Assalamualaikum...

Hari ini adalah hari Minggu, hari yang mana bagi sebagian orang beranggapan sebagai hari istirahat nasional, tapi ada juga yang menggunakan waktu di hari minggunya untuk sekedar berolahraga ringan, seperti jogging ataupun berjalan santai guna menjaga kesehatan fisiknya. Memang saat hari Minggu tiba, warga Indonesia sangat antusias untuk melakukan olahraga diluar rumah. Keramaian di berbagai tempat berolahraga, seperti taman kota ataupun lokasi yang dijadikan car free day di setiap minggunya mulai terlihat bahkan sebelum pukul tujuh pagi.

Ngomong-ngomong soal hari Minggu, olahraga yang identik dilakukan saat itu adalah berlari atau jogging ringan. Olahraga lari memang sangat di gemari oleh banyak orang, karena mudah sekali untuk dilakukan, dan juga olahraga lari dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meski lari terbilang sebagai olahraga yang mudah dan murah, namun dibalik itu semua manfaat yang didapat setelah kita berlari pun sangatlah baik untuk kesehatan kita. Berlari dapat menyehatkan jantung, membakar lemak berlebih di tubuh, menguatkan otot kaki, dan masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapat jika kita berlari. 



Karena kegiatan masing-masing orang di setiap harinya itu berbeda-beda, ada yang memiliki waktu kosong hanya di pagi hari dan ada juga yang waktu kosongnya hanya di sore hari dan mereka kerap melakukan olahraga lari dengan waktu yang berbeda. Kemudian timbulah pertanyaan " Lebih baik mana, lari pagi hari atau sore hari?".

Oke, berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat berlari di pagi hari dan juga berlari di sore hari.

Lari Pagi Hari

Faktanya lari di pagi hari memang sangat menyehatkan bagi tubuh kita. Namun, di pagi hari ketika seseorang baru bangun, tubuh belum sepenuhnya siap untuk diajak bergerak berolahraga, karena otot-otot di tubuh cenderung kaku. Lari di pagi hari lebih besar berisiko cedera, terlebih jika seseorang tersebut kurang melakukan peregangan. Tetapi, berlari di pagi hari baik untuk pernapasan karena udaranya yang masih sejuk, masih bebas dari polusi dan sinar matahari di pagi hari sangat bagus juga untuk kesehatan. Di sarankan untuk tidak berlari secara keras di pagi hari.

Lari Sore Hari

Sore hari merupakan waktu yang sangat ideal untuk melakukan olahraga lari. Karena pada saat sore hari semua organ di dalam tubuh seseorang itu sedang dalam keadaan yang sangat stabil. Terlebih lagi pada sore hari, otot di tubuh dalam keadaan yang siap, artinya sobat tidak perlu takut akan mengalami cedera nantinya. Kendati demikian, sore hari merupakan penghujung hari dan biasanya di saat-saat itu seseorang terlalu lelah karena aktivitas yang ia lakukan seharian, sehingga menimbulkan rasa malas untuk melakukan olahraga lari.

Pada dasarnya perbedaan waktu berlari tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas lari kita. Mau berlari pagi hari, sore hari, atau bahkan malam hari semua itu tetap sama manfaatnya, dengan berlari tubuh kita akan lebih bugar dan tercegah dari penyakit. Jika sobat bisanya lari di pagi hari ya tidak apa-apa atau hanya bisa berlari di sore hari juga tidak apa-apa. Jika kita cinta tubuh kita, mulailah berlari dari sekarang :).

Oke, mungkin segitu aja untuk postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sobat pembaca semua. Mohon maaf apabila ada salah kata, oh ya jika sobat punya pendapat lain mengenai waktu berlari sobat bisa kasih komentar di bawah ya, terima kasih :).

Wassalamualaikum...

0 Comments