Assalamualaikum...

Sering banget saya dapet pertanyaan "lu pull up gimana si?" dan sebagai macamnya ketika saya berlari di Marakas, GOR Bekasi ataupun di lapangan Prima. Mungkin sobat reader juga punya pertanyaan yang sama saat ini, sebenernya gimana sih cara berlatih agar kita bisa pull up?. Pull up merupakan gerakan olahraga yang cukup sulit bagi yang belum biasa melakukannya, karena dibutuhkan kekuatan tangan yang cukup kuat untuk menarik berat badan kita sendiri. Kalo saya sendiri agak lupa ya gimana awalnya saya bisa pull up kaya sekarang ini, yang pasti sebelum saya mencoba pull up saya berlatih push up terlebih dahulu.

Nah sob pada kesempatan kali ini saya bakal ngasih tips buat kalian semua yang mau mencoba pull up. Harap tips yang saya berikan ini dilakukan rutin agar kalian juga bisa melakukan gerakan pull up dengan baik.



1. Berlatih Push Up
Seperti yang udah saya bilang sebelumnya, gerakan pull up membutuhkan kekuatan tangan yang cukup kuat untuk dapat melakukannya dan push up adalah latihan yang pas buat sobat untuk memperkuat otot tangan. Saran saya nggak perlu terlalu sering melakukan push up, 10 kali push up dalam sehari secara rutin juga cukup. Karena lebih baik sedikit namun rutin daripada langsung push up berkali-kali dalam sehari tapi sobat tidak rutin melakukannya.

2. Coba bergelantung
Jika sobat udah rutin push up tiap harinya dan dirasa push up sudah lumayan mudah dilakukan maka selanjutnya sobat bisa melakukan gerakan yang kedua ini, yaitu bergelantung di tiang pull up atau bar. Bagaimana cara melakukannya? mungkin sebagian sobat akan bertanya seperti itu, oke saya jawab caranya adalah dengan tangan memegang tiang pull up bagian atas, posisi badan lurus dari atas sampe bawah sob(sampe kaki) cobalah tahan untuk beberapa menit dan ulangi gerakan ini terus menerus ya.

3. Angkat dan tahan
Gerakan yang ketiga ini bisa sobat lakukan setelah gerakan kedua karena memang hampir sama kok. Bedanya adalah kalo gerakan ini dengan cara melakukan gerakan pull up namun ketika badan sudah terangkat sobat tahan selama mungkin, tapi jangan terlalu di paksain ya sob. Perhatikan gambar berikut.

Ulangi gerakan ini secara rutin sampe sobat udah biasa dan kuat melakukannya. Nah kalo udah semua dilakuin kalian bisa coba pull up, gimana hasilnya?.

Yap itu merupakan tips yang bisa sobat terapkan dalam program latihan sobat. Oh ya pastikan untuk selalu melakukan strecthing atau peregangan ya sob sebelum memulai latihannya, biar otot sobat nggak kaget pas lakuin latihan. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat, jangan lupa untuk tinggalin komennya ya sob. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Wassalamualaikum...

2 Comments

Silahkan Berkomentar :)