Assalamualaikum...

Halo sobat semua, saya harap kalian baik-baik saja ya semuanya :). Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sebuah novel lagi karya Tere Liye, yang pasti ini novel udah lama terbit tapi saya baru baca di tahun ini hehehe.


Oke langsung aja, kali ini saya akan membahas novel tentang kamu, mari di simak sob pembahasannya.


DETAIL BUKU

Judul : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tebal : 524 halaman

BLURB

Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita.

Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali, aku tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi.

Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan.

RANGKUMAN CERITA

Novel ini bercerita tentang seorang pengacara muda bernama Zaman Zulkarnaen, bisa dibilang ini merupakan nama yang unik hehehe. Sesuai namanya, Zaman merupakan warna negara asli Indonesia, tepatnya ia lahir di Bandung. Setelah dewasa Zaman memutuskan untuk melanjutkan studi nya ke negara Inggris. Berkat kerja kerasnya, Zaman berhasil menjadi lulusan master hukum di oxford university, kini ia bekerja sebagai associate di firma hukum bernama Thompson & Co, sebuah firma hukum yang di sebut-sebut sebagai legenda hidup oleh dosen pembimbing Zaman dan memang sebutan tersebut layak di layangkan kepada Thompson & Co, karena prinsip mereka yang begitu kuat.

Sudah satu tahun lamanya Zaman bekerja di firma hukum tersebut, hingga di suatu hari yang mana hari itu adalah hari libur, Zaman dipanggil oleh atasannya untuk menuntaskan sebuah kasus besar. Kasus ini merupakan permasalahan tentang harta warisan, yang mana harta warisan tersebut ditinggalkan oleh kliennya yang telah meninggal. Awalnya Zaman merasa ragu karena ia yang ditunjuk untuk menangani kasus tersebut dan juga harta yang ditinggalkan jumlahnya sangat besar. Tapi ternyata sir Thompson memiliki alasan yang kuat untuk menunjuk Zaman, selain ia ingin menguji Zaman karena itu merupakan kasus pertamanya agar mendapat salah satu kursi senior lawyer di firma hukum tersebut, adalah Sri Ningsih yang menjadi kliennya dan ia juga memiliki kewarganegaraan yang sama seperti Zaman, itu mungkin akan memudahkannya. Perjalanan Zaman pun dimulai, ia kembali ke tanah air untuk mencari tau kisah hidup Sri Ningsih, karena minimnya petunjuk yang ditinggalkan Sri mengenai siapa ahli waris dari hartanya tersebut.

PEMBAHASAN

Untuk kesekian kalinya saya merasa kagum dengan novel-novel karya Tere Liye. Memang, baru beberapa saja dari total keseluruhan novel Tere Liye yang sudah saya baca, salah satunya adalah novel dengan judul Tentang Kamu ini, dan novel ini pun sukses membuat mata saya berair. Terlalu banyak kejadian-kejadian yang memilukan di novel ini, om Tere Liye memang selalu berhasil dalam hal mengaduk perasaan setiap orang yang membaca novelnya. Bagi sobat yang belum membaca novel ini mungkin akan mengira ini merupakan novel romance, tapi ternyata kisah percintaan yang terdapat di novel ini hanya sedikit, lebih dominan menceritakan kisah hidup sang tokoh bernama Sri Ningsih.

Yap novel ini sangat menceritakan detail setiap jejak hidup dari seorang bernama Sri Ningsih. Setiap yang membaca novel ini pasti akan berpendapat bahwa Sri adalah seorang perempuan yang sangat kuat, penyabar, dan tidak memiliki benci sedikitpun di hatinya walau hanya seukuran debu. Lantas semua orang yang membaca pun ingin sekali memiliki hati sekuat Sri. Om Tere Liye sukses membuat karakter Sri terkenal akan kehebatannya, bukan hanya karena hati yang luar biasa kuat namun ia juga hebat dalam bidang apapun.

Zaman sendiri di gambarkan sebagai seorang yang memiliki karakter sangat baik hati dan juga memiliki disiplin kerja yang bisa diandalkan. Zaman sangat profesional terhadap pekerjaannya, kesabaran dalam mencari tau kisah Sri Ningsih telah membuktikan itu semua, dan ia sangat berusaha agar kasus yang sedang ia pegang dapat terselesaikan dengan seadil-adilnya. Kalo boleh dibilang Zaman tokoh yang saya favoritkan hehehe.

Soal penggambaran latar kejadian cerita om Tere Liye memang jagonya, dengan detail ia menjelaskan tiap latar kejadian cerita di novel tersebut. Novel ini fiksi tetapi banyak pengetahuan tentang sejarah yang terdapat didalamnya, juga pengetahuan-pengetahuan umum lainnya, novel fiksi yang penuh dengan kualitas. Entah bagaimana caranya om Tere dapat memiliki ide untuk membuat cerita fiksi sehebat ini, salut deh.

Untuk keseluruhan sih bisa dibilang ini novel yang hebat banget, setara deh sama novel Rindu. Oh ya, saya sempet dibuat senyum sendiri ketika membaca novel ini, saat dimana ayahnya Sri menyebut nama Philips, nahkoda kapal Blitar Holland yang diceritakan pada novel Rindu. Saya sih agak kecewa sama endingnya, memang sudah terpenuhi karena terkesan agak dipercepat atau itu hanya perasaan saya saja ya?. Pokoknya ini novel rekomendasi banget deh buat kalian yang suka baca novel.

Oke, mungkin segitu aja untuk pembahasannya kali ini. Sampai jumpa di pembahasan novel berikutnya, terus pantengin blog ini ya :).

Wassalamualaikum...

2 Comments

  1. Wah. Fiersa Besari adalah salah satu penulis yang aku senangi. Pasalnya, beliau memberikan karya tulis, secara logis dan kritis. Terima kasih info nya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar :)