Assalamualaikum...

Menjadi seorang blogger bukanlah perkara mudah, banyak hal yang harus kita perhatikan jika kita memulai kegiatan ngeblog. Hal tersebut seperti tampilan blog, kecepatan loading blog, artikel yang baik dan bermanfaat untuk para pembaca, dan masih banyak lagi.



Oke kita masuk ke soal pembuatan artikel yang baik dan bermanfaat untuk para pembaca. Bagi sebagian blogger membuat artikel itu mudah, tetapi tidak sedikit yang berkata bahwa membuat artikel itu lumayan susah, mulai dari mencari ide, kemudian melakukan riset, dan lain-lain.

Kalau saya sendiri mengakui bahwa membuat sebuah artikel itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Intinya dalam membuat sebuah artikel itu butuh usaha dan kerja keras, nah ketika sobat melihat tulisan di sebuah blog itu merupakan hasil kerja keras si blogger tersebut.

Oleh karena membuat artikel itu bukanlah hal yang mudah dan butuh usaha di dalamnya, alangkah baiknya kita untuk selalu menghargai artikel yang telah di buat oleh blogger tersebut. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghargainya, mulai dari hal yang sederhana yaitu tidak meng-copy artikel tersebut.

Bayangkan saja jika sobat membuat sebuah artikel dengan susah payah, tetapi ada seseorang yang dengan mudahnya meng-copy artikel tersebut untuk keperluan blognya pribadi tanpa sepengetahuan sobat. Bagaimana perasaan sobat? pasti nyesek kan?.

Untuk sobat yang tidak ingin hal tersebut terjadi, kali ini saya akan memberikan cara agar artikel blog sobat tidak dapat di copy oleh orang lain. Langsung saja sob di simak tutorialnya berikut ini :


  1. Pertama-tama, silahkan sobat masuk ke dasbor blog sobat masing-masing, lalu pilih menu "Layout" atau "Tata Letak". 
  2. Setelah masuk ke tata letak, silahkan sobat klik pada "Tambahkan Gadget" yang terdapat di sidebar blog sobat. 

  3. Jika sobat telah mengklik "Tambahkan Gadget" maka akan tampil jendela pilihan gadget seperti di bawah ini. Kemudian sobat pilih gadget "HTML/Javascript" dengan cara klik ikon "+" yang terdapat di sebelah kanan. 
    Tampilan jendela Tambahkan Gadget.
  4. Kemudian kopikan Javascript (silahkan download disini) lalu tempatkan pada konten yang terdapat di jendela gadget "HTML/Javascript", lalu klik "Simpan". Untuk judul jangan di tuliskan apa-apa karena sobat tidak memerlukan tampilan dari gadget ini. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini. 
  5. Untuk menyimpan semua perubahan yang telah sobat lakukan di "Tata Letak" silahkan sobat klik "Simpan Setelan". 
  6. Silahkan buka blog sobat, sekarang artikel sobat tidak dapat di blok, dan tentu saja jadi tidak dapat di copy oleh orang lain.
Baca juga : 
Catatan : skrip yang ada di tutorial kali ini saya dapat dari buku The Best Makeover Blogger karya Arista Prasetyo Adi.

Gimana sob? sangat mudah kan?. Dengan begini sobat tidak perlu hawatir lagi artikel sobat akan di curi oleh orang lain hehehe. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat dan selamat mencoba.

Wassalamualaikum...

3 Comments

  1. Wah cocok nih agar populasi tukang copast berkurang,,,tapi kalau tidak bisa di blog script ini sepertinya tidak cocok untuk blogger tutorial blogging yang menyediakan script untuk dicopy,,kecuali scriptnya diupload dulu seperti agan sekarang hehe,,,nice info,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya bener hehehe plus minus juga sih

      Delete
  2. Mantap kak. Terkadang kita suka tkt yaa kalau postingan dan tulisan d copas orang ga bertanggung jawab. Thanks tipsnya ya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)