Assalamualaikum...

Halo sobat My Blog My Daily apa kabar kalian semua? semoga kalian dalam keadaan yang baik-baik saja ya. Buat sobat yang lahir di tahun 90an atau mungkin lahir di tahun 99 atau di awal tahun 2000, pasti sempat merasakan yang namanya bermain game di Playstation 1.



Saya pun demikian sob, saya ini lahir di tahun 1999 dan sobat sudah pasti bisa menebak berapa umur saya sekarang. Karena saya lahir di tahun segitu, masa kecil saya tidak jauh-jauh dari bermain game Playstation 1.

Biasanya saya main itu ketika pulang sekolah. Waktu itu saya masih sd sob, jadi setiap pulang sekolah pasti langsung duduk manis di depan PS, kadang kalau sudah asik banget tuh sampai lupa makan dan siap-siap deh kena teriakan sama mamah hehehe (jangan di tiru ya).

Kebetulan pada saat itu bukan hanya saya sob yang bermain PS1, tetapi teman-teman di dekat rumah saya juga punya PS1. Jadi kadang kita suka bermain bersama-sama gitu, misal di hari Senin bermain di rumah si A dan hari berikutnya di rumah si B dan begitu seterusnya.

Oh ya, terkadang kami juga suka tukar-tukaran file game nih sob, misal saya bermain sebuah game itu masih di level 1, tetapi teman saya sudah sampai di level 5 ya akhirnya saya minta file nya di memory card teman saya itu sob. Alhasil, saya jadi bisa sampai di level 5 juga tanpa harus bersusah payah dulu hehehe (curang itu mah).

Oleh karena seringnya saya bermain PS1 dengan teman-teman hal tersebutlah yang membuat keseharian saya di masa itu menjadi menyenangkan. Saya sudah mencoba berbagai macam game PS1 nih sob dan ada beberapa game yang saya favoritkan atau game yang paling sering saya mainkan, bahkan hingga sekarang ini. Berikut adalah game Playstation 1 yang saya favoritkan.

1. Harvest Moon Back to Nature




Ini merupakan game yang bener-bener legend banget sih menurut saya. Buat sobat yang pernah main PS1 pasti pernah atau minimal tahu akan game ini. Bahkan saya sendiri tuh masih mainin game Harvestmoon ini sampai sekarang loh sob, nostalgia banget deh seruu.

Jadi game Harvest Moon Back to Nature ini menceritakan seorang anak laki-laki (yang akan di perankan oleh kita si pemainnya) yang di berikan warisan berupa ladang dan rumah dari kakeknya di sebuah daerah yang bernama Mineral Town.

Nah, jadi kita akan memerankan anak laki-laki tersebut sob dan tugas kita adalah untuk merawat ladang atau kebun peninggalan kakek dari anak laki-laki tersebut, supaya hasil dari ladang tersebut dapat berguna bagi warga sekitar.

Kita akan di beri waktu selama tiga tahun oleh Walikota untuk merawat ladang kita, mulai dari bercocok tanam, membangun rumah, sampai merawat ternak seperti ayam, domba, kuda, dan sapi. Jika dalam waktu tiga tahun itu ladang kita tidak berkembang sama sekali dan selama itu kerjaan kita hanya tidur-tidur saja dan tidak bersosialisasi dengan warga sekitar, maka Walikota akan mengusir kita dari Mineral Town, jadi jangan malas ya sob hehehe.

Oh ya yang unik di game Harvestmoon ini adalah kita bisa menikah dengan salah satu gadis di Mineral Town sob. Jadi di Mineral Town itu terdapat beberapa gadis diantaranya Popuri, Karen, Elli, Ann, dan juga Mary.

Salah satu dari lima gadis tersebut dapat kita pilih untuk di nikahi sob, seru kan? hehehe. Kalau saya dan teman-teman saya di waktu kecil pasti milihnya tuh Elli, seorang perawat atau bidan di Mineral Town.

Tetapi entah kenapa saat ini saya sangat tertarik dengan Popuri, bawaannya gemas saja gitu. Popuri itu bisa dibilang paket lengkap dari gadis yang ada deh hehehe, dia itu ramah, supel, manja, kadang periang kadang juga suka mudah bersedih. Makanya saat ini saya lagi PDKT sama Popuri nih sob hehehe, doain aja semoga bisa menikah suatu saat.

