Assalamualaikum...



Semakin bertambahnya usia pola pikir pun juga semakin berkembang. Dimana ketika kecil mungkin yang dipikirkan hanya mainan terkeren dan semacamnya, kini segala urusan yang rumit akan kehidupan dunia ini pun juga ikut dipikirkan.

Ketika yang seperti itu dipikirkan terlalu berlebihan, maka akan melahirkan sebuah beban dan ujungnya kita dapat merasa stres. Karenanya, kita bisa saja jadi lupa untuk merasakan bahagia dan bersyukur atas apa yang telah terjadi di 24 jam hidup kita dalam sehari.

Kita harus berhenti sejenak, berhenti memikirkan hal rumit itu, sebentar saja. Mulai untuk melihat lebih dekat hal-hal kecil di sekitar kita, perhatikanlah anak-anak.

Lihat apa yang mereka lakukan di sore hari, ketika matahari mulai beranjak pergi. Canda tawa mereka, keceriaan mereka ketika bermain bersama. Perhatikanlah itu semua, ya walau hanya untuk beberapa menit saja dan kemudian renungkanlah.

Memang betul, mereka tidaklah memiliki pola pikir seperti kita. Memang betul, masalah yang mereka hadapi tidaklah sebanding dengan masalah kita sebagai orang dewasa. Tapi jangan lihat kearah situ saja, kita juga harus memperhatikan bagaimana cara mereka bahagia dengan hal yang sangat sederhana.

Seperti pagi ini, ketika hujan turun di Bekasi. Entahlah, mungkin saja ada sebagian orang yang akan menggerutu ketika hujan turun. Alasannya mungkin karena hujan aktivitas mereka akan menjadi tersendat, tidak selancar ketika cuaca cerah dan matahari bersinar terang.

Disaat sebagian orang mungkin seperti itu, adik saya Nabil justru menyambut datangnya hujan dengan sebaliknya. Ia sangat senang, terlebih ketika air sudah mulai masuk ke teras rumah. Lucu ya, padahal bisa saja air terus naik dan masuk sampai ke dalam, tapi pagi itu ia sangat riang gembira.

Hal sesepele itu sudah dapat membuat anak kecil seperti Nabil menjadi bahagia. Jangan terus menerus menekan diri kita untuk memikirkan hal-hal yang rumit, luangkanlah sedikit waktu untuk lebih melihat kesekeliling kita. Mari mulai belajar bahagia dari anak kecil.

Janga lupa bahagia hari ini.

Wassalamualaikum...

1 Comments

Silahkan Berkomentar :)