Assalamualaikum...

Sumber gambar : blogdanikaizen.blogspot.com


Sebelum membaca isi tulisan atau artikel ini sudah pasti sobat membaca judulnya terlebih dahulu kan?. Mohon maaf jika judulnya agak nyeleneh dan jika ada yang merasa keberatan saya minta maaf banget. Tetapi semoga saja apa yang akan saya tuliskan kali ini dapat bermanfaat buat sobat semua.

Blog gado-gado, tentu sobat sudah tahu kan arti dari blog gado-gado?. Buat yang belum tahu, blog gado-gado merupakan jenis blog yang memiliki konten beragam dan tidak terpatok pada satu niche saja. Blog gado-gado itu bisa berisi konten otomotif, kesehatan, tips, tutorial, kuliner, jalan-jalan, atau pengalaman pribadi. Contoh gampangnya sih ya blog saya ini.

Jika saya ditanya kenapa saya memilih untuk membuat blog gado-gado, tentu saya akan menjawab ya karena saya bukan seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang. Memang untuk membuat blog niche harus seorang ahli? Ya tidak juga sih, tetapi tentu seorang ahli akan memberikan informasi yang akurat terhadap topik yang dibahas lewat artikel di blognya nanti. Hal tersebut tentunya tidak menguntungkan bagi pembaca saja, kita juga dapat dipercaya oleh pembaca dan kepercayaan mahal harganya.

Alasan berikutnya adalah karena saya menulis sesuai keinginan saya sendiri. Misal sedang ada berital viral dan semua media membahasnya, termasuk beberapa blogger ternama. Jika saya tidak ingin membahas tentang berita tersebut ya saya tidak akan membahasnya. Meski saya meninggalkan atau tidak menulis berita tersebut dan lebih memilih menulis hal remeh-temeh, jika hal yang remeh tersebut ingin saya tulis ya kenapa tidak?.

Oleh karena itu saya memilih untuk membuat blog gado-gado saja ketimbang blog dengan satu niche di dalamnya. Saya bisa menulis apa saja yang saya inginkan selama tulisan yang saya buat tidak mengandung unsur negatif di dalamnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bisa menulis apa saja itu merupakan keuntungan tersendiri bagi mereka yang memiliki blog gado-gado. Hal tersebut tentu membuat kita jadi tidak kehabisan ide-ide untuk menulis, karena tidak ada batasan apapun bagi seorang blogger yang memiliki blog gado-gado. 

Jadi, tidak baik jika seorang blogger yang memiliki blog gado-gado beralasan bahwa ia kehabisan ide menulis. Ketahuilah saya sering membaca blog otomotif seperti Iwanbanaran.com. Blog tersebut hanya membahas soal otomotif dan itu artinya bukan termasuk blog gado-gado. Tetapi kenyataannya bahkan blog tersebut bisa menerbitkan artikel lebih dari satu setiap harinya dan tidak ada istilah kehabisan ide bagi blog tersebut.

Memang benar blog tersebut sudah sukses dan sudah memiliki tim untuk membuat berita mereka sendiri. Tetapi kita harus percaya satu hal, bahwa dalam hal ide untuk menulis, blog gado-gado harus dan memang lebih unggul ketimbang blog niche. Saat blog niche fokus diisi artikel dengan satu topik utama, sebuah blog gado-gado bisa diisi dengan banyak topik. Tidak ada alasan bagi seorang blogger gado-gado untuk mengeluh kehabisan ide.

Kehabisan ide merupakan pembelaan bagi diri kita terhadap rasa malas yang mungkin hinggap. Rasa malas memang sebuah kewajaran yang ada pada diri seorang blogger, bahkan untuk seorang blogger sukses sekalipun pasti pernah merasa malas. Tetapi ada baiknya untuk kita segera menyikapi rasa malas tersebut, lakukan sesuatu agar kita semangat lagi. Jangan sampai rasa malas malah mematikan kreativitas kita.

