Assalamualaikum...

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan di smartphone kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Banyak sekali orang yang telah menggunakan aplikasi yang satu ini, termasuk di lingkungan rumah saya.

Baik tua maupun muda pasti punya aplikasi whatsapp di smartphone mereka. Bahkan di lingkungan saya para ibu-ibu dan bapak-bapak jamaah mushola pun menggunakan whatsapp dan membuat grup di dalamnya. Grup tersebut dibuat dengan tujuan agar lebih mudah untuk menyebarkan informasi ke banyak orang. Lebih efisien ketimbang harus menghubungi secara japri (jalur pribadi) satu persatu.

Banyak hal yang membuat setiap orang menggunakan aplikasi whatsapp. Kemudahan dalam menggunakannya, tidak adanya iklan yang mengganggu di aplikasinya, dan fitur yang beragam adalah beberapa faktor yang menyebabkan setiap orang suka dan sering menggunakan aplikasi yang satu ini.

Oleh karena minat para pengguna yang besar tersebutlah membuat pihak whatsapp selalu mengupdate atau memperbarui aplikasi yang mereka punya. Langkah seperti itulah yang membuat aplikasi whatsapp sangat bagus dan bisa bertahan sampai detik ini.

Tetapi pernah tidak ketika sobat sedang menggunakan atau sekadar membuka aplikasi whatsapp ada salah satu kontak yang tiba-tiba foto profilnya menghilang? Jika iya, sobat harus curiga. Sobat harus curiga karena siapa tahu ia sudah memblokir kontak sobat di aplikasi whatsapp miliknya.



Jika sudah seperti itu mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti "Kenapa dia memblokir saya?." Akan memenuhi otak sobat. Hal yang harus kita lakukan adalah mengintrospeksi diri kita terlebih dahulu, karena siapa tahu ada hal dari kita yang mungkin ia tidak suka.

Kenapa seseorang memblokir kita? Banyak hal yang bisa menjadi alasan pemblokiran yang orang lain lakukan terhadap nomor whatsapp kita. Bisa saja seseorang memblokir kita karena ia merasa terganggu, contohnya jika kita terlalu sering mengirimkan broadcast ke dia atau jika yang memblokir sobat adalah sang mantan, menurut saya sih hal tersebut wajar ia lakukan hehehe.

Baca juga : Berikut 6 Fakta Tentang Thanos, Si Mad Titan yang Mengerikan.

Nah, supaya sobat tidak salah menduga alangkah lebih baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa tanda bahwa nomor whatsapp kita telah di blokir oleh orang lain. 

1. Hilangnya Foto Profil Secara Tiba-tiba



Sebelumnya saya sudah bilang kepada sobat semua untuk curiga jika ada kontak di aplikasi whatsapp sobat yang foto profilnya tiba-tiba menghilang. Karena memang itu merupakan salah satu tanda jika nomor whatsapp kita di blokir oleh orang lain.

Jika sebelumnya ia termasuk orang yang selalu menggunakan foto profil, kemungkinan besar sobat memang di blokir olehnya. Tetapi, bisa juga jika pada saat itu orang yang bersangkutan memang sedang ingin menghapus atau menghilangkan foto profilnya saja. Untuk memperjelas hal tersebut, sobat perlu perhatikan tanda berikutnya.

2. Selalu Centang Satu jika di Chat



Salah satu fitur yang menarik di aplikasi whatsapp ini adalah adanya penanda jika chat kita diterima, dibaca, ataupun belum di baca. Perhatikan pada bagian kanan bawah chat sobat yang telah dikirim, jika tandanya centang dua hitam, itu artinya pesan atau chat telah diterima tetapi belum dibaca. Jika tandanya adalah centang dua biru, itu berarti pesan telah dibaca dan jika tandanya centang satu, bisa dipastikan si penerima sedang offline atau luring.

Adanya fitur ikon seperti itu sangat membantu orang untuk mengetahui status dari pesan yang mereka kirimkan. Itu juga sangat membantu saya sob. Nah, jika sobat di blokir oleh orang lain, maka tanda atau ikon yang ada akan selalu centang satu.

Untuk membuktikan hal ini memang tidak bisa sebentar, karena siapa tahu dia hanya sedang offline saja. Jika kontak yang sobat kirim pesan tak kunjung membalas dan tanda tersebut juga tidak berubah dalam kurun waktu yang lama, bisa jadi sobat memang di blokir olehnya.

3. Selalu Ada Kata "Memanggil" Jika di Calling



Tidak hanya ketika mengirim pesan atau chat, saat kita menelpon seseorang menggunakan aplikasi whatsapp pun juga ada tanda dari status panggilan kita sob. Jika orang yang kita hubungi sedang offline atau luring, maka akan selalu ada kata "Memanggil". Namun, jika orang yang kita hubungi sedang online atau daring, maka akan muncul kata "Berdering".

