Assalamualaikum...

Banyak orang bilang kalo negeri kita ini punya beragam kuliner yang pastinya rasanya itu nikmat banget. Saya setuju banget dengan pendapat tersebut, karena menurut saya Indonesia nggak perlu di ragukan lagi deh kalo udah menyangkut sama yang namanya 'kuliner'. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin bahas salah satu makanan yang bagi saya baru (baru saya tau), mungkin sobat My Blog My Daily udah nggak asing lagi kalo saya menyebut nama makanannya yaitu seblak. Dengan mendengar namanya aja nggak bikin saya penasaran, yang membuat saya penasaran dan pengen coba adalah ketika saya tau bahwa bahan dasar seblak adalah kerupuk, tapi ada kuahnya, nah loh? bener bikin penasaran kan? gimana rasanya, apa enak? ya seperti itu pertanyaan yang serta-merta muncul di benak saya. Yuk kita simak tentang kuliner yang satu ini sob.


Asal-usul Seblak

Untuk asal-usulnya seblak ini sendiri saya kurang tau pasti, tapi menurut sumber yang pernah saya baca seblak ini berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil Sumpiuh yaitu Krupuk Godok yang sudah populer sejak tahun 1940-an, wahhh udah tua juga ya makanan ini.


Gimana rasanya?

Sebelum saya ngomongin soal rasa seblak ini saya ingin cerita dulu nih. Jadi pertama kali saya makan seblak itu tahun 2016 kemarin dan saat itu saya masih duduk di kelas 11 SMK. Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya penasaran akan makanan ini karena saya ngerasa lucu aja begitu tau bahwa makanan ini berbahan dasar kerupuk yang berkuah, karena selama ini saya tau kerupuk itu renyah dan emang enaknya dimakan begitu, tapi seblak ini kerupuk yang berkuah jadi yang pasti kerupuk tersebut jadi lembek dan nggak renyah lagi.

Karena penasaran saya pun mencoba sendiri seblak itu, untuk seblak biasa harganya di kisaran 8-9 ribu, isi dari seblak biasa itu:kerupuk, telur yang di orak arik, toge, makaroni, dan baso (bisa sosis tergantung keinginan). Namun, menu dari seblak nggak cuma itu kok dan isinya bisa ada ceker ayam, otak-otak dan bisa juga di gabung semuanya tapi yang pasti harganya bertambah. Oh ya jadi lupa saya, seblak pertama yang saya coba rasanya itu kurang enak karena rasa kencurnya terlalu kuat jadi saya nggak terlalu suka seblak waktu itu, beda dengan sekarang. Seiring berjalannya waktu saya melihat penjual seblak makin banyak dan makin kepingin aja saya, yaudahlah jadinya saya nyoba lagi seblak tapi saya beli di tempat yang berbeda dan rasanya enak (walau pedas), sampe sekarang saya ketagihan sama seblak nyamm :P.

Awalnya saya ragu soal makanan ini, lah iya wong kerupuk yang harusnya renyah kok di basahin. Tapi begitu tau rasanya beuhhhh enakkkk bangettt saya malah jadi suka bahkan cenderung ketagihan sob. Bagi sobat yang belum nyobaik makanan yang satu ini wahhh cepet-cepet nyobain deh kalo nggak rugi loh :D wkwkw. Intinya itu kuliner atau makanan Indonesia itu enak-enak (aduhh jadi laper) saya pamit mau beli seblak dulu :P.

Wassalamualaikum...

0 Comments