Assalamualaikum...

Perpisahan kelas 6 SD/MI, 9 SMP/MTS, dan 12 SMA/SMK/MA dengan diadakannya kegiatan tur ke tempat wisata sudah menjadi kegiatan yang wajib di lakukan oleh berbagai sekolah, tak terkecuali sekolah saya. Tepatnya hari Rabu tanggal 26 April 2017 sekolah saya mengadakan kegiatan tur mengunjungi tempat wisata yang terdapat di daerah Bandung, yaitu Cikole dan Farmhouse. Ya, kedua tempat itu yang menjadi pilihan akhir destinasi tempat wisata setelah dilakukannya voting dengan melibatkan seluruh kelas 12.

Sekitar jam 5 pagi seluruh siswa kelas 12 seangkatan saya sudah berkumpul di tempat yang telah di janjikan, depan alfamart Villa Indah Permai. Bus yang akan mengantar kami semua berjumlah 7 bus dan bus yang akan saya tempati adalah bus 6. Jumlah siswa di kelas saya ada 34 orang dan dibagi menjadi 3, ada belasan orang yang menempati bus 5 dan sisanya berada di bus 6 dan 7 (di bus 7 hanya ada 8 orang) saya juga awalnya bingung, kenapa sekelas harus di pisah padahal akan lebih seru jika satu bus satu kelas :D. Pembagian siswa/bus nya hampir sama dengan waktu saya KI (Kunjungan Industri) dulu.

Sekitar jam  6 lewat bus yang akan saya tumpangi baru datang dan seluruh siswa yang akan berada di bus tersebut langsung menghambur ke pintu bus untuk masuk ke dalamnya. Seketika, bus yang awalnya datang dengan muatan yang kosong di dalamnya langsung terasa ramai dan penuh ketika kami semua masuk dan mulai terdengan beberapa obrolan dan candaan antar sesama siswa.

Waktu telah menunjukkan pukul 7 lewat 15 dan bus pun akhirnya berangkat, bersamaan dengan itu snack dan air mineral botol pun di bagikan oleh guru pembimbing yang ikut dalam bus ini. Karena emang dari rumah belum saya belum sempat sarapan (masih pagi banget tadi berangkatnya) jadi pas di kasih langsung saya makan habis :v. Bahkan kalo temen yang duduk di sebelah saya nggak dimakan snacknya bakal saya makan tuh, eh ternyata dia juga belom nyarap -_-. Oh ya ngomong-ngomong waktu itu saya duduk sama temen saya yang bernama sebut saja Rizki (emang nama asli).

Setelah memanjatkan do'a seiring bus yang berangkat untuk sekedar meramaikan suasana di bus kita karokean deh. Tapi karokeannya dangdut keseringan yang nyanyi guru saya -_-.

lagi dangdutan.

Jam setengah 12 bus saya sampai di tempat wisata tujuan pertama yaitu Cikole. Kesan pertama ketika menginjakkan kaki di daerah sini adalah udaranya sob brrr dingin, bahkan temen saya yang abis dari kamar mandi pas keluar dia bawa es t**j*s dia nyeduh pake aer kamar mandi saking dinginnya :v GARRINGG. Udah lama juga saya nggak ke Bandung dan suasana seperti ini yang saya kangenin dari kota ini. Setelah semua bus sampe di Cikole lantas guru pembimbing pun mengajak para siswa untuk pergi ke tempat makan siang. Cacing di perut serempak berteriak "Horeee".

baru sampe Cikole.

Setelah selesai makan kita semua lanjut berjalan menanjak ke tempat terbuka nya nih sob. Begitu rombongan kami sampe disana langsung di sambut oleh pemandu wisata disana dan juga kami diatur untuk baris beramai ramai untuk di foto, tentunya fotonya dari tempat yang lebih tinggi. Setelah berfoto bersama dengan sigap pemandu wisatanya membuat permainan untuk dimainkan kami semua dan tanpa terasa kami pun semakin larut dalam permainan tersebut. Setelah semua agenda kegiatan yang dilakukan oleh pemandu telah selesai ini lah saat yang ditunggu tunggu, bebas main dan foto-foto dan tentunya boleh nyobain wahana flying fox (saya nggak nyoba sih wkwkw). Berikut gambaran suasana di Cikole.

Lagi asik foto isengnya kumat, ada orang lagi pacaran di foto :v.
"adem ya tempatnya, apalagi kalo sama kamu." <-- ini ngarang :v

Setelah main dan foto-foto kami semua disuruh kembali ke bus masing-masing karena waktu sudah semakin siang, untuk menuju ke farmhouse. Merasa bosen di bus saya mulai baca cerpen di internet tapi yang saya dapet malah mual selama perjalanan -_- untung farmhousnya udah deket. Nggak lama saya ngerasain mual akhirnya bus saya tiba juga di farmhouse, begitu sampe semua siswa langsung turun dan ngantri di tempat penukaran vocer susu Lembang dan ini gratis tis tis tisss. Untuk susunya kalo nggak salah ada 3 rasa, coklat, stroberi dan original. Berhubung saya lagi enek alias mual saya jadi ambil yang coklat aja biar nggak terlalu manis nggak terlalu anyep (nggak ada rasa). Ternyata susu dapat menetralisir mual di perut dan alhasil saya nggak mual lagi :D.

Nggak jauh beda sama di Cikole, di farmhouse ini kegiatannya ya foto-foto berkeliling ngeliat pemandangan yang belum pernah di liat :v. Di Farmhouse ada domba, ada iguana (bisa foto sama iguana), ada berbagai jenis burung dan yang paling lucu ada si imut sugar glider. Tempatnya juga bener-bener cocok buat foto-foto, mau foto selfi ataupun buat hunting foto konsep gitu bagus.

"pak tani punya kebun iiyaa iiyaa yoo"

iseng nyoba filter kamera temen.

Sekitar abis ashar kami pun segera naik ke dalam bus dan meninggalkan Farmhouse menuju tempat oleh-oleh yang tidak lain dan tidak bukan adalah Cihampelas. Tempat ini yang paling ditunggu sama siswa, entah bagi mereka yang berniat untuk beliin oleh-oleh buat keluarga atau beli baju buat dia sendiri pokoknya setelah bus nyampe di Cihampelas semuanya pada buyar mencar deh :D. Karena begitu sampe udah masuk waktu maghrib ya sekalian nyari oleh-oleh sekalian nyari musholla buat solat maghrib.

Setelah puas dengan jajanan yang udah di beli di Cihampelas saya pun naik lagi ke dalam bus dan menunggu untuk perjalanan pulang. Hari itu bener-bener melelahkan, kayanya tenaga saya bener-bener kekuras buat hari ini. Terlebih lagi begitu saya sampe di rumah itu udah tengah malem, haduhhh saya kira mah sampe jam 9an gitu tau-taunya udah jam 12 lewat langsung tidur aja dah.

Pada hari itu saya belajar bahwa sesekali kita harus berbaur dengan yang lain agar teman kita tidak hanya sekelas saja dan juga kesenangan dan kebahagiaan akan lebih terasa jika kita bersama-sama dengan teman. Sekian untuk postingan kali ini, ambil positifnya ya sob.