Assalamualaikum...

Saya melakukan kegiatan ngeblog itu karena memang sudah menjadi hobi saya. Selayaknya sebuah hobi yang jika dikerjakan akan membuat senang, saya pun juga merasa seperti itu ketika melakukan kegiatan ngeblog. Seharusnya semua blogger pun merasakan hal yang juga saya rasakan.

Mungkin tulisan ini akan singkat saja ya, karena saya ingin mengutarakan sesuatu dan tentunya saya berharap apa yang akan saya bicarakan ini dapat bermanfaat buat sobat pembaca semua.



Ngeblog itu harus menyenangkan. Kegiatan menulis artikel, membaca blog orang lain untuk mencari inspirasi menulis, mengedit template, dan berkomentar di blog orang lain haruslah membuat seorang blogger merasa senang.

Namun, entah kenapa banyak sekali blogger yang bertanya perihal adsense, adsense, dan adsense.  Mulai dari bagaimana cara mendaftar, kenapa bisa di tolak, kenapa lama di approvenya, dan lain sebagainya. Oke, itu tidaklah salah dan memang dengan mendaftarkan blog ke Google Adsense kita akan mendapatkan uang.

Tetapi, haruskah seorang blogger yang baru merintis blognya langsung memiliki prioritas terhadap uang?.

Jawabannya adalah tidak masalah dan itu merupakan hak setiap blogger. Namun, yang ingin saya katakan adalah boleh jika membuat blog dengan tujuan untuk mendapatkan uang, tetapi sobat juga harus merasakan kesenangan saat melakukan kegiatan ngeblog tersebut.

Baca juga : Inilah Tips Jika Anda Mengalami Kelebihan Ide Menulis.

Karena jika kita sudah senang melakukannya tentu kita tidak akan merasa sedih jika tiba-tiba trafik menurun, pendapatan adsense kecil, dan apabila tidak ada yang merespon tulisan kita. Karena tujuan kita adalah menulis dan membagikan informasi baik untuk kepada para pembaca.

Saya hanya ingin menekankan bahwa tidak apa-apa jika sobat memulai blog dengan harapan untuk mendapat uang dari adsense ataupun dari iklan lainnya. Tetapi sobat harus tetap semangat apapun yang akan terjadi nantinya, jangan karena suatu saat berjalan tidak sesuai harapan sobat malah down dan tidak berniat untuk melanjutkan ngeblog lagi.

Diterimanya adsense merupakan tahap awal, mengumpulkan pundi-pundi rupiah tentu akan lebih sulit nantinya, dan itu yang saya rasakan saat ini. Tetapi jika kita ikhlas dan tetap merasa senang dengan semua ini, tentu tidak akan membuat kita pusing dan galau. Tetaplah memberikan konten-konten segar yang bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa originalitas harus tetap terjaga.

Baca juga : Cara Membuat Artikel Blog Anda Tidak Dapat di Copy.

Tetap semangat untuk seluruh blogger Indonesia, jangan pernah berhenti untuk memberikan manfaat. Ngeblog itu harus menyenangkan dan ngeblog itu harus membuat kita bahagia. Terimakasih untuk kalian yang sudah membaca dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Wassalamualaikum...

15 Comments

  1. Mantap bang harus bener-bener semangat dan konsisten agar bisa menghasilkan tulisan yg bermanfaat..salam hidup sehat www.solusisederhana.com

    ReplyDelete
  2. Yang selalu ssya inget adalah menulis salah sstu cara berbagi ilmu dan akan terus berjalan pahalanua walau kita sudah gak ad. Semangat ngeblog kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh iya bener mba, merasa senang karena ngelakuin hobi plus dapat pahala juga yang terus mengalir

      Delete
  3. Betul sob saya sendiri menulis sekedar menuliskan pengalaman saya saja dalam aktivitas dunia maya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, belakangan ini juga saya sedang ingin menulis hal remeh temeh saja.

      Delete
  4. Setuju sekali mas, nikmati saya menulis seperti melakukan hobi yg mengasyikkan, masalah penghasilan dari blog anggaplah sbg bonus

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, yang penting konsisten.

      Delete
  5. Bener gan seharus nya seorang blogger harus gitu saya setuju banget dengan pendapat anda

    ReplyDelete
  6. Blogger itu harus bahagia! :D

    Karena dengan bahagia, kita pasti ngelakuinnya dengan sepenuh hati. Bener apa betul? :D

    ReplyDelete
  7. Orang kalo udah hobinya nulis, mau dapt duit apa kagak ya tetep aja nulis. Entah untuk kasih informasi, atau menulis buat menghibur. Kalo gw sih nulis biar temen gw banyak di dunia maya, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep bang, iya gua juga lagi perbanyak temen di dunianya si maya.

      Delete
  8. Tul, cintai apa yang dilakukan dulu...
    Tapi mungkin yang nanya adsense krna emang pengen lgsg jadikan blog sebagai sumber penghasilan

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)