Assalamualaikum...

Sumber gambar : www.literasi.net


Setiap blogger memiliki cara tersendiri untuk membuat diri mereka merasa nyaman dan fokus dalam menulis artikel. Misal saja ada yang menulis sambil mendengarkan lagu, ada yang lebih memilih menulis di kafe favoritnya, ada yang hanya menulis di pagi hari, atau ada yang sangat-sangat senang menulis di waktu malam hari. Seperti saya contohnya.

Sebagian besar blogger yang memiliki kegiatan di pagi hingga sore hari sudah pasti akan melakukan kegiatan ngeblognya di malam hari. Kalau saya sih karena sekarang sudah masuk kuliah, jadi hanya ada waktu malam saja untuk menulis. Tetapi kalau lab komputer di kampus kosong saya bisa memanfaatkannya untuk menulis artikel blog, itupun kalau kosong dalam artian tidak sedang berlangsung kuliah di lab tersebut.

Sebenarnya bisa saja saya menulis di jeda mata kuliah. Tetapi biasanya saya dan teman saya pergi ke kantin dan menurut saya kantin bukan tempat yang tepat untuk menulis. Susah fokus karena terlalu banyak orang berbicara, apalagi jika yang diajak bicara itu saya, ya sudah pasti konsentrasi saya terpecah. Itulah mengapa waktu malam sehabis pulang kuliah merupakan waktu yang tepat bagi saya untuk menulis.

Malam harinya juga bukan pada pukul 7 atau 8 ya sob, kondisi rumah saya pada jam segitu masih ramai dan berisik karena suara adik saya yang berumur 4 tahun. Saya biasanya menulis diatas jam 9 malam, lebih malam lagi ya lebih bagus. Kenapa lebih bagus? Karena suasananya hening, tenang, di luar juga tidak terdengar bising, karena sudah jarang kendaraan yang lewat. Kondisi seperti itu membuat saya menjadi lebih fokus untuk menulis.

Hanya saja saya ini tipe orang yang mudah tertidur atau ketiduran. Jika pada pukul 8 malam saya sudah merebahkan diri saya di kasur, mungkin saja saya akan tertidur dan imbasnya ya saya tidak jadi menulis di malam itu. Tetapi alhamdulillah untuk belakangan ini saya masih bisa menulis dengan baik di malam hari.

Seperti tulisan ini saya menulisnya di malam hari dan saya menggunakan smartphone sebagai alat menulisnya. Kenapa tidak menggunakan laptop atau komputer? Sebenarnya saya kalau ngeblog ya menggunakan laptop, karena ini sudah malam dan jika dengan smartphone, saya bisa menulis atau ngeblog sambil tiduran di kasur. Pokoknya benar-benar nyaman deh kalau ngeblog di malam hari sambil tidur-tiduran manja di kasur hehehe.

Entah apakah menulis di smartphone sambil tiduran merupakan hal yang baik atau tidak. Setau saya kalau membaca sambil tiduran sih tidak baik, kalau menulis?. Untuk menambah kenyamanan biasanya saya menyediakan beberapa cemilan, kalau sekarang sih karena masih suasana lebaran ya cemilannya sudah pasti kue lebaran. Karena jarang ada tamu yang datang kerumah membuat kue lebaran di rumah saya masih tersisa cukup banyak, ada yang sama?.

Malam hari memang nikmat jika melakukan sesuatu sambil meminum segelas kopi. Faktanya saya bukan orang yang suka meminum kopi, saya sangat jarang minum kopi. Bahkan saking jarangnya sampai bisa di hitung jari berapa kali saya minum kopi dalam satu bulan. Eh, pada bulan puasa kemarin saya malah tidak minum kopi sama sekali loh sob. Aneh ya? Sobat baru menemukan sosok laki-laki yang tidak suka kopi? Ya di wajarkan sajalah ya sob hehehe.

Sensasi menulis di malam hari itu sangat membuat nyaman. Kondisi yang tenang membuat saya bisa sangat fokus terhadap apa yang sedang saya kerjakan. Kalau sobat sendiri lebih suka menulis di pagi hari atau malam hari nih? Dan apakah diantara sobat ada yang juga sudah merasakan sensasi menulis di malam hari? Tulis di kolom komentar ya.

Malam ini saya hanya ingin curhat, semoga sobat senang membacanya hehehe. Akhir kata dari saya, terimakasih dan selamat malam.

Wassalamualaikum...

8 Comments

  1. Saya juga suka menulis di malam hari, kalau siang malah gak konsen😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalo siang emang mendingan tidur sih

      Delete
  2. Saya seringnya malah nulis pakai smartphone, kadang2 saja pakai laptop krn enak bisa sambil tiduran hehehe, cuma kalau mau ngedit artikel atau biar cepat selesai nulisnya baru pindah ke laptop....
    Saya lebih sering nulis di malam hari krn suasana tenang jadi lebih gampang berimajinasi, kalau siang hari sering kepotong pekerjaan jadi ide yg sudah di kepala duka hilang dan nemuinnya butuh waktu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya sama, kalau untuk edit tulisan dan buat ngedit gambar artikel saya juga biasanya di laptop.

      Delete
  3. Saya pernah mas, tapi enggak terlalu malam juga sih, jam 07.00 malam palingan paling makam jam 09.00, selebih itu untuk istirahat,....saya juga enggak suka kopi mas,..sama kita, ea, bagi saya minum kopi sambil nulis artikel bikin otak jadi ngadat 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh kalau saya malah bisa sampai jam 1 pagi. Tos lah samaan kita hehehe.

      Delete
  4. Sensasi ngeblog di malam hari bagi saya.. adalah ngetik sambil ngerasain pegel di kaki karena pulang pergi kerja harus berdiri total 3 jam di kereta. Sensasi lainnya adalah punggung yang juga tidak kalah pegelnya.

    Hahahahaha...

    Maklum lah, saya baru sampe rumah saja jam 07-08 malam setiap hari, jadi bukan karena pengen nyari sensasi, cuma ada waktu segitu saja di rumah. Terkadang sambil dicemberutin istri karena milih menghadapi laptop daripada ngobrol sama dia..

    Nasib... nasib...

    ReplyDelete
  5. wahhh keren semangatnya bang Anton ini, kalau saya sih sudah pegel dimana mana ya rebahan dulu baru nulis hehehe. Entah kenapa saya orangnya tidak tahan sama yang namanya rasa pegal.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)