Assalamualaikum...

Ketika waktu kecil dulu saat smartphone belum ada, internet pun juga belum tersebar luas, saya dan teman-teman selalu bermain bersama diluar rumah memainkan berbagai macam permainan tradisional. Contohnya itu seperti petak umpet, lompat karet, demprak, bite tujuh, dan lain sebagainya.

Hanya saja ketika sedang melakukan permainan tersebut, ada satu hal yang menurut saya tidak penting dan agak menyebalkan juga. Hal tersebut adalah keberadaan sebuah status anak bawang.



Tahukah sobat tentang anak bawang?. Kalau di daerah saya tinggal, anak bawang merupakan sebuah status yang diberikan kepada salah satu anak ketika sedang memainkan salah satu jenis permainan tradisional.

Pemberian status tersebut juga tidaklah sembarangan, harus memenuhi kriteria tertentu saja dan tidak setiap anak bisa atau dapat menjadi anak bawang. Biasanya anak bawang akan diberikan kepada mereka yang paling muda diantara kelompok anak tersebut.

Sebenarnya anak bawang itu ikut bergabung dalam permainan, hanya saja terkadang kehadirannya justru agak menyebalkan menurut saya. Kita tidak dapat berbuat sesuatu kepada si anak bawang.

Ya, anak bawang memiliki sebuah keistimewaan dibanding anak yang lainnya. Ia ikut dalam permainan, tetapi tidak ada satu orangpun yang dapat mengusik dirinya. Misalnya saja dalam permainan petak umpet, ada yang jaga ada juga yang ngumpet.

Nah, si anak bawang ini bisa ikutan ngumpet, tetapi tidak boleh jaga. Itulah maksud dari keistimewaan tadi sob, maka dari itu saya agak kesal juga ketika memainkan sebuah permainan ada seorang anak yang menjadi anak bawang.

Kalau tidak boleh jaga ya kenapa anak tersebut tidak menonton saja? Bahkan saya sempat mengalami momen dimana si anak bawang tersebut malah membuat ribet permainan. Kalau waktu itu sih saya saat bermain permainan petak umpet sob.

Jadi seperti yang sudah saya katakan tadi, anak bawang itu ikutan ngumpet tapi tidak boleh jaga. Nah waktu itu saya dan teman-teman ngumpet di suatu tempat dan kebetulan ada anak bawang yang ikut bersama kami.

Saat anak yang jaga sedang mencari kami, ia melihat si anak bawang yang bersama kami. Karena hal itu saya dan teman-teman saya yang sedang ngumpet pun jadi ketahuan semua, karena si anak bawang ini ngumpetnya tidak rapih gitu lah, grasak-grusuk.

Maka dari itu saya kesal jika ada anak bawang ikut dalam permainan saya dan teman-teman.

Kalau sobat sendiri gimana nih? Ada anak bawang juga tidak? Atau sobat punya momen menjengkelkan yang saya alami seperti diatas karena anak bawang?. Kalau ada, tulis di komentar ya.

Wassalamualaikum...

4 Comments

  1. Saya malahan taunya anak bawang itu yg usianya paling muda... Tpi dalam permainan gitu sih mlhn ga pernah denger saya... Ya beda" tempat yaa

    ReplyDelete
  2. Kalau dikampung saya, justru anak bawah itu sebuah strata rendah
    Keberadaannya tidak dianggap penting. Hanya sekedar sebagai pelengkap dan pesorak gembira saja. Alias kasihan, dan biasanya anak bawang ini usianya dibawah teman sebayanya.

    ReplyDelete

  3. Saya baru tahu kalau kalau anak bawang malah anak yang diistimewakan.

    Sepahamku, justru anak bawang itu malahan anak yang cupu, menyebalkan, unfaedah, pokok yang jelek jelek

    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Jaman gw kecil, adek gw selalu jadi anak bawang, wkwkwkwk

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)