Assalamualaikum...

Sebagai seorang blogger, sudah pasti keseharian saya adalah menulis artikel-artikel yang Insyaallah menarik bagi para pembaca blog saya. Sebelum membuat artikel, terlebih dulu saya menentukan topik yang ingin saya bahas untuk dijadikan artikel. Setelah topik saya tentukan, kemudian saya akan mencari informasi tentang topik tersebut, biasanya saya mencari lewat google, saya membaca banyak sekali artikel blog atau web lain yang berkenaan dengan topik yang ingin saya angkat.



Saya bisa membaca lebih dari lima artikel sekaligus untuk mencari informasi tentang topik tersebut, kemudian saya akan menyimpulkan dari setiap artikel yang telah saya baca, lalu saya buat tulisan versi saya sendiri, jadi nggak hasil copas sob.

Membaca adalah kegiatan yang pasti dilakukan oleh seorang blogger. Tanpa membaca seorang blogger tidak bisa membuat artikel, mungkin bisa jika postingannya berisi opini atau pendapat pribadi mengenai suatu hal saja. Tapi taukah sobat? saya nggak serta merta menyukai kegiatan membaca, bahkan kalo boleh jujur saya dulu paling nggak suka membaca, apalagi kalo membaca buku pelajaran huhhh ngebayanginnya aja kadang udah cape duluan.

Hobi membaca saya nggak dateng dari saya kecil, saat kecil saya paling anti sama yang namanya membaca, apalagi membaca buku pelajaran. Mungkin bukan cuma saya ya, apa jangan-jangan sobat juga termasuk males baca kaya saya waktu kecil? hehehe.

Waktu kecil tepatnya saat saya masih sekolah dasar, yang ada difikiran saya cuma bermain dan bermain, entah itu bermain gundu diluar rumah ataupun hanya sekedar bermain playstation dirumah. Yap, walaupun sekarang saya bukan penggemar game, tetapi saat kecil saya bener-bener suka bahkan cinta sama game khususnya game ps1. Jadwal saya setelah pulang sekolah adalah bermain game ps1 kesayangan saya hingga berjam-jam. Jangankan untuk membaca buku dan mengulang materi yang di sampaikan saat di sekolah, makan pun kadang saya lupa saking asyiknya. Jangan ditiru ya sob, itu kebiasaan yang nggak baik.

Saya masih inget banget waktu guru sd saya nyuruh siswanya untuk membaca dari halaman sekian sampai halaman sekian gitu, nah saya sama temen saya bukannya membaca buku yang disuruh guru malah cuma membolak balik halaman buku tersebut, sedikitpun saya nggak baca itu sob hehehe. Alhasil, saya nggak mengerti dengan materi pembelajaran di hari itu. Parah ya? hehehe maklum masih sd.

Kemudian, saat saya masuk smp saya mulai untuk membaca, biasanya sih saya cuma membaca cerpen alias cerita pendek yang banyak terdapat di internet, seenggaknya ada peningkatan. Saking seringnya saya membaca cerpen, suatu saat saya tergerak untuk mencoba membuat cerpen versi saya sendiri, kalo nggak salah cerpen pertama saya itu judulnya "Matamu Bukan Hatimu" itupun saya tulis saat saya sudah memasuki smk. Untuk cerpen itu sobat bisa membacanya di sini Cerpen Matamu Bukan Hatimu. Saat itu saya ada tugas untuk membuat cerpen, tugas yang diberikan oleh guru seni budaya. Untungnya itu merupakan tugas rumah jadi saya bisa kerjakan di rumah, menariknya lagi cerpen Matamu Bukan Hatimu sudah saya buat sebelum adanya tugas itu, jadi saya tinggal nyalin aja hehehe.

Setelah itu, saya jadi semakin sering membaca cerpen. Hingga suatu hari, saya pergi ke mall di daerah Bekasi Barat. Saya iseng pergi ke toko buku yang terdapat di mall tersebut, karena saya suka cerpen otomatis saat masuk ke toko buku itu saya langsung pergi ke bagian rak buku yang bertuliskan "novel" diatasnya. Terpilihlah dua buah novel dengan genre yang sangat berbeda, adalah novel dengan judul "Cinta Kau dan Dia" yang bergenre romance dan novel berjudul "Spora" yang bergenre thriller yang saya beli saat itu. 

Saya setuju dengan orang yang mengatakan bahwa kesan pertama itu sangat penting, itu yang saya dapatkan ketika membaca novel untuk pertama kalinya. Saya membaca novel Spora, itu ceritanya bener-bener bagus, bikin nagih dan nggak pengen berhenti ngebacanya. Untuk pembahasannya sobat bisa baca di sini Bahas novel Spora. Karena kesan pertama yang saya dapatkan itu bagus, akhirnya saya jadi penggemar novel hingga saat ini.

Semenjak itu saya mulai mencari pdf novel di internet dan juga meminjam buku novel temen. Nggak sekedar cerita fiksi, tetapi di setiap ceritanya mengandung makna dan pembelajaran, terutama novelnya om Tere Liye. Jujur saya suka banget sama novel-novel karyanya, imajinasinya bener-bener tinggi sob itu ditunjukkan di novelnya serial bumi.

Sampai suatu saat, saya mencoba untuk membuat blog ini. Tidak hanya novel dan cerpen saja yang saya baca, saya mulai membaca artikel lain untuk mencari jawaban dan informasi terhadap suatu hal yang unik untuk saya jadikan artikel blog ini. Saya bersyukur, karena blog ini saya menjadi lebih sering membaca dan pastinya menjadi lebih cinta terhadap buku. Membaca banyak merubah saya, terutama dalam hal menulis. Dulu saya paling susah kalo disuruh mengarang, pasti kebingungan mau nulis apa, tapi setelah saya sering membaca saya menulis ya enjoy aja sob hehehe.

Coba deh rutinin membaca, minimal 20 menit dalam sehari deh sob. Sebentar sih, tapi itu lebih baik daripada nggak sama sekali, ya kan?. Mari kita jadikan membaca sebagai budaya di negeri ini.

Mungkin segitu aja untuk cerita yang ingin saya share kepada sobat semua. Semoga artikel ini dapat menginspirasi sobat semua dan juga dapat bermanfaat baik bagi sobat pembaca semua. Mohon maaf kalo saya ngomongnya ngalor ngidul, saya nulis ya yang pengen saya sampaikan aja. Terima kasih buat yang udah baca.

Wassalamualaikum... 

0 Comments