Assalamualaikum...

Hal yang biasa saya lakukan setelah menonton sebuah vidio di youtube adalah membaca komentarnya. Saya ingin mengetahui bagaimana reaksi orang lain setelah menonton vidio tersebut, terlebih lagi jika dapat berdiskusi bareng akan lebih seru.

Hanya saja belakangan ini komentar-komentar yang ada di vidio di youtube tidak lagi menarik. Kebanyakan isinya hanyalah spam saja, benar-benar tidak menarik dan terkesan aneh.



Saya tidak tahu awalnya kebiasaan ini mulainya darimana, dari siapa, dan kapan munculnya. Tetapi semakin hari kebiasaan berkomentar seperti ini semakin mengganggu saja, banyak sekali orang yang berkomentar seperti itu dan alhasil membuat komentar yang berbobot dan asli membahas vidionya pun jadi tenggelam.

"Halo semuanya

-Raditya Dika 2019".

Ya kira-kira seperti itulah format komentar yang belakangan ini memenuhi kolom komentar vidio youtube. Tidak hanya satu, bahkan bisa sampai ratusan. Tidak hanya ada di vidio Radit saja, pada vidio channel youtube lainnya pun juga ada yang seperti itu.

Bahkan kolom komentar youtube Deddy Corbuzier pun ada yang seperti itu, padahal menurut dirinya yang menonton vidionya adalah "smart people". Tetapi menurut saya, rasanya komentar yang mereka tuliskan tidaklah mencerminkan seseorang yang smart.

Spam.

Yap, itu merupakan contoh sebuah komentar spam. Hanya menyampah, tidak ada isi, dan tentu saja keluar dari topik yang ada di dalam vidio tersebut.

Memang betul biasanya berisi penggalan kalimat yang diucapkan seseorang yang ada di vidio. Tetapi buat apa? Buat apa menuliskannya dengan format seperti itu, masih mending kalau kalimatnya itu penting. Lah, lihatlah yang saya contohkan diatas, apakah itu kalimat yang penting? Tentu saja tidak.

Sepertinya trend komentar begitu awalnya dari luar negeri sana. Karena memang pada dasarnya kita itu latah, tetapi tidak langsung begitu saja kita ikuti, biasanya ada jeda waktu beberapa lama barulah warga kita mengikuti trend tersebut.

Mungkin saja pada awalnya mereka berniat untuk melucu, tetapi percayalah sesuatu lawakan atau jokes yang dikeluarkan berulang-ulang kali, bahkan setiap hari, tentu akan jadi basi. Lawakan itu layaknya sebuah makanan, sama-sama ada masa kadaluarsanya.

Sehari dua hari mungkin masih oke lah, masih lucu. Tapi saya perhatikan setelah berminggu-minggu masih saja ada komentar yang seperti itu. Ujung-ujungnya apa? Sebagian warganet yang tidak berkomen seperti itu merasa geram juga, merasa terganggu juga, salah satunya adalah saya.

Yap, karena memang komentar aneh seperti itu akan menenggelamkan komentar yang berbobot. Komentar dari para warganet yang memang ingin berdiskusi mengenai vidio tersebut.

Diantara komentar seperti itu, pasti ada saja yang komen seperti ini.

"Kenapa sih pada komennya gitu?

-Gue 2019".

Jadi dia sedang mempertanyakan tentang komentar yang sedang ngetrend tersebut, tetapi ujung-ujungnya ia pun ikut berkomentar dengan format yang sama. Saya paham orang tersebut berniat melucu, tetapi sudahlah, hal itu malah membuat dirinya terlihat bodoh.

Tolonglah, komentar seperti itu hanyalah sebuah spam. Pikirkanlah berkali-kali sebelum berkomentar, berikanlah sebuah komentar yang baik dan tidak melenceng dari sebuah topik yang memang sedang dibahas.

Semoga tidak ada lagi yang nyepam di kolom komentar vidio youtube dengan menuliskan format komentar seperti itu.

Tulisan ini berdasarkan keresahan saya pribadi.

Wassalamualaikum...

3 Comments

  1. Klo spam memang bukan penonton mah. Jadi jargon samrt people belum terusik dengan spam. Walaupun komentar dari para hatter blm bisa mnegusik

    ReplyDelete
  2. terlalu banyak orang kreatif eh iseng di dunia ini yah. Terlebih di negara 62 heeheh

    ReplyDelete
  3. Gw juga suka bacain komentar youtube. Bahkan kadang komennya lebih lucu ketimbang isi kontennya, wkwkwk

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)