Buat sobat yang pernah main game ini itu berarti sobat sudah tidak muda sekarang hehehe. Silahkan bernostalgia kembali dengan memainkannya di smartphone sobat, tentunya dengan menggunakan emulator ya sob.

2. Digimon World




Digimon World adalah sebuah game PS1 yang paling sering saya mainkan setelah Harvest Moon Back To Nature. Sebenarnya dulu saya juga main game Digimon yang Rumble Arena sob, tapi saya cenderung lebih suka yang ini karena memiliki kisah atau cerita di dalamnya.

Jadi game ini mengisahkan tentang seorang anak yang suka bermain digimon bersama teman-temannya (semacam di tamagochi gitu sob). Nah suatu hari saat dia pulang ke rumah tiba-tiba saja ia menemukan mainan tempat ia bermain digimonnya itu mengeluarkan sinar, lalu ia tersedot masuk ke dalamnya.

Anak tersebut pun pingsan, ketika ia bangun ternyata ia sudah berada di dunia digimon. Ternyata, masuknya anak tersebut ke dunia digimon adalah karena memang sudah di rencanakan oleh si Jijimon (salah satu digimon yang terdapat di File City).

Kenapa Jijimon berbuat begitu? sebelum itu saya mau cerita dulu ya sob. Jadi File City itu adalah sebuah kota tempat tinggal berbagai macam digimon, tetapi suatu hari digimon-digimon yang ada di File City itu pergi entah kemana.

Alasan Jijimon membuat anak laki-laki tersebut masuk ke dunia digimon adalah untuk meminta pertolongan kepadanya. Jijimon meminta tolong kepada anak tersebut untuk membantunya membangun File City kembali, dengan cara merekrut digimon-digimon untuk kembali ke File City.

Pada cuplikan game nya kita akan melihat banyak anak kecil yang bermain digimon lewat alat berbentuk persegi, termasuk anak laki-laki itu. Lalu pertanyaan pun muncul, kenapa Jijimon meminta tolong hanya kepada anak laki-laki tersebut?.

Jawabannya adalah karena anak tersebut bisa merawat digimon dengan baik dan Jijimon tau akan hal tersebut makanya Jijimon meminta tolong kepadanya. Yap, jadi jika sobat main game Digimon World PS1 sobat akan memerankan anak tersebut. Tugas sobat adalah untuk merekrut digimon-digimon di luar sana untuk kembali ke File City, sehingga File City dapat ramai lagi oleh digimon.

Kebetulan juga nih saya lagi main game nya dan saya juga me-record untuk channel Youtube saya sob. Silahkan di lihat di bawah ini :



3. Dino Crisis 2




Buat para pecinta Playstation 1 pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini, Dino Crisis 2. Game ini tuh sangat kental akan aksi, bahkan mungkin saja sobat akan di buat kaget terus-menerus ketika memainkan game ini dikarenakan Velociraptor yang suka menyerang secara tiba-tiba.

Sebenarnya game ini tuh terbagi menjadi dua, yaitu Dino Crisis dan Dino Crisis 2. Kedua game itu saling berkaitan sob, maksudnya Dino Crisis 2 adalah kelanjutan cerita dari game Dino Crisis yang pertama sob.

Dino Crisis yang pertama itu ceritanya berpusat di Dr. Kirk. Dr. Kirk adalah seorang ilmuwan gila yang kerap melakukan beberapa percobaan di sebuah pulau yang bernama Ibis. Di kemudian hari ada berita atau sebuah kabar tentang meninggalnya Dr. Kirk di pulau tersebut.

Namun beredar kabar lagi bahwa meninggalnya Dr. Kirk hanyalah sebuah gosip belaka. Untuk membuktikan kebenaran dari semua kabar tersebut, di bentuklah sebuah tim khusus yang beranggotakan empat orang.

Fakta yang terjadi adalah Dr. Kirk membuat sebuah mesin waktu dan memindahkan dinosaurus dari masa lampau ke pulau Ibis. Alhasil, banyak orang di pulau Ibis yang meninggal karena di mangsa oleh dinosaurus yang di kirim dari mesin waktu ciptaan Dr. Kirk.

