Assalamualaikum...

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 26 Juli 2018, rumah produksi RA Pictures baru saja merilis film horor terbaru mereka yang di beri judul "13 The Haunted". Film ini bisa di bilang bertabur artis masa kini, karena beberapa pemerannya seperti, Al Ghazali, Valeria Thomas, Endy Arfian, Atta Halilintar, Achmad Megantara, Mikha Tambayong, Marsha Aruan, Stefhanie Zamora Husen, dan Mumuk Gomez.



SINOPSIS

Rama, Celsi, Garin, Fira, Farel, Quincy, dan Hana adalah sekumpulan anak jetset di ibu kota yang sedang bosan menghamburkan harta orang tua mereka. Mereka punya musuh yang sama yaitu Joy dan Klara yang lagi hits dengan vlog mereka yang dinamakan The Jackal. Yang mengesalkan mereka, The Jackal beken mengalahkan pamor mereka karena vlog mereka yang selalu menceritakan atau meliput keberadaan hantu, yang notabene sangat dicibir oleh ketujuh sahabat ini.

Terobsesi mengalahkan vlog The Jackal mereka berencana membuat vlog di Pulau Ayunan, sebuah pulau kecil yang dulunya resort mewah namun sekarang terbengkalai karena pemiliknya tanpa sebab yang jelas membantai seluruh keluarganya di pulau tersebut. Resort ini ternyata indah, mewah, dan nyaman meski nggak besar. Namun dibalik semua keindahan itu ada sebuah misteri yang tersembunyi.

PEMBAHASAN

Buat kalian yang belum nonton film ini saya saranin untuk menontonnya terlebih dahulu.

Oke, jadi pada awal film, kita di suguhi kegiatan Klara dan Joy yang sedang membuat vlog Horror Reality show di salah satu SMA yang terkenal keangkerannya. Joy sebagai kameramen sedangkan Klara sebagai orang yang mencoba berkomunikasi dengan hantu, menggunakan papan ouija. Klara mencoba menanyakan perihal nama hantu tersebut, penyebab ia meninggal, dan dimana letak ia meninggal. Penampakan hantu tersebut pun terlihat oleh kedua vlogger sekaligus pasangan kekasih tersebut.

Jadi sesuai sinopsis film di atas, karena The Jackal sangat populer dan vlog-vlognya memiliki jumlah viewers yang cukup fantastis hanya dalam waktu beberapa hari saja, membuat Rama dan teman-temannya iri dan berniat untuk menyaingi The Jackal. Rasa iri dan cemburu tersebutlah yang membawa mereka sampai ke pulau terkutuk.

Okeh, itu sekilas rangkuman cerita dari saya, mari kita bahas soal alur cerita, akting, dan segala macamnya.

Bikin Tegang

Asli, kalo dari segi ketegangan, ini film bisa dibilang cukup. Kenapa cukup? karena menurut saya ini film horor yang friendly banget bagi para penontonnya, karena nggak melulu di kasih kejutan mengagetkan, melainkan ada sekitar jarak yang lumayan jauh dan bisa dipergunakan bagi penontonnya untuk menarik nafas yang dalam hehehe. 

Akting Para Pemain

Nah ini yang bakal di sorot banget nih, setiap film horor pasti akan di sorot dari keseriusan akting para pemainnya, terutama dalam adegan ketakutan. Pada awal film Rama yang di perankan oleh Al Gazhali terkesan kaku ketika berbicara dengan kekasihnya, bahkan saya melihat ketika Al berbicara itu ada sedikit keserimpet gitu, tapi untuk keseluruhan sih lumayan lah. Klara yang diperankan oleh Mikha Tambayong pun mendapat perhatian juga karena aktingnya. Seperti yang kita ketahui, Klara sering membuat vlog bertema horor namun untuk adegan ketakutannya itu kurang, malah ketika ia berhadapan dengan hantu ekspresi wajahnya terkesan lucu.

Para Hantu

Disini lah letak bingung saya. Di ceritakan bahwa resort di Pulau Ayunan terbengkalai karena kejadian pembantaian yang terjadi di sana tepat 13 bulan lalu. Oke, inikan pembantaian ya, mungkin hantu yang termasuk kategori pembantaian ya chef Papang dan mba Stella saja, Kenapa?. Karena hantu chef Papang itu berlumuran darah dan hantu Mba Stella itu kepalanya buntung, sedangkan yang lain itu agak aneh, contohnya hantu si manajer yang memiliki dua tanduk, hantu Darsih yang seperti monster danau, hantu Jaka yang seperti Zombie (mayat hidup). Hantu-hantunya itu seperti iblis wujudnya bukan terlihat seperti di bantai. Dan terahir hantu Fira yang memiliki muka masuk kedalam tanpa mata, dengan lidah terjulur keluar, jujur saya malah mau ketawa liatnya :D.

Alur Cerita

Yang saya suka dari film ini adalah alur ceritanya. Penulisannya rapih dan bagus lah. Sehingga membuat penonton tuh jadi penasaran, seperti apa sih endingnya, ada misteri apa sih di Pulau Ayunan tersebut.

Yap, itulah yang bisa saya bahas dari film ini. Untuk penilaian, saya kasih 7/10 buat film ini. Saya juga masih bingung kenapa hantunya seperti itu, tapi mungkin akan ada penjelasannya di film selanjutnya. Oh iya, film ini nantinya ada sekuelnya loh yaitu "13 The Return", mari kita tunggu sama-sama film selanjutnya.

Kesimpulannya, film ini layak tonton bagi kalian para pecinta film horor tanah air. Namun, buat kalian yang masih dibawah umur sih kalo bisa konsultasi dulu ya sama orang tua, kalo mau nonton film ini hehehe. Mari kita dukung terus perkembangan film di tanah air tercinta ini, semoga semakin maju dan berjaya. Berika kritik dan saran yang membangun bagi setiap karya yang telah tercipta. Seperti apapun bentuknya, percayalah semua tim yang terlibat telah membuat dengan sepenuh hati untuk kita nikmati bersama. Akhir kata, mohon maaf apabila ada salah kata dan kekurangan, terima kasih buat yang udah baca postingan ini. Jangan lupa buat tinggalin komentar ya, supaya saya lebih semangat lagi hehehe.

Wassalamualaikum...

0 Comments