan tujuan ngeblog yang sangat-sangat mulia menurut saya, terlebih lagi semua yang mereka bagikan lewat blog itu adalah GRATIS.

Biasanya seorang bloger yang memiliki tujuan ngeblog seperti ini ia merupakan seorang guru, dosen, ataupun seseorang yang memiliki keahlian terhadap suatu bidang tertentu. Dan mereka tentu saja membuat blog dengan satu niche yang terfokus pada sesuatu yang mereka kuasai.

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bloger lain yang bukan berasal dari background khusus memiliki tujuan seperti ini. Karena setiap orang di dunia ini pasti memiliki ilmu, setiap orang memiliki keahlian di bidang masing-masing, dan akan menjadi bijak jika mereka membagi ilmu yang telah mereka miliki, terlebih membaginya dengan menulis di blog.

Baca juga : Tentang Blog Niche dan Blog Gado-gado, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Untuk Catatan Kehidupan


Pernahkah sobat melihat sebuah blog yang isinya hanya tentang peristiwa atau kejadian-kejadian yang di alami si pemilik blog? kalau saya sih sering, bahkan saya sering melakukan blogwalking kepada blog semacam itu.

Bagi saya membaca cerita kehidupan seseorang itu sangatlah menyenangkan, entah itu pengalaman suka ataupun duka yang ia bagikan lewat postingan blognya, membacanya membuat saya merasa senang. 

Sebuah blog pada awalnya memang diciptakan sebagai buku harian digital, oleh karena itu banyak dari bloger yang menuliskan cerita kehidupan mereka masing-masing. Dan bagi sebagian dari mereka, menuliskan cerita atau pengalaman hidup itu menjadi sebuah tujuan mereka melakukan kegiatan ngeblog, dan itu tidaklah salah.

Banyak sekali pengalaman yang akan di bagikan oleh bloger tersebut lewat tulisannya, dari mulai pengalaman yang super penting sampai yang biasa saja tetapi tetap menarik untuk dibaca. Dengan membaca pengalaman orang lain kita juga dapat memahami kehidupan ini dari sudut pandang yang berbeda (sudut pandang si penulis). Intinya, banyak pelajaran yang akan di dapat jika kita membaca pengalaman orang lain, apakah sobat tertarik untuk memiliki tujuan ngeblog seperti ini?.

Baca juga : Cara Melakukan Blogwalking yang Baik dan Benar

3. Untuk Mengeluarkan Pendapat


Setiap orang memiliki opini atau pendapat terhadap suatu hal dan tidak semua orang bisa atau mau menyampaikan pendapatnya tersebut secara langsung. Jika sobat termasuk orang yang seperti itu, silahkan sobat memulai ngeblog dari sekarang.

Kenapa? karena di blog kita bebas berekspresi dan bebas menuliskan apapun, selama apa yang kita tulis tidak melanggar ketentuan yang ada. Jika sobat memiliki opini atau pendapat tentang sebuah tempat, makhluk hidup, ataupun dunia ini sobat bisa menuangkan pendapat tersebut melalui sebuah tulisan yang sobat tulis di blog pribadi sobat.

Sebagian bloger pun memiliki tujuan ngeblog untuk mengeluarkan pendapat. Saya pun terkadang demikian, jika ada suatu hal yang rasanya menarik untuk saya beri pendapat, maka saya akan mulai menulis pendapat saya tersebut lewat postingan di blog. Selama tulisan kita masih pada ketentuan yang ada dan tidak terlalu menyinggung suatu pihak, itu sah-sah saja dilakukan.

Baca juga : 4 Ciri Konten Blog yang Baik Untuk Pembaca

4. Untuk Promosi


Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini jamannya serba online. Mulai dari beli tiket pesawat, tiket kereta, pesan kamar hotel, beli perabotan rumah tangga, dan bahkan transportasi pun sudah di-online-kan sekarang. Tentu saja hal tersebut mempermudah pekerjaan manusia.

