Assalamualaikum...

Di antara sela-sela waktu menulis di blog saya selalu menyempatkan diri untuk berselancar di internet dan mencari berbagai informasi yang saya butuhkan, tentunya informasi yang saya cari ini juga menjadi inspirasi tersendiri bagi saya dalam menemukan sebuah topik yang ingin saya bahas dalam postingan blog saya.

Ketika sedang searching di internet, saya menemukan sebuah kata full time blogger, karena penasaran tentang hal tersebut saya pun membaca beberapa artikel dengan topik bahasan yang sama.



Setelah membaca beberapa artikel yang membahas tentang full time blogger barulah saya dapat mengerti (walau hanya sedikit) dan dapat menyimpulkan bahwa kata full time blogger adalah sebutan bagi seseorang yang melakukan kegiatan ngeblog secara penuh atau tidak terikat dengan pekerjaan lainnya. Seorang blogger ini hanya melakukan kegiatan ngeblog di setiap harinya.

Lalu muncul pertanyaan di benak saya, "Apakah saya termasuk seorang full time blogger?.". Pertanyaan seperti itu muncul mengingat saya tidak memiliki pekerjaan lain selain ngeblog di setiap harinya.

Melihat dari beberapa artikel yang telah saya baca, disitu kebanyakan si penulis menceritakan pengalaman mereka menjadi seorang full time blogger. Pada awalnya mereka memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang tetap, dan karena suatu hal mereka memilih berhenti dari pekerjaannya masing-masing dan mulai menikmati pekerjaan barunya sebagai full time blogger. 

Saya sangat terkesan dengan ceritanya Kang Yudiono yang mana awalnya ia bekerja di sebuah perusahaan nikel terbesar di dunia dan memiliki penghasilan tetap sebesar $2,000 perbulannya. Ia berani mengambil resiko dengan resign dari tempatnya bekerja pada tanggal 10 Oktober 2011 dan fokus menjadi seorang full time blogger, yang mana pada saat itu ia memiliki penghasilan dari blog sebesar $500 perbulannya. Untuk membaca cerita selengkapnya silahkan klik di sini.

Melalui ceritanya saya dapat menyimpulkan bahwa beliau berani mengambil resiko tersebut karena sudah memiliki penghasilan tetap dari kegiatan ngeblognya. Meskipun penghasilan dari blog tersebut terbilang lebih rendah dibanding gaji beliau sebelumnya.
Lalu bagaimana dengan saya? apakah saya termasuk seorang full time blogger?. Jika seorang full time blogger adalah mereka yang berani meninggalkan pekerjaannya dan memilih fokus ngeblog, tentu saja saya tidak termasuk dalam definisi full time blogger tersebut, tetapi mengingat di setiap hari saya selalu melakukan kegiatan ngeblog mungkin saja saya dapat dikatakan sebagai seorang full time blogger tentu dengan definisi full time blogger yang berbeda.

Memang benar setelah membaca beberapa kisah atau pengalaman seseorang menjadi full time blogger rasa-rasanya kita pun ingin melakukan hal tersebut. Tetapi perlu sobat ketahui bahwa menjadi seorang full time blogger itu bukanlah sesuatu yang mudah, terlebih jika sobat juga berniat resign dari pekerjaan sobat dan memilih fokus ngeblog.

Namun, jika sobat bersikukuh ingin menjadi seorang full time blogger ada baiknya sobat memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu. Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai full time blogger :

1. Manajemen waktu




Waktu itu sangat berharga dan juga merupakan hal yang paling utama yang harus kita perhatikan. Karena dengan mengelola waktu yang baik dan tepat kita bisa mengerjakan semua pekerjaan kita dengan baik.

Tentu ketika bekerja di suatu perusahaan atau sebuah toko masing-masing telah menetapkan jam kerja tiap karyawannya dan itu merupakan hal yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan yang bekerja disitu. Tetapi jujur saja apakah kita bisa tetap mengelola waktu yang baik jika tidak ada jam kerja seperti itu? tanyakan kepada diri sobat masing-masing.

Jika sobat termasuk orang "yang belum bisa mengelola waktu dengan baik" saya sarankan sobat untuk tidak meninggalkan pekerjaan sobat dan lebih memilih menjadi full time blogger. Karena menjadi seorang blogger itu tidaklah terikat pada orang lain, semua kendali berada pada diri kita sendiri, untuk itu kita perlu bisa mengelola waktu dengan baik.