Nah, fitur tersebut juga dapat menjadi tanda kalau sobat memang di blokir atau tidak. Jika seseorang memblokir kita, tentu apapun yang kita kirim tidak akan pernah sampai ke mereka, dan status mereka juga tampak seperti orang yang sedang offline.

Baca juga : Ini Dia 6 Youtuber Animasi Asal Indonesia.

Maka kalau sobat menghubungi seseorang yang sobat curigai telah memblokir sobat ia tandanya selalu "Memanggil", bisa di pastikan ia memang telah melakukan pemblokiran.

4. Infonya Menghilang

Saat membuka tampilan chat whatsapp di pojok kiri atas ada tombol kembali, di sampingnya ada foto profil orang yang kita kirim pesan dan namanya. Jika kita klik pada bagian nama orang tersebut akan membawa kita ke halaman profil yang lebih detail dan rinci.

Pada info dan nomor telepon akan ada status dan nomor dari orang yang kita klik namanya tersebut. Jika statusnya tidak diubah biasanya "Available" atau "Ada" dan hal seperti itu bisa kita lihat. Tetapi, jika orang yang kita klik namanya tersebut telah memblokir nomor whatsapp kita, maka info atau status dari dia tidak bisa lagi kita lihat atau menghilang.

Sebelum di blokir.


Sudah di blokir.


Buat sobat yang merasa di blokir oleh seseorang, coba sobat periksa info atau status dari nomor whatsapp tersebut. Jika masih ada, kemungkinan besar sobat tidak di blokir olehnya. Tetapi jika sudah tidak ada atau menghilang, sudah pasti sobat di blokir.

Itulah beberapa tanda bahwa nomor whatsapp sobat di blokir oleh orang lain. Sebenarnya masih ada tanda seperti cek statusnya hilang atau tidak dan "Last Seen" nya. Namun, menurut saya jika keempat hal diatas itu terjadi, sudah pasti bahwa sobat memang telah di blokir oleh orang tersebut.

Buat sobat yang memang terbukti telah di blokir, sobat tidak perlu panik dan berkecil hati terhadap hal tersebut. Sobat hanya di blokir dari aplikasi whatsapp saja dan tentu saja sobat masih bisa menghubungi orang tersebut dengan cara lain, misal mengirim pesan atau menelepon secara langsung.

Oke, mungkin jika sobat melakukan hal tersebut dengan nomor sobat sudah pasti tidak akan ada balasan dari orang yang memblokir sobat. Saya sarankan untuk menggunakan perantara, misal rekan sobat yang memang kenal dengan orang itu atau sobat juga bisa menggunakan nomor baru untuk menghubunginya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan lebih lagi tentang tanda-tanda bahwa nomor whatsapp kita di blokir oleh orang lain. Terimakasih karena sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Wassalamualaikum...

17 Comments

  1. Semoga saja whatsapp saya tidak diblokir hehe soalnya nomer nya lebih dr 12 tahun dr jaman bayar 9900/tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari berbayar sampai sekarang,..mantap 😀

      Delete
  2. O... jadi dulu dia itu blokir saya toh.. wowokowkokwokwokow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah di blokir sama si dia huhuhuhu

      Delete
  3. Saya juga pernah tahu tandanya kayak nomor 1 di atas, pas ada yang mau nipu saya minta pinjam duit :D

    foto profilnya menghilang, di chat centang 1 mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh ngeri ya teh, harus lebih hati hati lagi

      Delete
  4. Bener semua tuh tanda tandanya.. aku sendiri pernah bingung kenapa ya kok temenku ga bisa di chat.. eh beneran di blokir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh sampe di blokir sama temen sendiri ya bro hehehe.

      Delete
  5. agak gimana gitu ya kalo diblokir orang di WA.... bikin mikir "gue abis ngapain sih sampe di blokir?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia saya juga pernah ngalamin dan bikin saya pusing, "ini saya yg salah, dia ga sengaja mencet blokir atau gimana ya?".

      Delete
  6. Sampai sekarang dih belum pernah diblokir,..he-he,..karena temennya baik-baik semua 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus deh kalau temannya baik semua hehehe, saya juga pengen punya temen yang baik semuanya hehehe.

      Delete
  7. Gw sering di blokir, tapi dasar gw orangnya cuek pasti gw selalu bodo amat. Tapi gw juga suka blokir orang, terutama kalo ada cowok sinting yang suka kirim gambar titit ke wa gw -___-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadaw ngeri amat ngirim gambarnnya, cowo juga lagi.

      Delete
  8. Dulu saya pernah blokir wa orang krn sering mengganggu, tapi tak lama saya aktifkan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang saya juga kesel sama orang yg suka ngiriim broadcast berita.

      Delete

Silahkan Berkomentar :)