Dino Crisis 2 mengisahkan tentang menghilangnya Edward City yang merupakan sebuah kota markas penelitian dari alat atau mesin yang di ciptakan oleh Dr. Kirk pada Dino Crisis yang pertama.

Ya, setelah di temukan oleh Regina dan rekannya,  Dr. Kirk pun di tahan dan kemudian alatnya di ambil alih oleh pemerintah. Kemudian dilakukanlah berbagai macam percobaan di Edward City, tiba-tiba suatu hari kota tersebut hilang dan bahkan di peta juga tidak ada sama sekali.

Faktanya adalah Edward City itu masuk ke masa lampau atau zaman dimana dinosaurus masih hidup, itu semua terjadi karena percobaan yang dilakukan oleh pemerintah. Kemudian dibentuklah sebuah tim untuk datang ke Edward City menyelamatkan beberapa survivor disana dan juga mengambil kembali sisa energi dari alat ciptaan Dr. Kirk.

Kenapa saya lebih suka Dino Crisis 2? Oke sob, jadi ada dua alasan yang membuat saya lebih suka game Dino Crisis 2, khususnya saat saya main waktu kecil dulu.

  1. Game Dino Crisis yang pertama terlalu banyak teka-tekinya. Yap, jadi di game yang pertama itu banyak banget teka-tekinya sob dan itu semua berbahasa inggris (wajar sih karena memang untuk mengungkap identitas si dokter Kirk). Tetapi untuk anak seumuran saya pada saat itu main game penuh teka-teki seperti itu sangatlah susah sob, jadi ya saya lebih suka dengan Dino Crisis 2.
  2. Game Dino Crisis 2 lebih banyak kontak fisik dengan dinosaurus. Namanya juga anak-anak ya kan, jika tau bahwa ada game tentang dinosaurus sudah pasti berharap langsung bertemu dan melawan dinosaurus tersebut kan. Nah, berhubung Dino Crisis yang pertama itu jarang ada kontak fisik langsung dengan dinosaurus, makanya saya tidak terlalu suka game tersebut, dan lebih suka Dino Crisis 2 yang dari awal sampai akhir selalu bertemu dengan dinosaurus.

Yap itulah tiga game PS1 yang paling saya favoritkan sob. Memang benar saya dulu tuh main banyak game di PS1, tapi tiga di atas adalah yang paling saya favoritkan atau paling saya suka dan sering saya mainin sob.

Bahkan tiga game itu masih saya mainin loh di smartphone saya. Bagaimana cara main game PS1 di smartphone? untuk memainkan game PS1 di smartphone sobat memerlukan sebuah emulator, nah emulator yang saya pakai ini bernama epsxe, buat sobat yang suka main  game pasti sudah tidak asing lagi lah dengan emulator itu.

Oke sob, mungkin segitu saja untuk postingan kali ini. Kalau sobat sendiri, apa nih game yang paling sobat suka? silahkan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih buat yang sudah membaca tulisan ini dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Wassalamualaikum...

10 Comments

  1. saya ini orang jaman old jadi sama game rada jauh jaraknya. anak-anak sekarang main pees cuma bisa senyum senyum, andai saya lahir gak terburuburu mungkin gak beginibegini amat kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya bang, meski begitu ps udah berkembang banget jadi buat yang lahir sebelum ps ada tetep bisa ngerasain serunya :D.

      Delete
  2. ngomong-ngomong soal ps 1, jadi keinget pas main pake emulator di PC, saking pengennya main tapi nggak punya ps 1 n nggak punya duit buat ke rental, heheheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. game ps1 emang grafik tuh masih biasa tapi dari segi ceritanya bagus bagus banget, kangennn :(

      Delete
  3. jadi pengen main ps 1 lagi :')

    ReplyDelete
  4. game game kenangan semuanya ini.
    hahahaha baru tau kalo bisa tukeran file dan level nya mengikuti. untung udah g ada gamenya di saya

    ReplyDelete
  5. Bahahahaha. ..jangan dilanjutkan lagi Karena gak habis habisnya game baru

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)