Sebagai saran, coba sobat membuat jadwal tersendiri dalam melakukan kegiatan ngeblog sobat dalam sehari. Entah itu lima jam atau delapan jam seperti ketetapan waktu kerja di perusahaan, itu semua terserah sobat masing-masing. Jika sobat bisa konsisten terhadap jadwal yang telah sobat buat, silahkan sobat mulai untuk menjadi seorang full time blogger.

Baca juga : 6 Manfaat Penting yang Akan Kita Dapat Jika Ngeblog

2. Keuangan




Keuangan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika sobat memilih berhenti bekerja dan menjadi seorang full time blogger

Kita pasti tahu jika berhenti bekerja itu tandanya kita sudah tidak lagi memiliki penghasilan atau gaji. Maka dari itu, kita harus memperhatikan penghasilan yang akan kita dapat dari blog yang kita kelola, apakah akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau malah sebaliknya.

Jika dirasa penghasilan dari blog tersebut masih jauh dari kata cukup, sebaiknya tunda terlebih dahulu keinginan sobat untuk menjadi seorang full time blogger. Karena tidak ingin ada hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari dan sobat menyesal nantinya.

Saya tidak ingin memberi rasa takut kepada sobat, tetapi saya hanya ingin mengajak sobat berpikir kedepannya jika ingin menjadi seorang full time blogger. Karena itu tidaklah semudah yang dibayangkan.

Baca juga : 4 Ciri Konten Blog yang Baik Untuk Pembaca

3. Penghasilan blog




Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah penghasilan blog. Yap ini masih berkaitan dengan sebelumnya yang mana masih membahas seputar masalah keuangan.

Sobat harus memastikan bahwa blog sobat dapat berpenghasilan di tiap bulannya, karena tidaklah mudah membuat sebuah blog dapat menerima gaji setiap bulannya. Bahkan banyak seorang bloger yang hanya bisa menerima gaji enam bulan sekali atau lebih.

Jika blog sobat belum dapat menerima gaji setiap bulan, silahkan sobat tunda dulu niat sobat dan lebih fokus lagi mengembangkan blog tersebut.

Tetapi jika blog sobat telah dapat menerima gaji setiap bulannya dan itu dapat memenuhi kebutuhan sobat sehari-hari maka itu merupakan sebuah kabar baik buat sobat. Silahkan sobat perbanyak konten yang ada, tentu dengan memperhatikan segala kualitasnya agar dapat menjaring pengunjung lebih banyak lagi. Dengan begitu bukan tidak mungkin penghasilan blog akan bertambah.

Penutup


Menjadi seorang full time blogger bukanlah suatu hal yang mudah. Mereka yang memilih untuk lebih fokus kepada blog dan meninggalkan pekerjaan sebelumnya adalah orang-orang yang memiliki tekad yang kuat, tentunya didukung dengan kerja yang nyata dan bukan ucapan semata.

Bukan tidak mungkin untuk kita menjadi seperti itu, kita semua pasti bisa jika kita mau berusaha dan terus belajar. Jika sobat ada yang berniat untuk menjadi seorang full time blogger saya doakan semoga sobat dapat sukses dan selalu semangat dalam menjalaninya.

Akhir kata, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca semuanya dan terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berkomentar dengan memberi kritik dan saran yang membangun.

Wassalamualaikum...

8 Comments

  1. Saya juga seorang full time blogger,,,,(kalau malam) ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih, saya juga jadi manusia malam semenjak fokus ngeblog, tapi tetep seneng ngejalaninnya hehehe.

      Delete
  2. Sama... aya juga seorang full time blogger,,,,(kalau malam) hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malam kayanya waktu yang paling tepat ya buat ngerjain sesuatu, termasuk ngeblog hehehe.

      Delete
  3. Karena lebih full time di dunia offline, akhirnya no 3 gak keurus, 🙈. Masih terus belajar untuk konsisten.
    Semoga sukses menjadi full time blogger, 👍.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mba saya juga berpikir kalo yang ketiga itu susah, tapi berusaha itu harus jadi yang utama :D.

      Delete
  4. Keinginanku juga kelak kesampaian menjadi full time blogger.
    Semoga terlaksana.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)