Assalamualaikum...

Halo sobat My Blog My Daily, apa kabar kalian semua? semoga kalian dalam keadaan yang sebaik-baiknya ya. Di postingan kali ini saya bakal ngebahas sesuatu yang beda dari yang biasanya saya share di blog ini. Jadi saya akan share apa yang saya pelajari ketika dulu saat sekolah, maupun yang sedang saya pelajari di perkuliahan saya. Oke dan pada kali ini saya mau ngebahas sedikit rumus yang ada di Microsoft Excel.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja, yang dibuat oleh perusahaan Microsoft yang dapat di jalankan pada sistem operasi Windows. Kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini, karena pada keperluan sehari-hari kita biasa mempergunakannya untuk membuat sebuah data yang membutuhkan banyak tabel di dalamnya. Terlebih dari itu, kegunaan Microsoft Excel masih banyak lagi terutama pada fitur kalkulasinya, jadi kita tidak usah repot-repot pake menghitung dengan jari atau semacamnya lagi hehehe.

Nah, yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu bagaimana caranya kita mengambil beberapa karakter dari kolom sebelumnya untuk kita tempatkan di kolom yang akan kita buat? Mari simak.



Dalam Excel terdapat fungsi LEFT, MID, dan RIGHT. Fungsi-fungsi ini yang digunakan untuk mengambil karakter yang diinginkan. Berikut penjelasannya :

1. Fungsi Rumus LEFT 

Rumus LEFT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kiri. Berikut adalah penulisan syntaxnya :

=LEFT(Text,Num_Chars)
Keterangan :
Text merupakan cell atau sel tempat dimana karakter yang ingin sobat ambil berada.
Num_Chars merupakan jumlah dari karakter yang ingin sobat ambil dari sebelah kiri.

Contoh :
Pada gambar di bawah ini, ingin mengambil huruf "M" dari sebelah kiri karakter pertama. Maka, penulisan syntaxnya adalah seperti ini.


Menggunakan syntax "=LEFT(I9,1)" karena ingin mengambil karakter pada sel I9 dan ingin mengambil satu huruf saja yaitu "M" maka ditulis "1" setelahnya.

2. Fungsi Rumus MID

Rumus MID berfungsi untuk mengambil satu atau lebih karakter yang berada di tengah-tengah. Berikut adalah penulisan syntaxnya :

=MID(Text,Start_Num,Num_Chars)
Keterangan :
Text merupakan cell atau sel tempat dimana karakter yang ingin sobat ambil berada.
Start_Num merupakan urutan karakter yang ingin diambil, terhitung dari sebelah kiri.
Num_Chars merupakan jumlah dari karakter yang ingin sobat ambil di tengah-tengah.

Contoh :
Pada gambar dibawah ini, ingin mengambil kata "BLOG" yang terdapat di tengah. Maka, penulisan syntaxnya adalah seperti ini :


Menggunakan syntax "=MID(I9,4,4)" karena ingin mengambil karakter di sel I9 dengan urutan karakter ke 4 (note:spasi dihitung) dan jumlah karakter yang diambil adalah 4.

3. Fungsi Rumus RIGHT

Rumus RIGHT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter yang terdapat di akhir kata atau sebelah kanan. Berikut adalah penulisan syntaxnya :

=RIGHT(Text,Num_Chars)
Keterangan :
Text merupakan cell atau sel tempat dimana karakter yang ingin sobat ambil berada.
Num_Chars merupakan jumlah dari karakter yang ingin sobat ambil dari sebelah kanan.

Contoh :
Pada gambar dibawah ini, ingin diambil huruf "Y" dari sebelah kanan karakter pertama. Maka penulisan syntaxnya adalah seperti ini :


Menggunakan syntax "=RIGHT(I9,1)" karena ingin mengambil karakter "Y" yang terdapat pada sel I9. Penulisan RIGHT memang hampir sama dengan LEFT.

Yap, mungkin segitu saja untuk postingan kali ini. Silahkan sobat coba sendiri di pc atau laptop masing-masing dan semoga dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran yang mendukung langsung aja sobat komen postingan ini atau bisa kirim lewat email mi066285@gmail.com. See ya.

Wassalamualaikum...

0 Comments