Para penjual barang atau jasa yang masih berjualan dengan cara tradisional sekarang mulai melakukan jualan secara online. Semua itu mereka lakukan agar barang atau jasa yang mereka tawarkan dapat tetap dilirik oleh pelanggan dan tidak ketinggalan jaman.

Nah, jika sobat memiliki sebuah barang atau jasa yang hendak sobat jual, alangkah baiknya sobat menawarkan barang dan jasa tersebut lewat internet. Ada berbagai macam cara yang dapat sobat lakukan, mulai dari berjualan di toko online yang sudah ada atau berjualan di website atau blog pribadi sobat.

Membuat website membutuhkan modal yang lumayan, mungkin tidak cocok untuk sobat yang baru memulai usaha atau bisnis secara online.

Tetapi ada cara lain sob. Sobat bisa mempergunakan blog untuk menjadi tempat berjualan sobat dan mempromosikan barang atau jasa yang sobat tawarkan. Blog itu gratis dan mudah dalam membuatnya, dan menurut saya mempromosikan lewat blog itu merupakan cara yang efektif buat sobat yang baru memulai usaha lewat internet.

Baca juga : 6 Manfaat Penting yang Akan Kita Dapat Jika Ngeblog

5. Untuk Bersenang-senang


Tidak sedikit bloger yang memulai kegiatan ngeblognya dengan tujuan untuk bersenang-senang dan untuk mengisi waktu luang.

Seorang bloger yang memulai ngeblog dengan tujuan untuk bersenang-senang cenderung akan sangat menikmati kegiatan ngeblog mereka. Membaca artikel di blog lain, menulis artikel baru, dan semacamnya mereka lakukan dengan senang hati dan tanpa terbebani sedikitpun.

Semakin sering mereka menulis, semakin terbiasalah mereka dalam hal tersebut. Tanpa mereka duga pengunjung pun makin ramai datang ke blog mereka dan pada akhirnya mereka menjadi seorang bloger yang sukses.

6. Untuk Menghasilkan Uang


Kebanyakan dari seorang bloger pemula memulai kegiatan ngeblog karena tergiur setelah mengetahui bahwa ngeblog itu dapat menghasilkan uang. Yap memang benar ngeblog itu dapat menghasilkan uang, tetapi untuk menghasilkan uang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Konsisten lah kuncinya.

Karena mengetahui bahwa ngeblog dapat menghasilkan uang, seorang bloger pemula pun menjadikan hal tersebut sebagai tujuan utama mereka mulai ngeblog. Itu tidaklah salah, tetapi perlu diingat jika memang tujuan sobat ngeblog itu karena uang, sobat juga harus mencintai kegiatan ngeblog kalau tidak sobat harus mempunyai motivasi yang kuat, agar sobat dapat tetap bertahan di dunia blog ini.

Itulah 6 tujuan utama seseorang memulai ngeblog. Adakah diantara keenam itu termasuk tujuan sobat ngeblog? dan jika sobat memiliki tujuan lain silahkan sobat tuliskan apa tujuan sobat memulai ngeblog di kolom komentar ya. Terima kasih.

Wassalamualaikum...

6 Comments

  1. Kalau saya untuk bersenang-senang dan biar tenar gan wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, yang penting enjoy dulu ya hehehe urusan dapet uang nantinya anggap aja bonus.

      Delete
  2. Dari awal ngeblog tujuannya buat menyimpan tulisan, berpendapat suka-suka dan akhirnya sekarang menjadi buku harian digital yang sayang banget kalau sampai ditinggalkan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya saya juga lagi mencoba menulis beberapa kejadian yang terjadi di hidup saya dan rasanya lucu ketika membaca kembali tulisan dari masa lalu.

      Delete
  3. Soalnya kalau ngeblog buat cari uang rasanya masih sangat kejauhan wkwk

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)