Saya pun mengerti bahwa setiap orang berbeda-beda, kemampuan mencari ide menulis pun juga berbeda antara yang satu dengan yang lainnya dan tentunya tidak bisa di pukul rata. Tetapi disini saya ingin tekankan bahwa memiliki blog gado-gado berarti ide menulis akan terus ada, mengingat tidak terbatasnya topik yang akan ada di blog kita nantinya.

Jadi, apakah sobat termasuk blogger yang memiliki blog gado-gado? Apakah sobat masih mengeluh kehabisan ide menulis?. Mungkin saja bukan ide nya yang habis, tetapi rasa malas sudah mulai datang dan segeralah bertindak.

Terimakasih buat yang sudah baca dan semoga hari kalian menyenangkan.

Wassalamualaikum...

13 Comments

  1. Hi..hi... Emang ya salah manusianya. Saya pun begitu, sebenernya banyak yang bisa dibahas tapi malas mau gerak buat mikir dan nulis.
    Ckckck...
    Salah siapa coba?
    Salah sendiri😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe iya mba, ketika ada seorang blogger dengan blog gado-gado berkata kehabisan ide agaknya kurang tepat saja sih. Karena kan bisa dibilang ide menulis blog gado-gado tuh unlimited.

      Delete
  2. Saya punya dua blog, satu niche blog satunya multi topik,....benar mas asyiknya blog gado2 bisa nulis apa saja sampai hal yg paling remeh jadi sebenarnya ide nggak bakalan pernah habis, yg bisa habis hanya semangat menulis yg dipengaruhi oleh bermacam hal, dan hanya blogger itu sendiri yg tahu persoalannya dan yg bisa mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kemampuan seseorang untuk mencari sebuah ide menulis tidak bisa di pukul rata, tetapi jika ada keinginan tinggi tentu saja bisa.

      Delete
  3. pembelaan bagi diri kita terhadap rasa malas >>> seperti ditabok disiang bolong nih xD

    Bener nih, keunggulan blog gado-gado bisa nulis apa aja. Saya pernah ngalamin suatu hari lagi gak niat nulis, lalu diajak ngobrol sama ibu. Eh justru karena obrolan itu saya bisa dapet ide nulis deh langsung malamnya saya ngebut nulis mumpung masih on fire hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba kudu on fire setiap hari hehehe.

      Delete
  4. Kalau saya pikir sih, mau blog gado-gado atau blog niche, tidak seharusnya seorang blogger kehabisan ide. Masalah ide itu adalah bagaimana cara kita terus menggali diri sendiri dan meski katanya "sempit" sebenarnya sebuah niche itu bahkan sudah terlalu luas bagi pemikiran seseorang.

    Yang sering terjadi adalah karena kita membuang ide yang kita anggap "kecil", jadi stok idenya mengecil karena kita ingin terlihat "keren". Bisa juga karena "bosan",namanya manusia ya suatu waktu bisa bosan dan yang seperti ini bisa jadi penghambat.

    Malas? bisa jadi. Tetapi, kenapa dia malas? Bisa jadi karena dia tidak mengerti tujuannya ngeblog dan juga terlalu memaksakan diri sehingga gampang putus asa. Bisa juga karena sebenarnya dia tidak menemukan passionnya.

    Banyak sekali hambatan dalam menemukan ide sebenarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul, ide ada dimana mana, ada yang muncul secara tiba tiba ada juga yang harus di gali terlebih dahulu. Terimakasih bang Anton :D

      Delete
  5. Terkadang kita harus sering berkunjung ke blog orang juga mas ya biar bisa dapat inspirasi dan juga motivasi, jujur walaupun blog gado-gado juga tetap enggak bisa selalu ada ide, ada saatnya dimana otak merasa lelah dan ide hilang 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus sering berkunjung, saya pun untuk mendapatkan ide juga melakukan hal itu.

      Delete
  6. Mestinya apa pun jenis blognya, wajib berusaha selalu punya ide. Caranya banyak baca, banyak jalan

    ReplyDelete
  7. Pas baca judulnya, "iya iya mas, iyaaaaa :v"

    Masalahnya gini, di hidup ga cuma blog yang ada dipikiran. Jadi ya, bisa aja pikiran lain nutupin ide buat nulis di blog yang gado-gado :v.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)